FLIGHT of IDEAS….

Imajinasi, Ilusi & Halusinasiku…

Pengukuran tanah dengan Sextant

Sextant-CD, sebuah alat yang hanya merupakan mainan penulis untuk latihan navigasi langit, yaitu untuk pengukuran sudut bintang-bintang di langit, ternyata bermanfaat pula untuk melakukan pengukuran tanah. Bagaimana bisa?

Alkisah, LSM MER-C memperoleh hibah sebidang tanah yang diamanahkan untuk pembangunan Rumah sakit. Tanah yang dihibahkan ini masih berbatasan langsung dengan tanah pemilik, karena tanah kepunyaan pemilik memang sangat luas. Pada saat melakukan pengukuran awal 100×40 m2, penulis berpikir tidak ada masalah yang muncul.
Tetapi minggu berikutnya ketika penulis hendak memasang tiang pancang permanen, masalah itu mulai muncul: benarkah hasil pengukuran sebelumnya benar-benar persegi panjang dan bukan belah ketupat? dan apa dasarnya seandainya dikatakan persegi panjang??
Pengukuran sebelumnya hanyalah perkiraan, yakni berdasarkan barisan pohon kelapa, padahal menurut perasaan penulis, baris tanaman ini miring, jadi semua ini berdasarkan perasaan.🙂
Pengukuran oleh ahlinya tentu saja hasilnya akurat, tetapi kapan? sedangkan semak-semak di lokasi harus segera ditebangi.

Saat itu yang ada dibenak penulis hanyalah pemakaian busur derajat🙂
Dengan cara busur ditidurkan. Pembidik berada di Tiang pertama lalu membidik Tiang kedua untuk memperkirakan sudut tegak lurusnya. Ah, tetap pasti hasilnya kurang meyakinkan. Tiba-tiba penulis teringat mainan favoritnya; Sextant-CD*.

Untuk mengukur sudut bintang, alat ini diposisikan vertikal. Bidikan diarahkan ke horizon/ bidang datar.
sedangkan untuk pengukuran tanah, alat diposisikan horizontal. Pembidik berada di salah satu tiang dan bidikan di arahkan ke tiang lainnya. Dengan skala distel di nilai 90 derajat, maka posisi tiang berikutnya akan diketahui.
Skemanya sebagai berikut:

Genghis Khun
* Cara membuat alat ini bisa di baca di modul Astronavigasi (navigasi Langit) di halaman download blog ini.

September 16, 2008 - Posted by | Astronavigasi, Opini, Petualangan, Sains | , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: