FLIGHT of IDEAS….

Imajinasi, Ilusi & Halusinasiku…

Tidur di Emperan Stasiun Jombang

St_Gajayana_Malang2009 Ini adalah bagian ke-dua dari tiga tulisan. Bagian pertama sengaja belum diterbitkan. Sedangkan bagian ke-tiga adalah tulisan yang berjudul:

Pernikahan Pak Thohar

Malang, 7 Maret 2009

Pukul 20.00 Wib kami (Genghis Khun beserta rombongan) tiba di terminal Landungsari Malang. Terminal Landungsari, adalah terminal yang melayani angkutan ke luar kota Malang ke arah barat laut; yaitu Batu, Pujon, Ngantang, Kediri dan Jombang.

Perlu diketahui, di Malang terdapat beberapa terminal. Nama-nama angkutan dalam kota Malang merujuk pada arah terminal yang dituju, misalnya
LDG, artinya trayek Landungsari (L) – Gadang (G) melalui Dinoyo (D)
ABG, Arjosari (A) – Gadang (G), melalui Blimbing (B)

Ada tiga terminal besar yang melayani angkutan ke luar kota, yaitu:
1. Arjosari, melayani arah utara dan timur: Surabaya, Jember dll
2. Gadang, melayani arah selatan dan tenggara: Kepanjen, Blitar dll.
3. Landungsari, seperti tersebut di atas.

Saat itu kami sengaja naik Taksi, bukan naik mikrolet, demi mengejar waktu. Karena konon, bus yang ke arah Jombang sudah habis di atas jam 20.00 WIB. Sebagai informasi juga, saat ini di Malang sudah ada Taksi🙂

Dan ternyata benar, Bus Malang-Jombang sudah tidak ada ketika kami tiba. Hanya tersisa 1 bus Malang-Kediri, betapa lunglainya Genghis Khun. Ada satu kemungkinan bus itu sudah berangkat sebelum jam 20.00; karena penumpangnya sudah penuh berdesakan. Bukankah hari senin, 8 Maret adalah hari libur?

Setelah berdiskusi sejenak, kami memutuskan mencarter Taksi hingga ke Jombang ! Maka demikianlah, setelah disepakati harga carter (bukan argo), maka meluncurlah Taksi ke arah Jombang.

Perjalanan Malang-Jombang sebenarnya sangat elok, namun sayang tidak bisa kami nikmati karena malam hari. Pemandangan kota Batu yang terlihat dari atas (Payung 1 dan 2) terlihat kerlap-kerlip lampu saja. Ah.. Genghis Khun berdoa semoga suatu ketika akan kembali mengunjungi kembali daerah ini (beserta rombongnya tentunya).

Jombang, hampir pukul 22.00 WIB

Kami tiba di Stasiun Jombang hampir pukul 22.00 WIB, bukan untuk naik Kereta Api kembali ke Jakarta, namun untuk menunggu Bus yang ke arah Yogyakarta. Lho, kenapa tidak di terminal Jombang saja?

Jombang adalah kota strategis yang dilewati oleh hampir semua jalur bus 24 jam dari Surabaya; Surabaya-Yogya, Surabaya-Trenggalek, Surabaya-Semarang (via Solo). Namun pada malam hari mereka jarang mau mampir masuk ke Terminal. Oleh karena itu Genghis Khun biasanya menunggu bus tersebut didepan stasiun yang pasti akan dilewati oleh mereka. Sedangkan Stasiun sendiri, sudah tutup dan tidak ada aktivitas. Yang tersisa hanyalah para abang Becak yang nongkrong di pinggir jalan.

Abang becak inilah yang juga dengan sukarela ikut melambaikan tangan bila ada bus Sby-Yogya lewat, namun sayang hingga jam 00.00 kami belum mendapatkan bus, karena semua bus penuh sesak oleh pemudik yang memanfaatkan libur dua hari (Hari Maulud Nabi). Segera terbayang betapa kecewanya sang protokoler (=> Genghis Khun) bila susunan acara ada yang gagal! Target malam itu adalah; Kami harus naik bus dan mencapai Yogyakarta pada besok pagi hari !

Anggota rombongan tercinta (ehm..🙂 ), menghibur dengan mengatakan; tidak perlu memaksakan kehendak, yang penting kita sudah berusaha. Malam ini kemungkinan Bus penuh semua. Sebaiknya kita mencari penginapan saja untuk menunggu jadwal KA ke jakarta pukul 15.00 WIB esoknya.

Hmm…Selamat datang di dunia Genghis Khun.. jawaban yang terlintas di benak.
“Kalian istirahat saja di emperan stasiun..” ujar Genghis Khun sambil membawa perbekalan masuk area stasiun. Menghamparkan koran untuk merebahkan badan.

Tak berapa lama merebahkan diri, rombongan pun terlelap. Terasa mengharukan..
Betapa hari-hari yang melelahkan.. Keliling Jawa ini pasti akan jadi suatu kenangan abadi..Insya Allah.
Pare, Blitar, Blitar Selatan, Malang, Jombang…

Genghis Khun yang bertahan menunggu bus di pinggir jalan pun akhirnya mulai disergap kantuk. Menghamparkan koran lalu ikut terlelap..


Gigitan nyamuk yang sangat tajam membangunkan Genghis Khun dengan kaget. Waktu menunjukkan pukul 02.00 WIB dini hari. Rombongan masih tertidur pulas. Ah..semoga jam segini bus mulai sepi, sambil beranjak ke pinggir jalan.

Tak berapa lama, sebuah bus melaju kencang mulai terlihat. Genghis Khun melambaikan tangan;
“Yogya..Yogya..!!”
Bus mengerem dengan tiba-tiba, kernetnya berteriak;
“Ayo..cepat–cepat !!”
” Tiga penumpang..tiga penumpang..!! ada tempat duduk kosong nggak??!!” Genghis Khun berteriak sambil mengacungkan tiga jari.
“Kosong banyak! mana yang lain??”

“Tunggu..tunggu..!!”
Genghis Khun bergegas memanggil rombongan yang ternyata sudah bangun karena mendengar keributan..

Kernet ikut turun untuk membantu mengangkat perbekalan. Tiba di atas bus kami segera mendapatkan banyak tempat duduk luang. Bus pun berjalan lagi.

Alhamdulillah, kami semua bernafas lega setelah berhasil mendapatkan Bus, diperkirakan kami akan sampai ke Yogya jam 06.00 pagi, untuk kemudian meluncur ke Wates, ke pernikahan pak Thohar, yang merupakan salah satu agenda Keliling Jatim.

Tdak ada yang bisa diabadikan malam itu kecuali karcis bus yang masih kami simpan.
Karcis_Jbg_Yogya_7maret2009


September 14, 2009 - Posted by | Petualangan

3 Komentar »

  1. halo tanya berapa tarif taksi malang jombang:

    Komentar oleh Pras covic | Maret 23, 2014 | Balas

    • Genghis Khun:
      Salam kenal pak Pras…
      Saat itu kalau nggak salah 250rb

      Komentar oleh Genghis Khun | Maret 23, 2014 | Balas

      • salam kenal juga trims infonya, kira 2 tempat taksi yg deket dengan terminal landungsari ato jatim park dmn ya

        Komentar oleh Prasatriono Ahmada | Maret 23, 2014


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: