FLIGHT of IDEAS….

Imajinasi, Ilusi & Halusinasiku…

Angels and Demons The Movie – Versi film layar Lebar

Sofifi_halmahera Bonus DVD majalah PC Media edisi 6/ 2009 terdapat iklan film (Movie Trailer) Angels & Demons yang diangkat dari Novel dengan judul yang sama karangan Dan Brown, pengarang yang terkenal dengan karya The Da Vinci Code.

Angels & Demons, terjemahan Indonesia: Malaikat dan Iblis, sangat menarik dan kemudian sangat berpengaruh bagi kehidupan penulis.*halah*
Kenapa demikian?
Tidak seperti film The da Vinci Code yang mempengaruhi style rambut Genghis Khun yang dibuat mirip Robert Langdon (Tom Hank). Pengaruh Angels & Demons sebagai berikut:

1. ANTI MATERI
Garis besar novel hanyalah rebutan zat ANTI MATERI, zat yang merupakan lawan dari Materi. Efeknya bisa dimisalkan sebagai berikut; Bila setitik zat ini diteteskan di GSG FK Undip, maka semua benda, materi dan makhluk hidup yang ada seluruh Jawa Tengah bisa dipastikan hilang.

Adalah Deden, yang pertama kali yang mengenalkan istilah ini kepada penulis (Genghis Khun), beberapa tahun silam di milis angkatan 96 (persen@yahoogroups.com). Ketika Mujahidah, Bayu dan lain-lain membahas tentang proton, Elektron dan Fisika (bener ndak ya?)

Ketika novel tiba dihadapan penulis, 6 bulan yang lalu, saat itu terbersit pikiran bahwa ide Anti Materi diperoleh dari novel ini. Karena Genghis Khun berpikir bahwa apa yang menarik di hati Deden pasti juga menarik bagi Genghis Khun :)

(=> Apa yang menarik di hati Deden pasti juga menarik bagi Genghis Khun,
Tetapi apa yang menarik bagi Genghis Khun belum tentu menarik bagi Deden.
sedangkan ketika Deden mulai tertarik, pada saat itulah Genghis Khun sudah bosan. ;P )

Tetapi anehnya, pada saat konfirmasi Deden menyangkal bahwa ide Anti Materi berasal dari novel ini, novel ini sendiri pun Deden belum tahu. Tolong jelasin Den (??)

2. HASSASSIN
Tokoh pembunuh bayaran yang membuat penasaran dan tidak dijelaskan lebih lanjut perannya.

Dalam novelnya Dan Brown Menulis tentang pembunuh ini;
“…Nenek moyangnya telah membentuk pasukan kecil tetapi mematikan untuk melindungi diri mereka sendiri. Pasukan itu mulai terkenal di seluruh negeri sebagai pelindung—penghukum handal yang menjelajahi seluruh negeri untuk membunuhi setiap musuh yang mereka temukan.
Mereka terkenal tidak hanya karena pembunuhan-pembunuhan brutal yang mereka lakukan, tetapi juga karena mereka merayakan pembantaian itu dengan cara mabukmabukan. Pilihan mereka adalah minuman keras yang sangat memabukkan yang mereka sebut hashish.
Ketika nama buruk mereka mulai tersebar, kelompok pembunuh itu menjadi terkenal dengan satu sebutan saja, hassassin, yang makna harfiahnya berarti ”pengikut hassish”. Nama hassassin sendiri memiliki makna yang sama dengan kematian dalam hampir tiap bahasa di muka bumi ini. Kata itu masih digunakan hingga karang, bahkan dalam bahasa Inggris modern … namun seperti ea keahlian mereka untuk membunuh, kata itu lambat laun mengalami sedikit perubahan. Sekarang kata itu diucapkan sebagai assassin.”

Karen Armstrong menulis;
“Beberapa dari kalangan Ismaili (Syiah Ismailiyah.red) yang lebih radikal, yang merasa kecewa dengan imperium Fathimiyah yang terlihat gagal menerapkan iman yang sebenarnya dalam ummah, membangun sebuah jaringan gerilya yang dilakukan untuk menggulingkan Seljuk dan menghancurkan Sunni. Sejak 1090 M, mereka melakukan serangan dari benteng mereka di Alamut….. Para pemberontak menjadi dikenal karena musuh-musuh mereka, seperti hasyiyin (yang memberi kita [orang barat] kata assassin=pembunuhan0, karena mereka menggunakan hasyis (ganja) agar bertambah berani dalam penyerangan yang sering kali mengakibatkan kematian mereka sendiri…….”

Jelas bahwa pembunuh sewaan ini seorang muslim, tetapi anehnya sang pembunuh ini merayakan kesuksesannya dengan cara bermain pelacur. Dan sayangnya juga Dan Brown tidak menjelaskan lebih lanjut tentang hubungan antara dalang pembunuhan (Tokoh Katolik Taat) dengan Hashassin (pembunuh bayarannya)

3. AMBIGRAM
Ambigram ini (http://en.wikipedia.org/wiki/Ambigram) efeknya berpengaruh pada logo penulis sendiri :) .
Logo lama (mirip gambar burung pipit), dengan sangat terpaksa akhirnya berganti gara-gara jatuh cinta dengan ambigram. (Bandingkan logo di Http://nafanakhun.multiply.com dengan widget di Http://genghiskhun.com)

4. KENANGAN
Ini sisi paling sentimentil :)
Karena Novel ini dibaca persis dalam perjalanan ke halmahera Utara :)
Bandara Soekarno-Hatta – Dalam pesawat Boeing 737-900ER – Ternate – Halmahera Utara
=====
Hmm..kapan ya bisa nonton filmnya…?

Lebih lanjut:
1. Dan Brown, Malaikat dan Iblis
2. Karen Armstrong, Islam- Sejarah Singkat


About these ads

Mei 23, 2009 - Posted by | Resensi

1 Komentar »

  1. Seeking to replace the ole John Mc – Cain who
    ran us into this ditch a couple of years ago. Holidays are when many of the presents are purchased and shared.
    Utilize great tiongkok along with cups instead of disposable
    discs, cups, and also plastic material utensils.

    Komentar oleh Cecilia | Desember 15, 2012 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: