FLIGHT of IDEAS….

Imajinasi, Ilusi & Halusinasiku…

DATA KONJUNGSI BULAN BARU RAMADHAN 1430H

Musholla Cinere mall Jkt Berikut data Konjungsi Bulan Baru (New Moon) untuk bulan Ramadhan 1430 H, dari berbagai sumber ternyata ada beberapa perbedaan:

NASA:
Aug 20 10:01 GMT

Program accurate Times
20/08/2009 10: 02 GMT

Program Navigator Light:
08/20/2009 11:36:30 GMT

Program starry Night:
20 Aug 2009 12:47:29 GMT

Program Stellarium:
20 Aug 2009 12:51:20 GMT

Data konjungsi dari NASA dan Program Accurate Times, bertepatan dengan Sunset di daerah pantai barat sulawesi dan Gorontalo, artinya sebelah barat daerah tersebut (yaitu Jawa, Kalimantan dan Sumatra) belum sunset, karena sunset dimulai dari daerah timur lebih dulu.
Artinya, bagi penganut kriteria Wujudul Hilal, maka daerah Jawa, Kalimantan dan sumatera “Hilal itu sudah wujud” dan mereka bisa mulai puasa besoknya (Jum’at, 21 agustus). sedangkan daerah Indonesia sebelah timur Sulawesi, yaitu Maluku dan Papua, belum bisa memulai awal puasa.

Kriteria Wujudul Hilal berbunyi;
“Jika setelah terjadi ijtimak, bulan terbenam setelah terbenamnya matahari maka malam itu ditetapkan sebagai awal bulan Hijriyah tanpa melihat berapapun sudut ketinggian bulan saat matahari terbenam.

Data lainnya, semua konjungsi terjadi sesudah sunset di seluruh wilayah Indonesia. Awal puasa Insya Allah lusa, yaitu sabtu, 22 agustus 2009.
Demikian perbedaan pendapat di kalangan penganut hisab murni dalam menghadapi data yang juga berbeda.
Sedangkan bagi penganut Ru’yatul Hilal, juga berdasarkan kriteria Danjon (Danjon Limit), kecil kemungkinan hilal bisa di ru’yat.

Akhirnya, Mari kita berdoa saja semoga sebelum tanggal 20 agustus tidak ada klaim telah melihat Hilal. sebab bisa memunculkan istilah baru dan merusak tatanan; Hilal Qobla Ijtima’ (Hilal sebelum konjungsi)🙂

Ada koreksi silahkan..

Rujukan
1. http://eclipse.gsfc.nasa.gov
2. Program Accurate Times, http://www.jas.org.jo/accut.html
3. program Starry Night, http://www.starrynight.com
4. Program Stellarium, http://www.stellarium.com
5. Program Navigator Light, http://www.tecepe.com.br/nav
6. http://mmc-jogja.20m.com/rukyatulhilal


Agustus 14, 2009 - Posted by | Agama

1 Komentar »

  1. Artikel saudara mungkin sangat logis sekali tentang penentuan awal 1 ramadhan 1430 H, bahkan dengan menampilkan beberapa program. Hanya saja kita di Indonesia dan beberapa elemen masyarakat kita masih berbasis pesantren -baik salaf maupun modern- mungkin saya hanya sedikit “urun” saran. Tolong juga tampilkan perhitungan berdasarkan beberapa kitab maupun buku yang membahas astronomi. jadi, semua elemen masyarakat kita juga ikut “merasakan” ilmu saudara tidak hanya orang yang mengetahui program komputer saja tapi orang yang awam sekalipun akan menjadi faham. Karena kontroversial yang memanas akibat perbedaan awal puasa maupun lebaran disebabkan oleh ketidaktahuan dan ketidakpedulian terhadap hasil pemikiran orang lain dan mungkin hal tersebut bisa diminimalisir dengan memberikan pengetahun yang cukup tentang astronomi sehingga perbedaan pendapat menjadi rahmat. Terima kasih.

    =================================================
    Genghis Khun:
    Terima kasih atas komentar dan sarannya.
    Beberapa program Komputer tersebut di atas adalah virtualisasi langit, dimana kita seolah-olah melihat langsung langit beserta isinya.
    Kita juga bisa set waktu dan tempat pengamatan.
    Di situ kita bisa melihat bahwa sesudah terjadi konjungsi belum tentu hilal sudah muncul pada saat senja. Ini menjadi sumber perbedaan antara penganut hisab dan rukyat.
    Singkatnya, program tersebut membantu mempelajari falak tanpa perhitungan yang rumit.

    Komentar oleh sugeng | Agustus 19, 2009 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: