FLIGHT of IDEAS….

Imajinasi, Ilusi & Halusinasiku…

Telaah Kritis Atas Air Alkaline (Kangen Water)

air-alkali--air-kangen--kangen-waterKutipan promosi suatu produk:

“Kangen Water yang kaya akan antioksidan bermanfaat untuk menghidrasi kulit Anda untuk mencegah penuaan dini. Ion-ion hidroksil hadir dalam air alkali menetralkan radikal bebas / toksin dalam tubuh kita, sehingga mencegah penyakit dan menyeimbangkan pH tubuh Anda. Ini memasok sejumlah besar oksigen untuk tubuh Anda, sehingga organ-organ dan otot akan berfungsi dengan baik. Anda akan merasa jauh lebih segar dan energik sepanjang waktu, setelah Anda mulai mengkonsumsi Kangen Water.”

Disuatu daerah antara Kediri- Jombang Jawa Timur, Ada pencantuman “alkaline powered” pada label sebuah produk air minum kemasan.

Sayangnya data mengenai air alkaline/ air kangen di Depkes, WHO, CDC maupun Wikipedia sangat minim. Ini tentu saja sangat aneh.
Maka mari kita kumpulkan data-data yang sedang berserakan, baik pro-maupun kontra, untuk diikat menjadi satu di artikel ini🙂 …



http://www.exitjunction.com/script/script.jsp?val=658

http://www.ppcindo.com/show.js

http://pagead2.googlesyndication.com/pagead/show_ads.js

Definisi dan Batasan Istilah
Di wikipedia disebut sebagai Ionized Water.
Ionized Water, Air ionizer atau air alkali mengacu pada makna yang sama.
Air Ionisasi terjadi karena proses Electrolysis, yaitu pemisahan molekul air menjadi oxygen (O2) dan gas hydrogen (H2) melalui reaksi listrik. Air ini banyak digunakan dalam industri makanan untuk membersihkan produk makanan.
Kangen® water atau Air Kangen® merupakan merk dagang milik Enagic dari Air ionizer/ air alkali tersebut.
Karena terionisasi maka pasti mengandung Kalsium (Ca), Sodium (Na), Potasium/ kalium (K) dan magnesium (Mg) agar bersifat Basa.

Sedangkan istilah Purified water atau de-ionized water berbeda dengan ionized water.
Purified water adalah air yang disaring dan diproses agar bisa dikonsumsi. contoh purified water adalah air suling. Air ini bebas mineral.

Latar Belakang
Hiromi Shinya (dokter bedah umum kelahiran Jepang, pelopor teknik colonoscopic modern, penulis buku The Miracle of Enzyme: Self Healing Program) mengklaim beberapa manfaat kesehatan dari suplemen enzim dan air alkali. Namun, di Wikipedia dituliskan tambahan sbb:

…beberapa klaim dalam iklan komersial telah dikritik sebagai menipu.

Hiromi Shinya mengklaim bahwa air Kangen® memiliki tingkat kekambuhan kanker 0%, (Shinya, The Enzyme Factor, hal. 7) tanpa data klinis atau pembuktian independen.

Beberapa Literatur seperti “The True Power of Water” (karya Dr. Masaru Emoto dari Universitas Yokohama, Jepang) mengistilahkan sebagai “Miracle Water” atau “Healing Water” (Air yang membantu penyembuhan).

Pentolan band Aerosmith, Steven Tyler juga memakai produk ini. (Secara saya sangat menyukai karakter vokal orang ini hiks…jadi inget lagu Sweet Emotion)

Rekan sejawat, keluarga dekat dan saya sendiri mulai aktif mengonsumsi Kangen Water minggu-minggu terakhir ini.

Sejujurnya, ada kecurigaan pribadi terhadap produk ini yaitu:
– Alat dan harga air yang mahal; alatnya konon 49 juta. air segalon ‘hanya’ Rp. 75rb.
– Label yang tidak jelas: tidak ada Ijin POM, alamat perusahaan tidak jelas, komposisi tidak jelas.
– Pencantuman kalimat “Hanya Untuk Kalangan Sendiri” makin mencurigakan. Trik seperti ini bisa sebagai modus untuk berkilah/ lepas tangan.

Berikut ini Informasi mengenai Kangen Water dari para Agen kemudian pembahasannya:

Kata Kangen atau pengucapan dalam bahasa Jepang-nya adalah “Khanggeng” yang artinya kembali ke awal (back to origin).

Kangen Water adalah air alkaline dan asam terionisasi melalui proses elektrolisis.
Kangen Water yang kaya akan antioksidan bermanfaat untuk menghidrasi kulit Anda untuk mencegah penuaan dini. Ion-ion hidroksil hadir dalam air alkali menetralkan radikal bebas / toksin dalam tubuh kita, sehingga mencegah penyakit dan menyeimbangkan pH tubuh Anda. Ini memasok sejumlah besar oksigen untuk tubuh Anda, sehingga organ-organ dan otot akan berfungsi dengan baik. Anda akan merasa jauh lebih segar dan energik sepanjang waktu, setelah Anda mulai mengkonsumsi Kangen Water.

Kangen Water sudah digunakan di Jepang sejak 30 Tahun yang lalu dan lebih dari 6500 dokter di Jepang telah memeriksa Kangen Water serta diaplikasikan di rumah sakit di Jepang untuk pasien – pasien yang memiliki penyakit degeneratif dan sebagai Metode Pencegahan untuk penyakit – penyakit orang dewasa (penyakit yang disebabkan gaya hidup).

Pembahasan
Pembahasan di bagi menjadi 3 problem:
1. Kebenaran Klaim
2. Beda Air dari Sumber Langsung dan Kemasan
3. Waspada Air Zamzam Palsu, Air Alkali Palsu dan Air Kangen Palsu

PROBLEM 1: KEBENARAN KLAIM
Ionized water menurut Wikipedia:

Tidak ada bukti empiris untuk mendukung klaim yang dibuat oleh produsen air minum terionisasi akan memiliki efek yang nyata pada tubuh, karena Minum air terionisasi tidak akan bisa merubah pH tubuh karena tubuh mempunyai aktifitas keseimbangan asam basa sendiri (homeostasis).

Depkes, WHO, CDC tak satupun menyebutkan adanya air alkali untuk dikonsumsi. Silahkan meluncur ke www.who.int/water_sanitation_health

Beberapa manfaat yang diklaim dari meminum Air Kangen:

1. Menyeimbangkan pH Alami Tubuh. Kangen Water dapat membantu meningkatkan pH alami tubuh menjadi basa/alkaline. Tubuh yang alkaline adalah tubuh yang sehat.

2. Detoksifikasi dan Pembersihan. Ketika tubuh mengalami penumpukan asam/acid, tubuh memerlukan mekanisme detoksifikasi dan pembersihan berkala. Jika tubuh dapat membuang kelebihan acid dan limbah metabolisme secara berkala, maka tidak akan terjadi penumpukan limbah penyebab penyakit. Mengkonsumsi Kangen Water setiap hari dapat membantu membersihkan limbah tubuh dan detoksifikasi secara alami dari dalam tubuh.

Tubuh kita sebetulnya secara alami bersifat alkali, tetapi seiring dengan berkembangnya usia, tubuh mulai bersifat asam (acidic). Seharusnya asam hanya ada di lambung untuk membantu proses pencernaan dan bukan di bagian tubuh yang lain. Sifat asam dalam tubuh menyebabkan banyak penyakit seperti kanker, serangan jantung, ketidakseimbangan hormon, diabetes, kolesterol tinggi, masalah prostat, stroke, kekebalan tubuh menurun dan penuaan dini. Sifat asam ini sama dengan menyimpan “racun” di dalam tubuh dan hanya bisa “dibersihkan” dengan air Alkali.”

Apa benar klaim ini?.

Pembahasan
Dalam tubuh, secara alami/ otomatis ada pengaturan keseimbangan Asam basa yang dinamakan Homeostasis.

pH darah manusia 7,35 s/d 7,45 sejak lahir hingga tua.
pH mulut dan kerongkongan 6.8
pH lambung 1-3.
pH usus halus 8.5
pH usus 5.6 – 6.9

Jadi semua makanan/ minuman, baik asam maupun basa, di dalam mulut akan bercampur dengan asam dalam air liur. Ketika makanan/ minuman tersebut ditelan akan segera menyatu dengan Asam Lambung yang sangat asam.

Dari sini kita bisa mengambil kesimpulan sementara bahwa air alkali akan bermanfaat pada pasien dengan penyakit Mag, Radang Lambung (gastritis) atau tukak lambung (gastric ulcer). Karena seperti halnya obat Antasida, Ranitidin atau Omeprazole, air alkali membantu mengurangi tingkat keasaman lambung yang sangat parah. Asam dinetralisir dengan Basa.

Lalu dengan cara apa tubuh kita menetralisir kelebihan asam?
Dengan cara menghembuskan CO2. Bila tubuh tidak mampu lagi, harus diberikan terapi Natrium Bicarbonat. (bukan dengan minum air alkali)
Untuk mengetahui adanya kelebihan asam/ basa dalam tubuh dapat dilakukan dengan cara pemeriksaan Analisa Gas Darah (AGD)

Jadi bisa disimpulkan; pemberian makanan/minuman basa (alkali) hanya berguna untuk menetralisir kelebihan Asam lambung.

Klaim selanjutnya:

3. Antioksidan: Menetralkan Radikal Bebas. Kangen Water memiliki ORP (Oxidation Potencial Reduction) yang negatif, artinya memiliki kekuatan antioksidan. Jika dikonsumsi harian, extra electron dalam Kangen Water dapat menetralisir radikal bebas dalam tubuh.

Pembahasan
Potensial reduksi oksidasi (ORP) digunakan untuk menguji kualitas air dalam hal potensi desinfeksi, bukan kekuatan antioksidan.
Ini selaras dengan definisi air alkali (di atas) yang menyebutkan: “Air ini banyak digunakan dalam industri makanan untuk membersihkan produk makanan.”

Klaim selanjutnya:

4. Micro Clustering. Study awal tentang air alkali menunjukkan bukti sebuah fenomena baru yang dinamakan “Micro Clustered”, yang mendefinisikan pengecualian pada molekul kecil yang “terstruktur” khusus pada air alkali. Banyak manfaat ditemukan dari hasil penelitian tentang fenomena ini. Fungsi utama Micro Clustered adalah untuk menghidrasi secara lebih baik. Kangen Water memiliki molekul yang kecil dengan ukuran 3-5 molekul. Air biasa memiliki ukuran 16-20 molekul. Dengan Micro Clustered, Kangen Water dapat diserap tubuh lebih optimal dan secara dalam menghidrasi sampai ke sel-sel tubuh.

Pembahasan
Microcluster merupakan suatu bentuk baru silica-koloid yang ditemukan oleh Patrick Flanagan pada tahun 1982 dalam kandungan air glasial yang biasa diminum oleh suku Hunza di Pakistan utara. Penemuan ini lantas dipatenkan dalam produk dengan nama dagang air minum Crystal Energy® dan Flanagan Microclusters® Patrick Flanagan, seorang penemu kelahiran US, tidak berhubungan sama sekali dengan Kangen Water.
Di masa mendatang mungkin akan ada tuntutan hukum terhadap Kangen Water atas penggunaan istilah Microcluster.

Istilah yang tepat untuk “molekul yang kecil dengan ukuran 3-5 molekul” adalah micromolecule.

REVERSE AGING HANDBOOK
SANG WHANG, seorang electrical engineer, scientist and inventor, di bukunya “REVERSE AGING HANDBOOK” menyebutkan:

– Medical science has discovered that as we age, we lose bicarbonate (HCO3-) in our blood, and bicarbonate keeps the blood alkaline. Please refer to Dr. Lynda Frassetto’s graph2 below.

Lynda Frassetto

Lynda Frassetto

Di Grafik terlihat bahwa ketika manusia mencapai usia 45 tahun, kadar HCO3 plasma darah menglami penurunan dari 24 hingga 20 mEq/L.

Bicarbonate ini bersifat basa dan berguna untuk menyeimbangkan keasaman darah agar tetap tercapai pH normal (7,365).

Bila bicarbonat berkurang maka tubuh akan kesulitan untuk menetralisir racun-racun yang mengendap dalam tubuh yang asam. (hal 5-6)

Pertanyaan sederhana kita; berapakah kadar HCO3 normal?
Apakah data penurunan tersebut memerlukan tindakan pencegahan?
Ternyata TIDAK.
Kadar Normal bicarbonat (arteri) antara 22 – 26 mEq/L !
Artinya sampai usia 80 tahun kadar bicarbonat masih dalam batas Normal, dan Insya Allah pH tetap Normal. Tidak perlu asupan apapun.

Ini mirip dengan kondisi tekanan darah yang cenderung naik sesuai bertambahnya usia.
Pada masa anak-anak, tekanan darah sekitar 80/50 mmHg.
Saat Dewasa bisa mencapai 130/80 lantas apakah memerlukan terapi obat antihipertensi? TIDAK bila masih dalam batas normal.

===

Halaman berikutnya berusaha mengarahkan bahwa tubuh memerlukan asupan bicarbonat. Mohon berhati-hati dalam membacanya, harap membandingkan dengan sumber dari Wikipedia atau informasi kredibel misalnya dari CDC dll.

Menjelang akhir pembahasan, artikel tersebut memang menjual produk bicarbonat dalam bentuk air dan Tablet.

Sebenarnya adanya beberapa keanehan di artikel tersebut yaitu:
1. Tidak menyebutkan nilai normal bicarbonat plasma. Ini bisa dipahami karena kita tahu bahwa walaupun terjadi penurunan bicarbonat tetapi ternyata masih dalam batas normal sepanjang usia hidup (80-100 tahun).
2. Tidak menyebutkan dosis asupan bicarbonat yang dianjurkan, Kontra Indikasi, efek samping dan bila terjadi keracunan/ kelebihan dosis.

Silahkan dipelajari mengenai:
Gastric_acid
Bicarbonate
Standard_bicarbonate_concentration#Diagnostics
Blood_value

Di Rumah Sakit, ketika kondisi tubuh mengalami asidosis, pemberian tablet BicNat (Natrium Bicarbonat) dilakukan dengan ketat disertai pengecekan bicarbonat plasma secara rutin hingga mencapai kadar normal.

Mengacu pada artikel seharusnya disebutkan bahwa;
“di bawah usia 45 tahun dilarang mengonsumsi bicarbonat karena homeostasisnya masih terjaga.”
Menarik pula untuk dilakukan penelitian pada anak-anak yang telah rutin mengonsumsi produk ini; Apakah pH plasmanya lebih tinggi dan mengalami alkalosis?

Kondisi alkalosis maupun asidosis sama-sama memerlukan penanganan serius.

EFEK SAMPING MINUM AIR ALKALI ATAU MAKANAN BASA
Apa efek samping yang bisa terjadi bila minum air alkali berlebihan?
Apa yang akan terjadi pada lambung normal diberi paparan basa terus menerus??

Jawab:
Bayangkan lambung normal bila diberikan obat mag terus menerus; Antasida, Ranitidin, Omeprazole dll
Tentu saja efek samping yang akan bekerja, beberapa mineral dalam air alkali bisa mulai menumpuk di dalam tubuh dan malah membahayakan kesehatan.

Air Alkali mengandung Calsium (Ca), Sodium (Na), Potasium/ kalium (K) dan magnesium (Mg).
Penyakit yang akan terjadi bila terjadi penumpukan bahan-bahan ini:

– Kelebihan Kalsium: Batu ginjal, Gangguan psikis
– kelebihan Sodium : lesu, lemah, mudah tersinggung, rangsangan neuromuskular, dan edema. Bila parah bisa terjadi kejang dan koma.
– Kelebihan Potasium/ kalium: malaise, jantung berdebar dan kelemahan otot
– Kelebihan Magnesium: lemah, mual dan muntah, Gangguan napas/ depresi napas, Hipotensi, Hipokalsemia, Aritmia dan Asistol.

Perhatikan data ini:

Acid HOCl (selalu hadir bahkan dalam larutan alkali hypochorite) sekarang dikenal untuk memicu sejumlah proses seluler yang terhubung dengan kanker, baik melalui induksi mutasi pada urutan DNA, atau dengan membuat perubahan epigenetik untuk basa DNA tertentu.
Hal ini diketahui, misalnya bahwa HOCl mengarah pada pembentukan 5-chlorocytosine, yang diyakini untuk menekan beberapa gen yang biasanya bertindak untuk menghambat proliferasi sel dan pertumbuhan tumor. (C & EN, 2011/03/14, hal 40)

Hal ini tentunya bukan untuk mengatakan bahwa “air terionisasi menyebabkan kanker”, tapi merupakan bukti yang berbeda dengan klaim, bahwa produk ini “mencegah kanker.”

Juga data ini:

“Empat studi di Jepang menunjukkan bahwa air alkali menyebabkan perubahan patologis pada otot sel jantung dan meningkatkan risiko serangan jantung pada hewan laboratorium.

Sel-sel normal mati dalam kondisi yang sangat basa. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Biological Chemistry menemukan bahwa alkalosis (peningkatan pH seluler) menyebabkan kematian sel sebagai hasil dari mengubah fungsi mitokondria. Hasil ini menimbulkan keraguan serius tentang keamanan air alkali.

Informasi ini tentu masih membutuhkan penyelidikan lebih lanjut.

Btw, sering dikatakan bahwa ketika pertama kali minum air alkali, akan muncul gejala-gejala yang diistilahkan sebagai “detoksifikasi“. Apa benar?
Saya malah khawatir tubuh sedang terjangkiti penyakit yang belum terdeteksi😦

PROBLEM 2: BEDA AIR DARI SUMBER LANGSUNG DAN KEMASAN
Air Zamzam dalam Kemasan
Air zamzam adalah air alkali yang memiliki pH 7.9–8.0
Tinggi kalsium, magnesium, natrium, kalium dan fluorida selain mineral lainnya dan garam sebagai berikut:

Pada bulan Mei 2011, BBC London menyebutkan adanya air zamzam kemasan di pasaran mengandung nitrat tinggi, bakteri berbahaya, dan arsen tiga kali melebihi batas legal di Inggris.

Perlu diketahui, zat Arsenik adalah karsinogen, artinya bila teratur minum air zamzam kemasan dalam jumlah besar dapat berisiko terkena kanker.

Walaupun informasi ini disangkal namun permintaan air zamzam untuk komersial akhirnya dilarang oleh pemerintah Saudi.

Sedangkan pengujian air zamzam secara langsung dari sumur, kadar arsenik masih lebih rendah daripada jumlah maksimum yang diizinkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia.

=

Air zamzam berada di Mekkah, sedangkan Nabi Muhammad SAW bermukim di Madinah
Dalam Sirah Nabawiyah (Sejarah Nabi Muhammad SAW), tidak pernah ada cerita mengenai rombongan Nabi, Anshar atau Muhajirin yang rutin mengambil air zamzam untuk dibawa ke Madinah.

Nabi pun memutuskan tetap bermukim di Madinah setelah penaklukan kota Mekkah.

Air Alkali dalam Kemasan
Website Enagic, sebagai merk dagang untuk MESIN yang memproduksi Air kangen menekankan bahwa;
– Air keran makin banyak polutan, sehingga makin kurang layak dipakai.
– Air kemasan, belum tentu lebih sehat daripada air keran dan mengeluarkan biaya lebih banyak lagi!

Sebuah studi selama empat tahun oleh Natural Resources Defense Council menunjukkan bahwa 1/3 dari botol air yang diuji ternyata mengandung kadar kontaminan melebihi batas yang diijinkan.
Botol air juga dapat menjadi sedikit asam, yang dapat mempengaruhi keseimbangan pH tubuh Anda. Akhirnya, dampak lingkungan yang disebabkan oleh produksi dan pembuangan botol plastik berbahaya bagi ekosistem kita.

(http://www.enagic.com/watertheory.php)

Dua jenis air Kangen yang diminum harus dalam kondisi segar, atau tidak lebih dari 4-5 hari bila disimpan di kulkas.
Untuk air Kangen lain, Air asam, Air Asam Kuat dll, direkomendasikan dipakai kurang dari dua minggu.

(http://www.enagic.com/faq.php)

Akan timbul pertanyaan, Bagaimana dengan kadar arsenik air zamzam yang lolos dan dijual bebas di Indonesia?
Bagaimana pula dengan kadar arsenik Kangen water yang dijual bebas dalam galon dengan label “Untuk kalangan Sendiri” tanpa label kadaluarsa?

PROBLEM 3: WASPADA AIR ZAMZAM PALSU, AIR ALKALI PALSU dan AIR KANGEN PALSU
Di halaman pembuka website Enagic menginformasikan adanya kasus pemalsuan MESIN Enagic produksi Korea and Taiwan.
MESIN Enagic asli di produksi di Jepang.

Adanya pemalsuan MESIN, tak menutup kemungkinan pemalsuan Air Zamzam (sudah ada), air Kangen atau air alkali lainnya.

Anda tidak percaya bahwa air zamzam dipalsu? silahkan lihat di sini

KESIMPULAN
1. Hati-hati dengan informasi menyesatkan bahwa “Tubuh kita sebetulnya secara alami bersifat alkali, tetapi seiring dengan berkembangnya usia, tubuh mulai bersifat asam”.

Informasi yang benar sbb:
“Kemampuan homeostasis bisa berkurang sesuai makin menurunnya usia tetapi masih dalam batas Normal”

Sejak lahir tubuh mempunyai aktifitas keseimbangan asam basa sendiri (homeostasis) dan pH tubuh tidak bisa diubah-ubah hanya dengan minum air terionisasi.

3. Bila suatu saat tubuh jatuh ke dalam kondisi asidosis, tubuh akan melakukan kompensasi dengan cara menghembuskan CO2. Bila gagal harus diberi tambahan terapi Natrium Bicarbonat (BicNat). Bukan dengan cara pemberian makanan dan minuman alkali.

4. Konsumsi Air alkali tidak mempengaruhi homeostasis.

5. Microcluster merupakan merk dagang milik Patrick Flanagan sejak tahun 1982 dan tidak berhubungan sama sekali dengan Kangen Water.

SARAN BAGI PELAKU USAHA AIR KANGEN dan KONSUMEN
1. Berikan Informasi yang benar kepada konsumen
2. Gunakan MESIN Asli dan siap mengucur di tempat penjualan.
3. Galon/ wadah Air Kangen yang akan diminum harus diberikan label;
“Minum hari itu atau 4-5 hari bila disimpan di Kulkas.”

Update Agustus 2015
TESTIMONI dan INFORMASI TAMBAHAN
Testimoni tidak bisa kita jadikan rujukan. Hanya untuk memperkaya wawasan.
Dirangkum dari komentator blog ini, blog WordPress dan sumber lain:

“(Minum Kangen Water) kolesterol saya turun, tetangga saya diabetnya yang menahun sembuh, migren istri saya hilang entah ke mana, istri tetangga yang kalau haid sakit ga kepalang jadi normal2 saja… bahkan sakit ginjal teman saya sembuh…”

“Mesin air alkali terkenal yang mendapat sertifikasi dunia ( tanpa metode MLM) harganya berkisar 10 – 25 juta.
Sedangkan mesin kangen water konon harganya 50 jutaan, harga mesin sebenarnya adalah dalam kisaran tersebut (10-25 juta) namun karena MLM maka harga mesin membengkak menjadi 50 jutaan.
Saya pernah diterangkan oleh agen kangen water bahwa setiap orang yang membeli mesin dari kita mendapat sekian persen dari harga mesin dan atasan level kita juga mendapat sekian persennya, ..”

“Air KanGen itu air “Alkalized ” dan bukan ” Alkaline “.
Alkaline brti pasti menggunakan bahan kimia didalamnya.
Alkalized itu menggunakan proses elektrolisis. Dimana air disetrum dengan listrik dan tanpa kimia sama sekali.
Filter mesin pun termasuk High Grade dimana berukuran 0,3 mikron dmana bakteri tdk bsa masuk.
Selain itu juga sudah ada anti bakteri didalamnya. Sehingga aman di konsumsi.

Sejak ada kantor resmi di indonesia tahun lalu di The Plaza, Plaza Indonesia. Mesin bsa dibeli dengan harga yg lebih murah…

..(ada) mesin2 tiruan nya. Dmana plat Nya bukan titanium tetapi platinum
…Enagic tidak pernah menjual air. Makanya .. tidak boleh menjual air sembarangan apalagi sampai di stok.
.harus dihabiskan jangan lebih dei 3 hari krna itu tidak akan maksimal”

“Pendistribusian (air galon) itu selalu terkena sinar matahari langsung. Sudah dipastikan racun BPA galon akan keluar. Dan akan menkontaminasi air yg ada.
…proses pembersihan galon menggunakan sner berputar.
..bergesekan antar sner dengan permukaan galon dapat mengakibatkan lapisan terkelupas dsn tercampur dengan air.
Galon tidak mungkin disterilkan. Krna kalo terkena panas yah tacun BPA nya keluar.

– “Kangen water berasa pahit itu berasal drt bahan baku air pentagonal atw air RO, ada yg mencret2 itu krn bahan baku air PAM bukan salah mesin kangen waternya tp yg salah produsennya yg tllu komersil melakukan penjualan yg mahal tp mlh merugikan konsumen.”

“bnyk jg produsen tertentu yg ngawur dg menggunakan bahan baku”

– “antioksidan dalam zam-zam akan sedikit sekali tersisa, setelah kurang lebih 3 minggu diambil dari sumbernya. Jadi sangat disarankan, kalau minum zam-zam, di negara asalnya.
Kalau kangen water, direkomendasikan maksimal 2 minggu setelah keluar dr alatnya, jangan dikonsumsi lagi.”

“Kemasan air ini tdk tercantum kandungannya dan izin BPOM”

“Minuman alkali makin lama terbuka akan makin asam. baru di buka saja pH nya sudah tidak basa. (silahkan cek sendiri dengan kertas lakmus)”

” PH nya kangenwater akan menjadi normal (7) dalam 1-2 minggu, anti oxidant akan berkurang drastis dalam 18-24 jam, micromolecule akan kembali normal dalam 1-3 bulan.
jarak waktu antara makan dan minum kangenwater 1 jam sebelum atau sesudah.
Bagi pemula disarankan meminum kangenwater secara bertahap, mulai pH 8,5 selama seminggu, kemudian naikkan ke pH9 dst”

“Komentator dari Klaten;:
untuk membuat air ber-PH tinggi tidak berlu beli mesin seharga berpuluhan juta, budget yang diperlukan hanya sekitar 300 ribu rupiah, alat terdiri dari dua box bejana berhubungan, charger laptop yg sudah dimodifikasi, stainless. Singkatnya airnya dialiri listrik, sehingga nanti ph nya naik.”

.. akan diajari bagaimana caranya membuat alat tersebut, gratis!
Mau minta air ber ph tinggi beberapa galon juga boleh, gratis! No offense yah bagi para penjual produk air ber ph tinggi merk tertentu.

“jika air tersebut (zam zam) mempunyai kehebatan yang seperti Kan Gen water zaman sekarang, tentunya RAsulullah Shalallahu Alaihi Wa Sallam akan memerintahkan umatnya untuk meminum air tersebut setiap saat tapi nyatanya RAsulullah Shalallahu Alaihi Wa Sallam meminum air di negerinya sendiri (Madinah)”

“Saran link untuk mengecek penelitian2 di http://scholar.google.co.id/scholar?start=0&q=hiromi+shinya&hl=en&as_sdt=0,5
http://scholar.google.co.id/scholar?

Dr. Andrew Weil (penulis dan ahli gizi):

“klaim kesehatan untuk air terionisasi dan air alkali adalah palsu. Simpan uang Anda. Anda harus mempertimbangkan fakta bahwa air alkali adalah umum di seluruh negara-negara barat, tapi sejauh pengetahuan saya, itu tidak melindungi orang dari penyakit dan gangguan yang terjadi dimanapun di AS “

Dr David Brownstein (penulis, dosen internasional dan praktisi terkemuka pengobatan holistik):

“Saya tidak setuju dengan klaim yang dibuat tentang air alkali. Klaim tentang manfaat minum alkali dibuat dengan tidak ada bukti yang mendukung. Cara terbaik untuk mengoptimalkan pH adalah untuk makan makanan yang sehat penuh dengan mineral dan vitamin. Mengonsumsi makanan olahan seperti tepung putih, gula, dan garam untuk memperbaiki keasaman.“

Dr Bob Arnot MD (penulis terkenal dan ahli gizi), dalam artikel di “Men’s Health Journal”:

“Katakan tidak untuk air alkali, itu adalah penipuan. Tubuh Anda dirancang untuk menyesuaikan dirinya dengan keseimbangan pH yang optimal; tidak peduli apa yang Anda makan. Misalnya, setelah air alkali tersebut masuk dalam perut Anda, tubuh Anda akan menghasilkan asam dalam jumlah besar untuk menetralisir itu.“

PENUTUP
Bagaimana dengan saya sendiri?
Saat ini saya percaya bahwa Air Alkali hanya untuk mengobati Asam Lambung.
Tetapi kalau disuruh memilih menggunakan tablet Mg(OH)2 (magnesium Hidroksida) atau air alkali, tentu saya pilih tablet yang harganya jauh lebih murah🙂

Saran terbaik untuk menjaga kesehatan adalah perbaikan gaya hidup:

– Perbanyak makan buah dan sayuran,
– Minum air putih,
– olahraga,
– Hindari stres
– Hindari kopi, alkohol dan merokok,

Bila ada yang salah mohon dikoreksi.

Genghis Khun

Rujukan
Istilah Istilah
en.wikipedia.org/wiki/Water_ionizer
en.wikipedia.org/wiki/Acid-base_homeostasis
en.wikipedia.org/wiki/Digestion#Significance_of_pH_in_digestion
http://en.wikipedia.org/wiki/Hiromi_Shinya
www.who.int/water_sanitation_health
www.acid-base.com/index.php&usg=ALkJrhhFUyUHvKcz8j1hXCS_-Rf_gukZeQ
en.wikipedia.org/wiki/Patrick_Flanagan
http://en.wikipedia.org/wiki/Zamzam_Well
http://en.wikipedia.org/wiki/Reduction_potential

Kontra Kangen Water
kesehatan.kompasiana.com/medis/2013/07/29/hentikan-perdebatan-tentang-ph-air-580778.html
www.sciencebasedmedicine.org/asea-another-expensive-way-to-buy-water/&usg=ALkJrhik_tataUaGQ0nJ3W0GySnE9V_O2A
www.apswater.com/article.asp?id=198&title=Alkaline+Water+Hoax+It+is+Simple+Science
www.watertechonline.com/articles/ph-paranoia-understanding-alkaline-water-claims
www.chem1.com/CQ/ionbunk.html atau di Terjemahan
www.precisionnutrition.com/alkaline-water-legit-or-hoax
philrich.hubpages.com/hub/Kangen-Water-Myth-Scam
online.wsj.com/news/articles/SB100

Pro Kangen Water
www.google.com/#q=Air+Kangen
https://www.dropbox.com/s/b81x5jwzqmxjmtn/Reverse-Aging-Handbook.pdf?dl=0
http://www.enagic.com

http://kumpulblogger.com/scahor.php?b=4050

http://www.ppcindo.com/show.js

http://pagead2.googlesyndication.com/pagead/show_ads.js

Juni 1, 2014 - Posted by | Resensi, Sains | , , , , , , , , ,

234 Komentar »

  1. ada tuh pak dokter hiromi shinya wong jepang yg udh foto ‘cuman’ 30rb usus pasiennya sebelum dan setelah ‘mengubah pola makan dan minum air alkali’

    dibandingkan ama dokter yg ‘cuman’ neliti dan membuat kesimpulan.

    kalo orang kaskus bilang sih no pic = hoax.
    🙂

    ya kalo saya sih Insya Allah madep manteb melok hiromi shinya mawon wes

    Genghis Khun:
    Salam kenal ai…
    Mengenai Hiroshi shinya sudah dibahas di tulisan di atas. silahkan di baca lagi:
    “Hiromi Shinya (dokter bedah umum kelahiran Jepang, pelopor teknik colonoscopic modern, penulis buku The Miracle of Enzyme: Self Healing Program) mengklaim beberapa manfaat kesehatan dari suplemen enzim dan air alkali. Namun, di Wikipedia dituliskan tambahan sbb:

    …beberapa klaim dalam iklan komersial telah dikritik sebagai menipu.

    Hiromi Shinya mengklaim bahwa air Kangen® memiliki tingkat kekambuhan kanker 0%, (Shinya, The Enzyme Factor, hal. 7) tanpa data klinis atau pembuktian independen.”

    Komentar oleh ai | September 17, 2014 | Balas

    • anda terlalu berapriori, org yg suka tllu banyak berapriori itu mmg scr psikologisnya doyan mengada2 dan doyan ngelesh ky bajai kenapa anda saja yg melakukan telaah kritis ini melebihi telaah dr sorg profesor yg melakukan uji klinis sampai kenegara jepang utk menelaah scr objek observasi langsung bkn hny menelaah hsl tulisan karya org lain utk menjelek2an satu sisi yitu kangen water.. andapun hrs memahami lbh mendalam ttg air HEKSAGONAL, AIR RPENTAGONAL dan air DESTILASI, anda akan memahami jg apa yg disebut sbg air yg beroxsygen, air mineral, nampak kalo yg saya baca dr tulisan anda tsb ya mmg anda sptnya berjualan produk ky sales produk yg barang dagangannya tdk laku di pasaran ya mas ?😀 makanya anda frontal dg ilmu apriori anda kangen water tdk mengklaim, dulu mesin alkalie tdk sesederhana sekarang anda tau yg namanya youtbe anda buka tulisan berjudul DOKUMENTASI NEGARA JEPANG MENGENAI KANGEN WATER anda jgn tonton setengah2 dg otak anda. air alkali dijepang msh di uji klinis dg menggunakan media hewan yg diberikan sel kanker andapun bisa simak video youtube tikus yg diberikan cairan pengaktif tumor diberikan terapi kangen water lbh sehat dan perkembangan sel tumornya hny 4,2 dibandingkan dg tikus yg hny diberikan air mineral biasa. anda pun hrs menelaah lg dr telaah kritisa anda yg melebih telaah desertasi sorg profesor, bhw air alkali dialam pun sdh mulai rusak disertai oleh kerusakan lingkungan dan skrg sdh zaman zanggih anda berapriori ttp hny mdptkan materi dr materi intenet dan keseluruhannya adl org semacam pedagang sales yg barang dagangannya kalah saingan. anda fanatik dg air zamzam justru sy mau kasi tau anda air zamzam pun skrg bnyk yg dipalsukan dan hati2 jg anda trhdp suatu produk zamzam yg katanya berperh 9,8 s/d 9,0. ckckckckk anda pun akan tau jika anda mulai belajar dr telaah anda tsb apa yg namanya TDS dan apa yg terjadi jika TDS air trus di perkecil dan tllu rendah dan mungkinsaja ada yg prnhmeminum kangen water bersa pahit itu berasal drt bahan baku air pentagonal atw air RO, ada yg mencret2 itu krn bahan baku air PAM bukan salah mesin kangen waternya tp yg salah produsennya yg tllu komersil melakukan penjualan yg mahal tp mlh merugikan konsumen. “untuk kalangan sendiri” rupanya sy pun hrs menjelaskan ini utk org2 yg mmg berfikiran positif dab tdk doyan berapriori lebay spt anda dan kawan2 anda yg kontra… apriori anda bagus jika anda selingkan dg hsl penelitian anda sendiri bukan dr sumber internet itu bukan telaah mendalam tp namanya itu keferontalan yg cuma mengandalkan bbrp sumber sbg acuan anda🙂

      Komentar oleh Made Titis | Mei 30, 2015 | Balas

      • saya sangat setuju apa yng di katakan made titis..buktinya di tmpat saya bekerja sudah banyak membuktikan kangen water mulai dri kantong kemih jerawat, rambut lambung..dll
        yng paling inti bgaimana cara menyeimbangkan pola makan kita..gk usah deh mejelek jelekan prodak gitu haram lo hukumnya….hihihi mnding kita coba dulu klo emang gk ngrasai jngan di beli..toh klo bermnfaat psti ketagihan dn pngin minum

        Komentar oleh gede adiksa | Juni 26, 2015

      • Klo komen yg kayak gini nih pasti tidak direkomen oleh genghis khun,, karena dia jg sebenarntaa sales jg,, sales obat2an medis yg katanya sudah terukur. Ada data mengenai Dosis, Efek samping, Indikasi dan kontra indikasi, sdg kangen water tdk ada. Yaiyalah, jangan bandingkan kangen water dg obat medis, obat medis itu obat kimia sintetis shg perlu indikasi, kontra indikasi dan efek samping, sedangkan air kangen water merupakan air putih alami yg diproses scr elektrolisis shg tdk perlu indikasi dan kontra indikadi apalagi efek samping, yg pasti tdk akan ada..
        Genghis khun itu hanya bs menukil dan menyimpulkan dg kesimpulan sendiri

        Komentar oleh Nuruddin Syam | Mei 26, 2016

  2. Air putih itu rezeki dari Allah, asal bersih, tidak barbau, tidak berwarna

    http://www.parcelbuku.net

    Genghis Khun:
    Siip🙂

    Komentar oleh briliyanid | September 18, 2014 | Balas

  3. ijin share yah gan, lg berkembang neh kangen water di kota ane🙂
    http://www.pie-gayatri.com

    Genghis Khun:
    Silahkan🙂

    Komentar oleh Gus Indra | September 19, 2014 | Balas

  4. Masih penasaran sama pernyataan mengenai air zamzam

    Komentar oleh Cara Media | September 19, 2014 | Balas

  5. Kok situs yg pro kangen water cm segitu doang yg ditampilin? Setau sy kangen water itu udah dpt gold seal dr water quality association, penelitiannya sdh dr thn 1965, diteliti oleh lbh dr 6500 dokter. Trus mengenai efek detoks, gak cm minum kangen water aja kok ada efek bgtu, minum obat herbal seperti habbatussauda jg menumbulkan efek yg bgtu. Oiya, kok kyknya meragukan khasiat air zamzam?

    Genghis Khun:
    Salam kenal pak/ bu Mika…
    1. Situs yg pro kangen Water hanya ditampilin sbg googling krn sangat banyak, umumnya dari iklan mesinnya 2. Data penelitian 6500 dokter silahkan disharing di sini
    3. air zamzam, sesuai kasus di atas, meragukan jika masuk kemasan🙂
    gTrims telah mampir🙂

    Komentar oleh mika | September 20, 2014 | Balas

  6. lagian bkn cm krn alkalinya, tp krn anti oksidannya yg tinggi makanya menyehatkan.

    Genghis Khun:
    Mengenai klaim antioksidan bisa dibaca lagi:
    “Potensial reduksi oksidasi (ORP) digunakan untuk menguji kualitas air dalam hal potensi desinfeksi, bukan kekuatan antioksidan.
    Ini selaras dengan definisi air alkali (di atas) yang menyebutkan: “Air ini banyak digunakan dalam industri makanan untuk membersihkan produk makanan.””

    Komentar oleh mika | September 20, 2014 | Balas

    • Betul, seharusnya yg digunakan untuk kekuatan antioksidan adalah ORAC bukan ORP

      ORAC is an abbreviation for Oxygen Radical Absorbance Capacity and was developed by the National Institutes of Health in Baltimore. In short, ORAC units measure the antioxidant capacity of foods. The higher, the better.

      Semoga membantu

      Komentar oleh chronojabez | Oktober 28, 2016 | Balas

  7. Jangan lupa air zamzam tak bisa dibandingkn dg kangen water. Zamzam adl air yg diberkahi, air yang didalamnya ada trilyunan doa yang terpanjat sejak jaman nabi ibrahim hingga nanti. Bukankah doa bisa mengubah sifat air. Apapun airnya, doa itu lbh penting. Jd rujukan ilmiah boleh, tp ilmu alquran jauuuh lebih baik.🙂

    Genghis Khun:
    Saya mencurigai Kangen Water mencatut air zamzam untuk mendongkrak popularitas…
    Trims telah mampir🙂

    Komentar oleh Vita Kupit | September 24, 2014 | Balas

  8. Pak dokter hiromi shinya memang punya bukti dg video ribuan usus. tapi ingat bhw bukan cuma kangen water yg perbaiki keadaan,melainkan pola makan sehatnya itu….

    Genghis Khun:
    Siiip🙂

    Komentar oleh messy | September 25, 2014 | Balas

  9. 1. kalo gw bilang sih ente cepet bgt gan, ngambil kesimpulan bahwa air kangen ini buat obat maag dan mending minum obat maag karena lebih murah?
    2. ente coba pelajari jg donk obat maag itu kalo sering dikonsumsi apa tidak menimbulkan efek samping jg seperti air kangen atau minum air yg banyak 1 ember..hehe piss ye jgn marah. just diskas.
    3. ane jadi inget tahun berape gitu lupa tepatnye, jadi dokter dari jepang pernah mengunjungi ke Majelis Rasulullah disitu dokter jepang meneliti air2 yg dibacakan do’a2 dan air yg dinyanyikan lagu/musik seperti rock itu setelah diteliti hasilnya berbeda. Dan tentunya air yg di do’a kan yg bagus. Dan gw percaya itu air + do’a itu bisa sebagai penawar racun. Makanya peneliti dari luar negeri sana tertarik. Intinya kalo gw saran sih kalo ente YAKIN ame air kangen yah minum dan KALO GAK YAKIN jgn diminum. Gitu aja repot..Piss Gan.

    Sama kaya ente minum obat maag ente YAKIN gak dan langsung cepat sembuh..hehe
    Kurang lebihnya mohon maaf

    link rujukan :
    http://chirpstory.com/li/167962
    http://kesehatan.kompasiana.com/medis/2013/07/29/hentikan-perdebatan-tentang-ph-air-580778.html
    https://nafanakhun.wordpress.com/2014/06/01/telaah-kritis-atas-air-alkaline-kangen-water/

    Genghis Khun:
    Salam kenal Green Look Me
    1. Kesimpulan dibuat sesudah dilakukan kajiannya pak🙂
    Dan kenapa lebih dianjurkan obat mag? karena obat maag sudah terukur. Ada data mengenai Dosis, Efek samping, Indikasi dan kontra indikasi.
    Kangen water belum ada data.

    2. Semua obat akan mempunyai efek samping dan sudah terukur. Kangen water belum ada data.

    3. Anda tidak konsisten.
    Orang Jepang tersebut menyimpulkan air doa setelah dilakukan penelitian, sedangkan anda cuma berbekal YAKIN dan PERCAYA? tapi boleh2 saja sih dan itu hak anda🙂 .
    Tetapi kami di kedokteran, mengobati orang berbekal Uji Klinis.
    Bukan karena misalnya keyakinan, pesanan farmasi atau kelancaran bisnis MLM.

    Kurang lebihnya mohon maaf🙂

    Komentar oleh Green Look Me | Oktober 27, 2014 | Balas

    • Saat ikut paparan soal Kangen Water yg bombastis,saya malah merasa aneh.Apalg ngakunya bukan MLM.Tp ujungnya bilang level n penghasilan2 yg akan diperoleh.Blm lg si pemapar bilang punya ini itu.Bisa beli ini itu.Ahhh…ngeri banget.Saya gak suka dgn pamer2 kekayaan.Bukan sy gak butuh uang.Tp sy n suami sdh punya pekerjaan yg cukup mapan.Saya tidak ingin menjual sesuatu yg bertentangan dgn nurani saya.Singkatnya,saya gak percaya dgn keajaiban Kangen Water yg digembar-gemborkan.Mohon maaf….

      Komentar oleh Marijatoel Kittijah | November 14, 2016 | Balas

  10. Tulisan yang menarik..

    Komentar oleh Rikardo Simanjuntak | Oktober 29, 2014 | Balas

  11. Kebukti kog, makin banyak org yg membeli mesin, dan merasakan manfaatnya, entah suka ato tidak, kentaraannya juga bisa menambah pemasukan (bagi pemilik mesin)…sehat fisik, sehat mental, sehat sosial dan sehat finansial…:)

    Piss…gitu kog repot

    Genghis Khun:
    Salam kenal pak Wan..
    mari di sharing disini BUKTI data banyaknya mesin yg terjual dan yg merasakan manfaatnya🙂

    Komentar oleh wan | Oktober 30, 2014 | Balas

    • Saya salah satu anak yg ortunya penjual mesin enagic..awalnya saya gak percaya begitu pula halnya dengan ayah saya,tapi apa yg terjadi,banyak manfaat yg diberika oleh kangen water,sehat iya didapat,sehat finansial alhamdulillah ortu saya sudah lebih2 dr yg kemarin sebelum bergelut di bisnis ini..kangen water tidak menjamin sembuh,TAPI membantu proses penyembuhan,karena saya yg memiliki mesin,dan saya tau efek yg diberikan,bukan karena bisnisnya lancar,TAPI karena banyak perubahan dalam hidup dan kesehatan saya,saya alhamdulillah sekeluarga sudah berhenti mengkonsumsi obat warung atau obat yg bisa meredakan sakit..sudah 1 tahun lebih saya berhenti karena rutin minum kangen water..saya lebih bertenaga itu yg saya rasakan,tidak mudah sakit..

      Saran saya,anda coba dulu minum rutin,rasakan sendiri efeknya..namanya persaingan memang tidak bisa dihindarkan..tidak semua dokter menyarankan minum namanya kangen water,KARENA agar mereka tetap dapat penghasilan dr obat atau kunjungan pasien,rugi dong dokter sekolah lama dan mahal tp gk ada pasiennga dikarenakan sehat semua.

      Makasih nih bisa comment disini

      Komentar oleh albahsar alto nasution | Februari 8, 2016 | Balas

      • Klo komen yg kayak gini nih pasti tidak direkomen oleh genghis khun,, karena dia jg sebenarntaa sales jg,, sales obat2an medis yg katanya sudah terukur. Ada data mengenai Dosis, Efek samping, Indikasi dan kontra indikasi, sdg kangen water tdk ada. Yaiyalah, jangan bandingkan kangen water dg obat medis, obat medis itu obat kimia sintetis shg perlu indikasi, kontra indikasi dan efek samping, sedangkan air kangen water merupakan air putih alami yg diproses scr elektrolisis shg tdk perlu indikasi dan kontra indikadi apalagi efek samping, yg pasti tdk akan ada..
        Genghis khun itu hanya bs menukil dan menyimpulkan dg kesimpulan sendiri

        Komentar oleh Nuruddin Syam | Mei 26, 2016

      • Herbal (Alami) vs Obat (Kimia)

        Komentar oleh 69 Fukubukuro | September 18, 2016

      • Persis seperti saya… Saya ngga banyak omong, minta dijelaskan logika sederhananya. Setelah bisa saya terima, saya coba minum airnya, beli dr temen yg sdh pasang mesin. Dan merasakan sendiri efeknya, tdk selang lama, bertahap prosesnya, tapi sejak minum kangen water saya tdk lagi perlu minum obat maag dan obat flu warungan. Sampai akhirnya saya beli sendiri mesinnya. Saya rasa, lebih baik coba sendiri, rasakan hasilnya, ceritakan apa yg dirasakan. Itu lebih sederhana dan lebih nonjok. Wong belum merasakan kok sudah berani menilai… Kepinteren…

        Komentar oleh wulankurnia77 | November 27, 2016

  12. mungkin info dibawah ini bisa bisa membuka wawasan sampean pak dokter : http://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=9&cad=rja&uact=8&ved=0CEYQFjAI&url=http%3A%2F%2Fwww.kangenwateroz.com%2Fwp-content%2Fuploads%2F2014%2F03%2Fkangen-water-report.pdf&ei=9jlfVLTIMMyjugTo4oKgBA&usg=AFQjCNGbPj_2tp2Wx8GV3HinXvgR2GtDeA

    Genghis Khun:
    Salam kenal pak/ bu Inahan..
    Secara garis besar makalah itu sama dg yg saya kupas di atas🙂

    Komentar oleh Inahan | November 9, 2014 | Balas

  13. coba deh baca Al-Quran pak Genghis Khum (terjemahannya, dan maknanya)
    disana bisa dijelaskan kandungan air zam-zam bagi tubuh.
    kalau saya lebih condong ke air. karena mudah diserap tubuh dan bisa langsung di keluarkan.
    kalau obat maag minum 3 tablet saja (sesuai aturan minum yah) membuat perut saya terasa keras dan sakit.
    tapi minum kangen watter saya tidak merasakan efek seperti itu.
    dan saya lebih setuju dengan air yang di do’akan. apalagi pada tengah malam di 2/3 malam. karena molekulnya menjadi seperti air zam-zam. subhanallah.

    Genghis Khun:
    Salam kenal bu Santi..
    Saya gagal mencari penjelasan kandungan air zam-zam bagi tubuh. apakah bisa dibantu surat berapa dan ayat berapa?

    Komentar oleh santi yahuu | November 14, 2014 | Balas

    • Kita diciptakan dengan mengandung unsur tanah , jd sebaik2nya mengonsumsi obat obat yg alami .bukan zat kimia dengan logika aja bisa dipikirkan . Jangan terlalu fokus sama teori .
      Katanya kangen water gk jelas komposisinya .namanya jg air murni tanpa ada tmbhan zat2 kimia .
      Makanya jangan asal mensimpulka sesuatu dengan bukti yg sedikit . AIR ITU ALMI BROW
      LEBIH BAIK YG ALAMI CIPTAAN TUHAN DARI PADA ZAT KIMIA YG DI CIPTAKAN OLEH MANUSIA .

      Komentar oleh rizal | Maret 6, 2015 | Balas

    • Syawal : kalau saya sendiri yg membuat air doa gak perlu ayat berapa atau ayat apa, cukup saya baca ayat kursi dan surat al fatiha tapi disertai dengan ke khusukan dan ke ikhlasan hanya mengharap ridho allah maka itu bisa menyembuhkan rasa air sama seperti air zamzam dan sudah banyak pasien saya yg sembuh berkat doa dan ridho allah. Tapi orang lain yg buat belum tentu sama.dan saya sudah uji air ini ternyata mirip dengan air kangen water bahkan bs lebih unggul kami lakukan uji langsung dengan penjual kangen water air Miliknya dan milik saya.soal khasiat dan kesembuhan tergantung ridho allah. Dan alhamdulillah beberapa pasien yg gagal berobat dengan banyak dokter bahkan spesialis alhamdulillah bisa kami disembuhkan dengan keajaiban doa. Salam pak dokter gengsi kun

      Komentar oleh syawal | April 20, 2016 | Balas

      • الحَمْد لله

        Komentar oleh chronojabez | Oktober 28, 2016

  14. Oooo anda dokter kah? Saya kira anda seorang wartawan tdnya hehehe. Anda hrs ketemu langsung dgn salah satu dokter specialist yg sdh menggunakan air alkali Milagros utk terapi dan sdh meresepkan air milagros sebagai resep. Saya harap bapak bkn specialist mencari link atau berita2 di google, tp seorang ilmuwan yg memang sdh meneliti sendiri apa yg sdh bapak baca. Bukan langsung share apa yg anda dpt dari link inet. Thanks…..

    Genghis Khun:
    Salam kenal pak Kartono ST
    1.Mohon dikenalkan dg dokter specialistsb🙂
    2. Millagros mengklaim sbb:
    ” Air alkali dg pH yang Stabli (9,8).
    Molekul air-nya yang kecil (5 molekul) sehingga mudah terserap tubuh.
    Mineral yang ada pada Milagros adalah mineral-mineral organik sehingga memiliki daya-guna yang baik bagi tubuh.
    Anti-Oksidan yang sangat tinggi (-350 mV),
    Tingkat keterserapan yang baik bagi tubuh (Oxidation Reductional Product/ORP).
    Energi Skalar untuk mengisi setiap sel tubuh dengan mempromosikan seluruh manfaatnya melalui gelombang skalar ke setiap sel yang ada di dalam tubuh.”
    http://www.milagros.co.id/?do=page.main&key=8

    Jujur saya makin bingung dengan klaim2 tersebut🙂

    Komentar oleh Kartono ST | November 24, 2014 | Balas

    • Iya saya ragu karena statement yang dikemukakan penulis semua berdasarkan browsing dan bukan hasil penelitian sendiri

      Komentar oleh Fulan | Mei 21, 2015 | Balas

      • Setuju,, itu cuma klaim Genghis khun saja

        Komentar oleh Nuruddin Syam | Mei 26, 2016

  15. Bapak Yth… Kalau Wikipedia atau Google yang dijadikan patokan utk membahas masalah ilmiah ya…. ngga cukup ! itu bukan sumber literatur resmi (apalagi utk kedokteran) yang dapat dijadikan acuan!
    apalagi anda cuma bisa nyadur dari beberapa pernyataan yang mungkin ada “conflict of interest”
    Tidak perlu membodohi orang awam , dengan sanggahan yang tidak berdasar.
    Saya kira orang2 yang telah mengkonsumsi sebagian besar merasakan manfaat dari “Kangen Water”.
    evidence base dan fakta akan berbicara.
    Tidak perlu menyebar isu… Biar saja pemerintah (Depkes) yang akan memutuskannya… negara kita masih memiliki orang2 yg kompeten !

    Genghis Khun:
    Salam kenal pak Yendra
    silahkan di sharing di sini data ilmiah acuan anda🙂

    Komentar oleh Yendra | November 25, 2014 | Balas

    • Saya sdh konsumsi sekitar 25 liter air Kangen. Hasilnya saya lebih fit dan yg terpenting sinusitis saya sembuh 70% (gak meler lagi di pagi hari). Oiya terkait wikipedia, semua orang bisa mengedit dan memperbaharui isi di wikipedia. jadi (maaf) dr org yg paling bego sampai org yg paling pintar bisa merubah isi wikipedia.

      Komentar oleh fahrul razi | Oktober 17, 2015 | Balas

      • Saya jg sudah mengkomsumsi kangen water selama 8 bln dan buktinya maag saya gak kambuh lg, pegel2 dipundak hilang, suara yg sering hilang gak pernah kambuh, papi saya prostatnya gak jd di operasi dan asmanya sembuh, sinusitis anak saya sembuh, kejang2 diperut suami saya yg biasanya tiap 2 minggu kambuh kini gak lagi.. pokoknya top marko top deh kangen water. Batuk flu gak pernah kami rasakan lagi.. trima kasih kangen water. Obat2 yg ada dirumah dibuang semua ckckck.. egepe lu mau nulis apa. Kita hanya mau bukti nyata kho.

        Komentar oleh Maureen | Oktober 19, 2015

      • Maaf, Ibu mauren ternyata sekeluarga pada sakit semua ya. Jadi inget temen sering cerita berbagai hal dg objek kerabat dan tetangganya..

        Komentar oleh kepo | Oktober 25, 2016

  16. Saya tidak begitu faham tetang asam basa.
    Yang saya pahami, bahwa air zam-zam adalah air hasil alam terbaik di dunia. Selain kandungan mineral dan anti oksidan, yang pas untuk tubuh manusia (waduh.. Saya lupa sumbernya). Dan sepengetahuan saya, antioksidan dalam zam-zam akan sedikit sekali tersisa, setelah kurang lebih 3 minggu diambil dari sumbernya. Jadi sangat disarankan, kalau minum zam-zam, di negara asalnya.
    Kalau kangen water, direkomendasikan maksimal 2 minggu setelah keluar dr alatnya, jangan dikonsumsi lagi.

    Genghis Khun:
    Salam kenal pak Dodi
    Informasi yg sangat bermanfaat, artinya tiap air alkali yg di kemas seharusnya disertai masa kadaluarsa ya?

    Komentar oleh Dodi | Desember 6, 2014 | Balas

  17. Untuk air, apa berpengaruh jika diberi doa. Saya bersama kawan2 (total seluruh dunia lebih dari 1000 orang).
    Telah membuktikan secara ilmiah, pengaruhnya 100%, direspon oleh air.
    Jika ada yang meragukan kekuatan doa yang terkandung didalam zam-zam,
    bagi saya dan kawan2 disini,
    berarti meragukan sendiri doa yang ia ucapkan diterima oleh sang Pencipta.

    Komentar oleh Dodi | Desember 6, 2014 | Balas

  18. Buat Depkes /BP POM segera turun tangan menangani polemik ini. Bagi saya sendiri yg merupaka new user untuk kangen water merasakan manfaat yang luar biasa, alergi hilang ga perlu lagi pakai anti histamin.Pegel-pegel hilang ga perlu lagi minum allupurinol maupun analgetik. Ini fakta yg saya rasakan.

    Genghis Khun:
    Setuju pak.
    saya sendiri pun sebenarnya welcome dengan penemuan2, tapi sayangnya disertai informasi yang menyesatkan, misalnya “Tubuh kita sebetulnya secara alami bersifat alkali, tetapi seiring dengan berkembangnya usia, tubuh mulai bersifat asam”.
    Padahal informasi yang benar sbb:
    “Kemampuan homeostasis bisa berkurang sesuai makin menurunnya usia tetapi masih dalam batas Normal”

    Komentar oleh wintarto | Desember 18, 2014 | Balas

  19. Anda ngambil kesimpulan berdasarkan emosi perasaaan, coba suruh Dokter2 & Peneliti di Indonesia dan Dunia menyatakan hasilnya gmn?

    Genghis Khun:
    Salam kenal beauty Water
    Kesimpulan saya diperoleh dari data yg bisa diakses siapapun, sedangkan dari anda belum ada🙂

    Komentar oleh beauty water | Desember 25, 2014 | Balas

    • Hiromi shinya kan advisor resmi dari Enagic…. dan beliau sudah publish banyak buku bahkan di salah satu bukunya beliau tulis satu bab khusus tentang air kangen… Memang materi promosi tidak semua sesuai dengan yg ditulis dibuku, tapi secara umum… beliau berpendapat bahwa air kangen merupakan air yang baik dan testimoni manfaatnya juga sangat banyak ditemui dr pengalaman banyak orang tanpa rekayasa. Daripada apriorio, saya pilih coba untuk konsumsi untuk keluarga dan karyawan sejak januari lalu. Alhamdulillah tidak pernah lagi ke dokter, tidak pernah lagi konsumsi obat kimia ( sebelumnya sering pusing dan minum analsik, dan sering sariawan). Jika Dokter merasa ada yg salah, coba tulis buku aja atau jurnal ilmiah sekalian, daripada hanya komentar di blog spt ini… Thanks, sukses selalu

      Komentar oleh Afina Rent A Car | Juni 16, 2015 | Balas

  20. Sy senyum2 bacanya :))
    Di jepang sudah dipakai di rumahsakit, sudah dpt goldseal, dan buanyak lagi, hanya saja mungkin menutup mata.
    Anda lebih memilih obat karna mungkin orang farmasi yaa🙂 mungkin lhoo
    Kadar dan manfaatnya sudah teruji , coba next sy tunggu tulisannya pengamatan anda tentang orang2 yg sudah sembuh dgn minum kangen water yaa..🙂 apakah ada yg aneh ato apalah gtu trus ditambah review rs dan dokter yg sudah pake juga tp klo bisa temui langsung jangan dari wiki, sy rasa itu lebih valid , oke.

    Genghis Khun:
    Salam kenal…
    saya juga senyum2 baca komentar anda :))
    Silahkan tunjukkan data RS di jepang yg memakai Kangen water utk diminum?

    Komentar oleh saya | Januari 6, 2015 | Balas

  21. Bisnis air memang maknyos, apapun strateginya

    Genghis Khun:🙂

    Komentar oleh Genki Kenzie | Januari 7, 2015 | Balas

    • Bisnis obat kimia lebih maknyus,, yg lain jangan coba2 lewat

      Komentar oleh Nuruddin Syam | Mei 26, 2016 | Balas

  22. Awalnya kurang percaya dengan Kangen ini meski banyak yang sudah bilang berkhasiat,
    tetapi setelah mengkonsumsinya, syukur sekali kolesterol saya turun, tetangga saya diabetnya yang menahun sembuh, migren istri saya hilang entah ke mana, istri tetangga yang kalau haid sakit ga kepalang jadi normal2 saja… bahkan sakit ginjal teman saya sembuh…
    Jujur entah apa yang terjadi dalam tubuh setelah minum air kangen ini, tetapi buat saya ini lebih Ngirit biaya dibanding sering ke dokter berobat di samping rasa sakit yang pada hilang… semua karunia Alloh. alhmadulillah.

    Genghis Khun:
    Alhamdulillah…
    Saya dari awal percaya tapi sayangnya informasi iklannya menyesatkan. Misalnya misalnya “Tubuh kita sebetulnya secara alami bersifat alkali, tetapi seiring dengan berkembangnya usia, tubuh mulai bersifat asam”.
    Padahal informasi yang benar sbb:
    “Kemampuan homeostasis bisa berkurang sesuai makin menurunnya usia tetapi masih dalam batas Normal”🙂

    Komentar oleh sansan | Januari 20, 2015 | Balas

    • Yang saya dengar dari penjelasan pemeteri saat Kangen Gathering memang spt itu Dok..kemampuan homestatis berkurang seiring bertambahnya usia… terutama setelah 40 tahun…. 🙂

      Komentar oleh Afina Rent A Car | Juni 17, 2015 | Balas

  23. Tp menurut logika ya, misal kita minum air ber pH ttn sambil kita makan, bukankah nanti di dalam lambung tetap tercampur, kita makan makanannyg asem2 maka airnya juga akan keikut juga ya…

    Genghis Khun:
    Salam kenal bu Mida
    Logika kita sama, namun Asam lambung vs basanya air alkali, jadi bs digunakan untuk mengurangi ph lambung🙂.

    Komentar oleh Mida (@hazuki_izumida) | Februari 11, 2015 | Balas

  24. kl dibaca satu satu, intinya penulis bukan menyangkal hasil dari produk alkali, hanya penulis tidak mau promosi air alkali terlalu hiperbola mengenai produk yang ditawarkan, ya intinya kembali lagi saja ke masing masing mau pakai atau ngga, saya setuju dengan pengenalan produk yang sewajarnya, kalo jujur lebih dahsyat marketing merk milagros sampe kadang membuat miris air alkali tersebut bak dewa dengan harga yang sangat fantastis , jadi kedepan siapapun yang mau coba silahkan gunakan, kalo itu bermanfaat Alhamdulillah ada manfaatnya, hanya jangan menyesatkan apalagi menyengsarakan untuk calon pengguna air alkali yang mau mencobanya untuk manfaat lebih lanjut

    Genghis Khun:
    Salam kenal pak Ihsan
    Betul pak. Mari mencari rizqi berkah dan halal dg memberikan informasi yg benar. itu saja.

    Komentar oleh insan | Februari 12, 2015 | Balas

    • Betul. Setuju dgn insan.

      Saya tergerak untuk berkomentar karena banyak overclaim yg saya temukan di lapangan. Perlu banyak hal yang diluruskan.

      Tapi hanya sedikit yg berani seperti penulis..
      Resikonya dicacimaki dan di”bungkam” oleh para distributor yang takut ketahuan tidak jujur

      Komentar oleh chronojabez | Oktober 28, 2016 | Balas

  25. wah, menarik sekali. kalo saya baca dari genghis khun yang kekeuh sekali pada data klinis, sedangkan yang lain berusaha membuktikan dengan kata2. heheeee,,,, dalam pengobatan, selain obat yang manjur dengan data klinis yang bagus. bukan ah kita juga harus percaya pada “kekuatan sugesti pasien” bahkan plasebo yang bisa digunakan untuk pengobatan jika pasien percaya itu sebuah obat. dan tolong kata2 “Sedangkan pengujian air zamzam secara langsung dari sumur, kadar arsenik masih lebih rendah daripada jumlah maksimum yang diizinkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia. Akan timbul pertanyaan, Bagaimana dengan kadar arsenik air zamzam yang lolos dan dijual bebas di Indonesia?” anda mnyebutkan seperti itu seolah2 air zamzam ada kandungan logam berbahaya walaupun sedikit. itu saya sangat tidak setuju. anda mengatakan itu tidak baik, apakah ada data klinis nya???. jika belum ada apakah pantas anda sebutkan diatas???”

    Genghis Khun:
    Salam kenal bu Deby
    Data mengenai air zamzam saya copy lagi dr artikel di atas:

    Pada bulan Mei 2011, BBC London menyebutkan adanya air zamzam kemasan di pasaran mengandung nitrat tinggi, bakteri berbahaya, dan arsen tiga kali melebihi batas legal di Inggris.

    Perlu diketahui, zat Arsenik adalah karsinogen, artinya bila teratur minum air zamzam kemasan dalam jumlah besar dapat berisiko terkena kanker.

    Walaupun informasi ini disangkal namun permintaan air zamzam untuk komersial akhirnya dilarang oleh pemerintah Saudi.

    Dari sini kita bs mengambil kesimpulan bahwa pemerintah saudi melakukan tindakan pencegahan walaupun belum ada data mengenai kadar arsenik di kemasan air zamzam di negara selain Inggris, terutama Indonesia. Dan sah-sah saja bila kita berpikiran kritis:
    “Bagaimana dengan kadar arsenik air zamzam yang lolos dan dijual bebas di Indonesia?”

    Silahkan dikoreksi kalau saya salah…

    Komentar oleh deby | Februari 13, 2015 | Balas

    • BBCLondon? Adakah bukti bahwa data dari BBC London pasti benar? Apa kita tidak curiga maksud di balik itu? Bgmn kalau mereka bertujuan utk menjelekkan air ZAM ZAM? Padahal Rosulullah merekomendasikan air ZAM ZAM.

      Komentar oleh kcu | Maret 25, 2016 | Balas

      • Saya juga sependapat.. Kadang media kan juga orderan..😉

        Komentar oleh nadine | April 4, 2016

    • Genghis kun baru tau info dari internet ja sombong….sok tau…
      Apapun kebenarannya itu adalah dari pengalaman jdi anda pernah ga mencobanya..? klo ngga …ya ga pernah tau….jdi kesimpulan anda berdasarkan teori saja…..

      Komentar oleh made | November 2, 2016 | Balas

  26. pak dokter mungkin belum merasakan manfaatnya aja makanya msh sangat kritis terhadap Kangen Water. tidak mungkin Kangen Water bisa lolos uji kebersihan dan higenis nya klo hasilnya buruk bagi kesehatan. saya sudah lihat sendiri manfaat dari air alkali tersebut dari orang yang tadinya kena diabetes akhirnya sembuh setelah terapi Kangen Water karena saya ikuti perkembangan sakit dari org tsb.

    Komentar oleh ray | Februari 20, 2015 | Balas

    • si yang punya artikel, kalo ada yang komentnya setelah mengkonsumsi kangen water penyakitnya berkurang, dia gak mau balas. gak tahu mau balas pake apa kali

      Genghis Khun:
      Salam Kenal Pak Ilham
      Komentar di ujung bawah, ditulis persis sebelum anda:

      “Saya setelah minum kangen water 2 hari, hasilnya 2 hari diare, akhirnya saya stop minum.”

      https://nafanakhun.wordpress.com/2014/06/01/telaah-kritis-atas-air-alkaline-kangen-water/#comment-2048

      tidak saya balas. saya gak tahu mau balas pake apa🙂

      Komentar oleh ilham | April 30, 2015 | Balas

  27. Kalo minum kangen water trus langsung penyakitan baru deh ane percaya ama artikel ini. Soalnya yang minum udah 10 Tahun aja sehat sehat aja sih ya.. Khemz..

    Komentar oleh Aizawa | Februari 20, 2015 | Balas

  28. “klaim kesehatan untuk air terionisasi dan air alkali adalah palsu. Simpan uang Anda. Anda harus mempertimbangkan fakta bahwa air alkali adalah umum di seluruh negara-negara barat, tapi sejauh pengetahuan saya, itu tidak melindungi orang dari penyakit dan gangguan yang terjadi dimanapun di AS “……. lah terus untuk apa air alkali di anjurkan untuk digunakan disana (umum dinegara2 barat) kalo tidak bermafaat…jelas ini ndak cerdas..

    Genghis Khun:
    Salam kenal pak Pandugendut
    “umum dinegara2 barat” belum tentu “di anjurkan untuk diminum Silahkan lihat lagi paragraf di bagian Definisi dan Batasan Istilah disebutkan bahwa:

    Air ini banyak digunakan dalam industri makanan untuk membersihkan produk makanan.

    Komentar oleh pandugendut | Februari 21, 2015 | Balas

    • jenis air mana yg anda ketahui utk memproduksi makanan? stong waterkah, strong acid ka, beauty waterkah, natural waterkah atw healty waterkah.. atw jgn2 anda menulis artikel ini tdk tau jenis2 air kangenwater ai pada jenis air yg mana yg digunakan utk mencuci produk makanan sebutkan dr jenis air yg saya berikan atw semakin jelas bhw asumsi anda ini berdasarkan tafsiran anda bhw anda kalah besraing dengan kangen water ?🙂

      Komentar oleh Made Titis | Mei 28, 2015 | Balas

      • saya tau pak yaaaa strong kangen pastinya dengan ph yng amat tinggi makanya tidak di anjurkan tuk di minum..kalo yng tuk di minum sih udah ada tombolnya lengkap…
        yng terpenting prcaya dn tidak prcaya itu aja hihihi pisss🙂

        Komentar oleh gede adiksa | Juni 26, 2015

  29. Ah ini mah cuman ngambil artikel dimana2 disambung2, kalau anda seorang dokter atw peneliti alangkah baiknya anda membuat percobaan pada pasien yang menggunakan kangen water. Kl anda hanya mengambil artikel dan menyomot seenaknya aja. Berarti keakhlian anda sebagai dokter hanya sebagai dokter google atw dokter wikipedia

    Genghis Khun:
    Salam kenal pak Joni
    maaf, penulisan skripsi dan jurnal ilmiah yg saya ketahui adalah “artikel dimana2 disambung2 lalu dibuat kesimpulannya”.
    Tetapi kalau anda punya informasi dan TIDAK cuman ngambil artikel dimana2 disambung2, silahkan dibagikan di sini…

    Komentar oleh Joni | Februari 24, 2015 | Balas

    • Hahahahahahahahahahahahahaha lucu nih. Sebenarnya anda tidak dirugikan kan dengan adanya kangen water. Cba dilihat saja dri segi positifnya dulu pak dokter. Krna dokter juga manusia. Saya sudah brapa kali check up ke dokter dan salah diagnosa dsbnya. Sakit apa dibilang sakit apa, ujungnya tambah mahal rawat jalan nya. Padahal consultant gastro di salah satu RS no 1 di jakarta. Jadi kadang2 susah percaya juga dengan dokter yah 😜. Nah jadi cba diambil segi positifnya saja. Sangat bagus kan klo air ini bsa menyembuhkan sakit. Lagian 70% tubuh kita air. Jadi gk ada salahnya dan bahayanya minum air putih. Dibandingkan minum obat yg jelas ada efek sampingnya.

      Genghis Khun:
      Salam kenal pak andrew
      Silahkan baca lagi bagian EFEK SAMPING MINUM AIR ALKALI ATAU MAKANAN BASA:

      Air Alkali mengandung Kalsium (Ca), Sodium (Na), Potasium/ kalium (K) dan magnesium (Mg). Penyakit yang akan terjadi bila terjadi penumpukan bahan-bahan ini:

      – Kelebihan Kalsium: Batu ginjal, Gangguan psikis
      – kelebihan Sodium : lesu, lemah, mudah tersinggung, rangsangan neuromuskular, dan edema. Bila parah bisa terjadi kejang dan koma.
      – Kelebihan Potasium/ kalium: malaise, jantung berdebar dan kelemahan otot
      – Kelebihan Magnesium: lemah, mual dan muntah, Gangguan napas/ depresi napas, Hipotensi, Hipokalsemia, Aritmia dan Asistol.

      Perhatikan data ini:

      “Acid HOCl (selalu hadir bahkan dalam larutan alkali hypochorite) sekarang dikenal untuk memicu sejumlah proses seluler yang terhubung dengan kanker, baik melalui induksi mutasi pada urutan DNA, atau dengan membuat perubahan epigenetik untuk basa DNA tertentu. Hal ini diketahui, misalnya bahwa HOCl mengarah pada pembentukan 5-chlorocytosine, yang diyakini untuk menekan beberapa gen yang biasanya bertindak untuk menghambat proliferasi sel dan pertumbuhan tumor. (C & EN, 2011/03/14, hal 40)

      Hal ini tentunya bukan untuk mengatakan bahwa “air terionisasi m

      Komentar oleh Andrew | Maret 1, 2015 | Balas

    • Kata spa skripsi cuma artikel2 yg d sambung2 . Skripsi jg harus ada penelitian . Apa anda pernah skripsi ? .
      Apa anda sudah pernah meneliti air kangen water? .
      jangan cuma pakai penelitian orang coba d teliti sendiri .
      Apa anda sudah mencoba kangen water dan merasakan efeknya ?
      Kalau anda belum mencoba jngan sekali2 berkata seperti itu . Coba dan teliti dulu .

      Komentar oleh rizal | Maret 6, 2015 | Balas

  30. Kalo ga salah sy pernah liat versi semprotan muka nya. Nah itu gimana pembahasannya kalau jadi semprotan muka?

    Komentar oleh fauzan | Maret 6, 2015 | Balas

  31. ini yg komen negatif, klo bukan yg jualan kangen water atau ga baca/ga ngerti dengan apa yg ditulis genghis khun.
    tulisannya kan cuma mengoreksi hal yg tidak sesuai… yg mungkin dicantumkan secara hiperbola oleh produse kangen water agar menarik pembeli. masyarakat kan jadi dibodohi, tanpa tahu fakta.
    apalagi yang komen negatif klo penulis tidak setuju dengan bagusnya air zam2…*ini beneran ga nyimak.
    penulis kan bilang, zam2 kaya akan kalsium, d.l.l. cuma sayang air zam2 yg diekspor itu banyak mengansung arsenic, ini emang fakta. mungkin zam2 yg dikemas dan diekspor bisa mengandung arsenik, atau mungkin sebenarnya yg dikemas bukan air zam2, siapa yang tau?
    klo masalah sugesti, itu masing2 orang. klo yang sugestinya kuat, air putih biasa pun bisa jadi obat.

    Komentar oleh suci | Maret 7, 2015 | Balas

    • betul sekali, banyak orang berkomentar tanpa paham betul maksud bacaanya …. terlalu semanget jualan tuuh , jadinya reaktif🙂

      Komentar oleh elsa | Mei 10, 2015 | Balas

      • Bener
        Terlalu semangat dan fanatik, jadi super sensi

        Komentar oleh chronojabez | Oktober 28, 2016

    • terus hubungan air kangen dengan proses pengemasan apa?? OOT menurut saya

      Komentar oleh Fulan | Mei 21, 2015 | Balas

    • Setuju pa

      Komentar oleh Zenal | Januari 31, 2016 | Balas

    • Haha.. Bener, klo kita mau membaca dengan obyektif, isi dr tulisan diatas lebih banyak bersifat informatif dan memberi kita kesempatan untuk menilai dari sisi yang lain.. Dan beberapa tanggapan yg keras sekaligus mengklaim bahwa penulis kalah saing dagang dan sebagainya sungguh menggelikan..😉

      Komentar oleh Danis | April 7, 2016 | Balas

      • iya , setuju Pak Danis🙂

        Komentar oleh eindah murniati | Mei 4, 2016

      • Setuju dengan Danis..

        Komentar oleh chronojabez | Oktober 28, 2016

    • Menurut anda mana yg lebih akurat ? Fakta apa teori…? faktanya orang yang sudah konsumsi kangen water sudah merasakan manfaatnya kok. Bgm lagi..? Jdi saya kasi tau…hidup tu berdasarkan pengalaman. Klo tdk pernah mengalaminya…ya mana tau benar apa tidaknya….

      Komentar oleh made | November 2, 2016 | Balas

  32. Kalo air zan zam berbahaya , harusnya orang2 arab saudi udah pada sakit dong ya..?

    Komentar oleh Randy Yanuar | Maret 8, 2015 | Balas

    • ente kagak nymak gan,, air zamzam yg dimaksud pak dokter itu air zamzam dalam kemasan.. kalo lgs diambil dari sumurnya udeh diteliti kadar arsenik nya masih rendah dari ambang batas. piye to?

      Komentar oleh Angga | Maret 9, 2015 | Balas

      • Ya salah sendiri penulis bawa2 kemasan ke topik ini.. Jelas2 Out Of Topic.. Jangan salahkan para responden apabila keliru jadinya.

        Komentar oleh Fulan | Mei 21, 2015

    • Baca yg teliti sblm komen

      Komentar oleh Mahluk | Maret 25, 2015 | Balas

    • bacanya pelan- pelan deeh … kalo salah nyimakkan komentarnya jadi ngaco juga ….🙂

      Komentar oleh elsa | Mei 10, 2015 | Balas

  33. klo kita coba searching di google, memang artikel pendukung air ini adalah dari perusahaan produsen nya, jadi memang ga independen..kebanyakan juga hanya testimoni dan bukan uji klinis, sayangnya artikel ini ditentang orang yang saya yakin penjaja kangen water ini…

    Komentar oleh muammar | Maret 10, 2015 | Balas

    • Jawaban luar biasa.
      Satu paham dgn sy.

      Komentar oleh Masdar | Maret 30, 2015 | Balas

    • Ya wajar, karena artikel penentang air kangen ini juga bukan uji klinis.. Wajar kalau ditentang juga.

      Komentar oleh Fulan | Mei 21, 2015 | Balas

  34. Tinggal di cek bos
    http://Www.enagic.com/technology_certificates.php

    Komentar oleh Nella | Maret 10, 2015 | Balas

  35. bagus banget artikel ini, ane sendiri ga percaya dengan selebaran kangen water yg ternyata isinya melebih lebihkan, dengan manfaat yg hiperbola dan harga yg luar biasa..KALO MAU ALKALI YG SEHAT! BANYAK2 MINUM SUSU!!!! jadi yg mau minuman sehat, simpan uang anda untuk beli susu segar, jus buah dan sayuran segar! itu saja

    Komentar oleh d0nd0ch4kk4 | Maret 12, 2015 | Balas

    • Harusnya anda baca buku hiromi shinya … coba simak pendapatnya ttg susu.

      Komentar oleh Dandy | Juli 3, 2015 | Balas

  36. Assalamualaikum wr wb.
    Izin komen ya, setiap hal pasti ada pro dan kontra. itu wajar” saja krn ALLAH SWT menciptakan secara berpasangan.
    teknologi diciptakan untuk memperbaiki hidup kita, kita harus mempelajari ilmu, tetapi jng sampai tergila dan dibutakan oleh ilmu duniawi.

    jujur saya juga minum air kangen. menurut saya bahasan diatas mungkin ada yg benar dan mungkin jg ada yg salah.
    Air ZAM-ZAM adalah ciptaan ALLAH SWT yang siapapun tidak bisa menandinginya, tapi bukan berarti kita tidak boleh berupaya untuk sedikit meniru khasiat air tersebut. Air ZAM-ZAM dikonsumsi oleh orang-orang yg sedang melaksanakan ibadah disana. Air tersebut tidak boleh di-komersil-kan.

    kita harus melihat sesuatu dari berbagai aspek, penilaian dari teknologi dg ilmu agama pastinya sangat jauh berbeda (tidak bisa disamakan).

    disini sy tidak pro ke air kangen dan tidak juga kontra dg air kangen.
    Intinya kita harus berupaya untuk mendapatkan kesehatan krn sesuatu harus dengan usaha. kalau ada alat kita bisa coba. kalau ada obat kita juga harus coba. kalaupun dengan kegiatan kita juga harus coba. semuanya dengan usaha untuk mendapatkan kesehatan.

    saya coba berpendapat mengenai keunggulan ari kangen dg menggunakan logika sendiri secara umum dan beberapa artikel yg saya lihat di internet :

    1. Penyeimbang PH
    kadar PH dalam tubuh berbeda-beda di tiap tempat didalam tubuh. dan tubuh akan menyesuaikan sendiri kondisi tersebut.
    Saat ini kebanyakan makanan yang kita konsumsi bersifat asam, jika lambung kita tingkat asam nya tinggi kemudian ditambah asupan yg bersifat asam tentunya kadar asam akan semakin tinggi (itulah yg menyebabkan naik asam lambung). dengan menambah basa memungkinkan untuk menurunkan kadar asam sehingga mencapai kondisi netral (kita perlu basa dlm jumlah banyak untuk menetralkan sedikit asam, dan sebaliknya). itulah kenapa kita disarankan minum air 3-4 liter sehari.
    intinya konsumsi air sesuai kondisi. itulah kenapa ada pilihan PH di mesin kangen. sesuaikan asupan basa nya.

    2. Detoksifikasi
    pada mesin ada pilihan strong kangen dan strong acid. bakteri yg jahat umumnya tidak tahan dg kondisi yg sangat asam. itulah sebabnya dianjurkan meminum air strong kangen sedikit saja, untuk melihat reaksi awal. kondisi tubuh kita berbeda”. mungkin ada yg bisa ngefek dan mungkin ada yang tidak ngefek (mungkin ini maksudnya therapi). intinya dicoba. jika sembuh alhamdulillah, jika tidak cobalah cari cara lain dan terus berusaha.

    3. Antioksidan
    kalau ini sy msh bingung jg karena mesti mendalam. coba sharing dengan orang yg memiliki pengetahuan dibidang kimia. tapi setau sy ada benarnya juga. karena setiap produk yg ada di pasaran umumnya mengatakan anti oksidan dimana mereka sdh meneliti caranya untuk menghilangkan atau mengurangi oksidan tersebut.

    4. Microcluster
    Mungkin diatas sudah benar bahwa kedepan mungkin kangen bisa dituntut krn menggunakan istilah microcluster.
    tp sampai saat ini yg punya paten blm mempermasalahkan istilah ini. mungkin kangen sdh meminta izin tp tidak secara tertulis. siapa yg tau…!
    poinnya adlh semakin kecil ukuran molekul semakin mudah masuk ke sel sel jaringan tubuh (logika)

    Mengenai izin BPPOM, setau saya kangen memang tidak ada izin BPPOM, kenapa…?
    krn yg dijual adalah mesin dan bukan air nya. itulah knp ada tulisan “digunakan untuk kalangan sendiri”.
    BPPOM mengawasi produk yang dijual ke pasaran, bukan pribadi.
    mungkin ada beberapa oknum yg memanfaatkan untuk menjual airnya utk alasan tertentu. maklum ini indonesia.

    Kesimpulannya :
    tidak ada salahnya mencoba. kalau cocok gunakan. jika tidak cocok jangan langsung mencela. karena ada juga yg cocok dan ad juga yg tidak. semua tergantung kondisi tubuh masing”. sampai saat ini blm ada yang meninggal karena alat ini. semuanya kita kembalikan ke YANG MAHA KUASA. jika dia berkehendak maka terjadilah. tapi sebelum mencoba hendaknya kita mencari tau terlebih dahulu. jng langsung percaya.
    bukan berarti dengan alat ini kemudian kita menjadi malas malasan utk menjaga pola hidup sehat. ingat… ini alat… sifatnya bisa membantu, mempermudah, mencegah.
    Alat ini dijual, jadi pasti ada unsur marketing dan wajar orang memunculkan hal” yg baik.
    sebagai pembeli kita juga harus cermat. pelajari dulu. ada baiknya mencoba.
    kalau dibilang alat ini mahal, trus BERAPA HARGA KESEHATAN KITA….?

    KALAU MAU SEHAT IKUTI POLA HIDUP SEHAT.

    Komentar oleh Rico | Maret 14, 2015 | Balas

    • H2O di ionisasi mesin menjadi OH- (bersifat asam) dan H+ (Jadi antioksidan, Bersifat basa, meningkatkan pH / potensial Hidrogen)… Metabolisme tubuh perlu Oksigen/O2 menghasilkan CO2 + energi + dll + O- ( disebut juga radikal bebas, penyebab beberapa penyakit, merusak sel tubuh)… Air alkaline yg mengandung H+ akan mengikat O- menjadi H2O… Semua tergantung pilihan Anda… Kita hanya bisa berusaha…

      Komentar oleh Jhonson Chandra | Maret 22, 2015 | Balas

    • Pa dokter ini ga jelek jelekan air zam zam, yg dibahas itu air zam zam yg dalam kemasan. Kalo air zam zam yg diminum ditempat itu memang istimewa, aduh baca dulu donk gan yg teliti

      Komentar oleh Zenal | Januari 31, 2016 | Balas

  37. Adakah di sini yang (setidaknya) lulusan S1 dari bidang sains? Kalau iya pasti tahu yang namanya jurnal penelitian (alias paper). Setiap penelitian yang benar pasti dapat dicari tahu dengan melihat paper-nya, dan dengan melihat di-publish di publisher mana kita juga bisa tahu seberapa bonafide artikel tersebut.

    Kalau anda bisa bahasa Inggris dan mengerti sains maka saya sarankan searching di Google Scholar, pertama dengan kata kunci Hiromi Shinya, lihatlah apakah beliau meneliti di bidang pengobatan kanker? Ataukah beliau meneliti Kangen Water ataupun alkaline water?
    http://scholar.google.co.id/scholar?start=0&q=hiromi+shinya&hl=en&as_sdt=0,5

    Kedua, cek di Google Scholar tentang Kangen Water, apakah ada hasil penelitian yang dapat ditelaah kebenarannya (untuk menghemat waktu, cek dulu publisher-nya, kalau publisher-nya sudah asal-asalan, tinggalkan!):
    http://scholar.google.co.id/scholar?hl=en&q=%22kangen+water%22&btnG=

    Kalau anda tidak mengerti bahasa Inggris dan sains, maka sebaiknya diam dan biarkan orang yang lebih mengerti berbicara. Dan jangan lupa bahwa manusia memiliki kemampuan memperbaiki diri yang luar biasa, sugesti memiliki peran yang luar biasa dalam proses penyembuhan. Inilah sebabnya kenapa standar emas dalam uji obat secara klinis ialah double-blind test.

    Salam,
    Radif

    Komentar oleh Muhammad Radifar | Maret 20, 2015 | Balas

    • Apakah anda tau bagaimana google scholar bekerja dlm collecting, summaryzing & analyze data? Jika tidak sebaiknya anda berhati2..

      Dan lebih baik diam juga.

      Komentar oleh Fulan | Mei 21, 2015 | Balas

  38. yang komen negatif atas artikel ini adalah orang2 yg gak baca (karena udah kadung beli alatnya, takut jualan nya gak laku ..)

    Komentar oleh yusuf | April 7, 2015 | Balas

    • sorry bro sy juga tidak punya alatnya tp sy sering beli itu air, knpa sy sering beli krna sy merasakan sendiri manfaatnya.memang yg memberi kesembuhan itu allah tp sy kan harus bersyareat, masa iya mentang2 sy sakit sy harus diem aja tampa usaha ingin menyembuhkannya. sy sakit maag dan sy sering banget tuh minum obat dr apotik tp ya gitu lah kaga mempan dan ahirnya gw nyoba itu air ya alhdllh ada perubahan dr yg awalnya sering mual klo masuk makanan tp setelah konsumsi abis 1 galon bro udh membaik kayaknya pnyakit maag gw.
      jdi intinya tergantung keyakinan kita lah

      Komentar oleh Jhon | Maret 15, 2016 | Balas

  39. trims atas artikelnya. Saya sejak awal tdk percaya air ini hebat sesuai iklannya. Betul …dalam kemasan air inii tdk tercantum kandungannya dan izin BPOM, bahkan sy meramalkan air ini akan hilang dengan sendirinya seperti merk “Oxy” atau merk “RO” yg nggk jelas sekarang ini, hanya nggk enak dengan teman yg sdh beli, konsumsi aja. Tapi biarlah waktu yg membuktikan …………..

    Komentar oleh firmanysah | April 13, 2015 | Balas

  40. ini aslinya tulisan siapa ya?
    pernah baca kayak gini di FB dari dokter siapalah..

    Komentar oleh saya | April 14, 2015 | Balas

  41. Jika untuk suatu bisnis (MLM), membeli kangen water adalah suatu yang wajar sebagai modal bisnis. Namun jika hanya dipakai untuk dipakai konsumsi sendiri maka mesin kangen water kemahalan, hal ini diulas oleh banyak orang di luar negeri. Mesin air alkali yang terkenal didunia yang mendapat sertifikasi dunia ( tanpa metode MLM) harganya berkisar 10 – 25 juta. Sedangkan mesin kangen water konon harganya 50 jutaan, harga mesin sebenarnya adalah dalam kisaran tersebut (10-25 juta) namun karena MLM maka harga mesin membengkak menjadi 50 jutaan. Saya pernah diterangkan oleh agen kangen water bahwa setiap orang yang membeli mesin dari kita mendapat sekian persen dari harga mesin dan atasan level kita juga mendapat sekian persennya, semakin tinggi level diatas kita akan mendapat semakin besar dari penjualan level bawahannya. Jadi sudah dapat ditebak bahwa harga mesin tersebut yang sebenarnya tidak semahal itu. Sebenarnya ada banyak mesin sejenis yang harganya jauh lebih murah dari mesin kangen water. Mungkin sudah banyak yang tahu tentang metode MLM, jadi sah sah saja jika seseorang itu membuat promosi untuk suatu bisnis (MLM) untuk produk unggulan mereka. Tidak heran ketika search di google indonesia tentang kangen water maka yang muncul adalah semua website tentang “promosi bisnis mereka”.

    Genghis Khun:
    Keterangan:
    Setelah menulis komentar ini beliau mendapat teror tidak enak, jadi supaya lebih aman namanya kami ganti anonym.
    Harap maklum

    Komentar oleh anonym | April 14, 2015 | Balas

    • Apa anda sudah berbisnis atau pernah berbisnis?

      Anda tahu apa itu MLM ?

      Apabila anda punya suatu usaha, anda perlu melakukan marketing untuk menunjang aktivitas penjualan (marketing tidak sama dengan sell/sales/penjualan-> marketing merupakan sebuah aktivitas produk dlm rangka menjangkau pasar, maka dari itu istilah market-ing.. Komponen penting nya yaitu 4P (Product, Price, Promotion, Place) yang sekarang sudah berkembang ke modern marketing (dpt dicari di berbagai referensi)

      MLM hanyalah salah satu metode dlm aktivitas pemasaran..
      Apabila usaha lain tidak menggunakan MLM dalam kegiatan pemasarannya, tentunya pasti menggunakan model lain.

      Dan apabila diimplementasi dgn tepat, prinsipnya marketing akan menunjang revenue.. Semakin besar cost marketing semakin besar revenue stream nya. Itu adalah sebuah pemasaran yg efektif.

      Balik ke statement anda, anda berfikir bahwa ada product seperti mesin kangen water yg lebih murah karena bukan MLM? Saya tdk sependapat, karena untuk meraih market yg serupa (internasional) mereka tentu harus menyiapkan cost yg lebih besar untuk biaya pemasaran (target market: dunia) minimal harus sudah ter-broadcast di siaran tv internasional atau sudah exist di situs media sosial (dgn premium account/user).

      Coba fikir dan hitung baik2, marketing by Media dan WOM (Word of Mouth),. Itu hanya sebuah pilihan dalam berbisnis.. Keduanya bisa jadi efektif, dan keduanya butuh BIAYA.

      Jadi lebih hati2 dalam judgment anda terhadap MLM….

      Terima kasih

      Komentar oleh Fulan | Mei 21, 2015 | Balas

      • Kalau yg ini saya setuju … malah pendapat sy model marketing yg tidak menggunakan MLM bisa menelan cost yg jauh lebih besar. Tapi kenapa produk yg dijual bisa lebih murah ? Karena memang kelasnya cuma di situ soalnya kalau mau nurutin 7 keping plat padat yg ada di dalam Leveluk SD501 … gak sanggup.

        Komentar oleh Dandy | Juli 3, 2015

  42. Gan dateng aja ke bekasi utara . alamatnya : komplek taman elok, letaknya didekat danau marakas gan, kalo tau pondok ungu deket pabrik aqua naek angkot k 10 sektor 5.kalao anda ilmuan, peneliti, dokter coba deh ke situ ada orang terkena kangker payudara terus beliau mengkonsumsi air kangen water kebetulan aja dia sembuh padahal kondisinya sudah sangat memprihatinkan pada waktu itu.
    kebetulan gan jangan emosi dulu… tanya aja ke pak rt atau rw komplek tersebut.

    trus ada juga satpam komplek taman elok yg terkena struk gak bisa bangun, terus kebetulan juga sembuh setelah sebulan meminum air kangen water masih dikomplek tersebut, ya sekali lagi kebetulan ane orang awam gak gerti. coba ke sana tanya interview orang yg bersangkutan, .

    trus masih dikomplek yang sama taman elok bekasi utara deket danau marakas, ada ibu2 yang terkena diabetes sudah mau dioprasi dan mau jual mobilnya 100 juta untuk oprasi mata karna sebelah matanya gak bisa melihat gara2 diabetes.

    kata dokternya harus dioprasi tiba2 sembuh juga pas menkonsumsi air tersebut.bisa melihat lagi, nah itu interview juga dokternya sekalian. sekali lagi kebetulan gan jgn emosi. dan kebetulan saya sering main kesana beberapa bulan terakhir ya ada keperluan.

    saya cerita apa adanya gak ditambah tambah gak dikurang kurang dateng aja kesana. klo memang baik ya baik klo memang buruk ya buruk. Coba agan2 sakit gak punya duit sebanyak itu kangker,struk,diabet. Kasian kan orang2 yg sakit nih ngeliat artikel yg beginian.apa lagi satpam pas waktu struk gak bisa bangun.

    ya jangan menghakimi sswatu karna tuhan aja tidak menghakimi orang-orang yg sakit.semoga artikel ini bermanfaat amin….sekalian teliti gan sembuhnya karna apa ya, air kangen apa karna apa ya? ya saya belom nyobain air kangen katanya kaya air putih biasa. tpi harganya lumayan selangit, tpi dibanding di kemoterapi malah kadang di kemo meninggal meninggal juga katanya. klo dikemo masih meninggal kenapa tuh gan? takdir kali ya namanya umur sapa yg tau.

    Genghis Khun:
    Salam Kenal Pak/ Bu Kurnia
    Komentar anda saya pisah2 mjd paragraf agar enak dibaca.

    Testimoni2 mengenai kanker payudara, struk (stroke), diabetes banyak ditemukan dimana2 tetapi dari sisi medis, testimoni/ pengakuan sepihak tidak bisa dijadikan acuan walaupun bisa jadi benar bahwa zat tersebut (air alkali, jamu, kotoran, kencing dll) bermanfaat.

    Di dunia kedokteran yg dipakai adalah zat yg sudah melalui UJI KLINIS. Nah masalahnya biaya utk uji klinis ini mahal atau sengaja tidak dilakukan. Akhirnya kita sampai saat ini belum pernah mendengar adanya uji klinis mengenai obat2 tradisional atau pengobatan cara nabi. Padahal bs jadi SANGAT BERKHASIAT.

    Btw, Di artikel ini yg disoroti adalah ketidak sesuaian antara informasi mengenai pH tubuh dengan teori2 yg dipelajari di kedokteran🙂

    Tks atas komentarnya🙂

    Komentar oleh Kurnia | April 17, 2015 | Balas

    • Genghis Khun yth,
      saya minta izin sejenak untuk bertatap kata. saya sedang mencari perihal air alkali, lalu mesin pencari mengarahkan pada halaman tulisan anda. semula saya tak hendak berkomen apapun. Sampai pada kalimat:

      “Akhirnya kita sampai saat ini belum pernah mendengar adanya uji klinis mengenai obat2 tradisional atau pengobatan cara nabi”. Pernyataan anda meletakkan pengobatan cara Nabi di bawah dunia kedokteran yang uji klinis.

      Saya agak kaget, apa kaitannya pengobatan cara Nabi dg bahasan air alkali di atas, ataupun dengan dunia kedokteran? Air Zam-zam memang masuk dalam domain pengobatan cara Nabi. Digunakan bagi yang meyakini dan ingin mengikuti Sunnah Nabi.
      Dan tak harus uji klinis. Air zam-zam bukanlah ranahnya ilmu medis. keculai kalau mau dipaksakan. Tapi, kalau uji teknis terkait reaksi tempat kemasan, misalnya yg berbahan plastis, masa simpan dll itu silakan untuk tujuan kemanan. itu malah dianjurkan. Karna memang sunnahnya packing air zam-zam tidak dg botol plastik, pp, pvc, pe, hdpe. Juga belum ditemukan Sunnah penyimpanan zam-zam dalam waktu yg lama. Sebab bertolak belakang dg Sunnah Nabi sendiri tentang anjuran segra berbagi.
      Apakah anda memang betul-2 ingin menguji pengobatan cara Nabi? ketahuilah, caranya bukanlah dengan uji klinis. Segala domain yang terhubung dengan kenabian, ada cara tersendiri untuk menguji validitasnya. Bukan dg cara medis. Tidak pula dg perdebatan2 apalagi prasangka sepihak, jika mau anda dapat langsung memulainya dg berta ‘awus dan basmalah. Sila kaji parameter2 terkait

      Akhirnya saya merasa, sebetulnya anda sedang tidak nyaman dg air kanggen, kemudian lantas juga melibas pengobatan cara Nabi. Begitukah?
      Jika sempat anda tahu, masyarakat umum seperti saya masih menitip harapan pada orang terpelajar untuk dapat bersikap baik dan tidak memandang rendah pada Sunnah Nabi.

      jika saya baca sekilas (maaf saya tak tahu mau panggil dg seks lelaki, pak/ perempuan, bu) beruntung Anda menjadi orang pintar. anda diberi anugrah untuk merespon berbagai tanggapan dari kumpulan artikel yang anda kemas. anda termasuk diantara sedikit sekali (tukang obat modern?) yang dapat berkomunikasi dg baik dan pintar. (tukang obat modern?, saya ketakutan menyebut sebuah predikat yg mungkin bisa dicari-2 pointnya unt dipermasalahkan)

      Biasanya jika kami sbg masyarakat menjadi pasien dlm sebuah rawatan/pemeriksaan/pegobatan, “lazim” (tidak berarti selalu) mengahadapi tenaga kesehatan (modern?) itu adalah sst yg ahistoris, tempramen, absurd, kontradiktif, arogan, bahkan ‘kadang’ memarahi & merendahkan pengantar rezkinya (pasien!), dll sbg nya. Terkecuali di kls VIP. sekali lagi saya tersentak membaca cara anda berkomunikasi. pintar dan tidak sombong. Harus diakui ini luar biasa.

      berangkat dari komentar anda di atas saya akhirnya jadi turut bicara pula.
      Terkait kisruh air kanggen, barangkali yang anda tuntut adalah data uji klinis thd air alkali sehingga dapat dijadikan acuan dlm dunia kesehatan ‘medis’ serta informasi mengenai pH tubuh dengan teori2 yg sesuai dg yg anda dipelajari. Apakah betul begitu? Suatu saat, ini memang bisa diperlukan dan cukup berguna dlm menghilangkan keragu-raguan.

      Anda pintar pada kalimat

      “pengakuan sepihak tak bisa dijadikan acuan”.

      Akal sehat menerima kalimat ini secara mutlak. Bukankah begitu pula yang semestinya berlaku ? jika istiqomah / konsisten dg kalimat diatas, satu pihak sisi medis saja tentunya tak dapat dijadikan tumpuan / harapan dunia kesehatan, begitu bukan?

      Tanggapan anda berikutnya :
      (Di dunia kedokteran yg dipakai adalah zat yg sudah melalui UJI KLINIS). Tentu. Sekali lagi saya puji anda pintar. ya tentunya mesti begitu. tapi mestikah dalam dunia kesehatan hanya boleh satu dunia kedokteran saja yg ada?

      Dalam hal penelitian, Anda tentunya faham sekali, metoda penelitian itu tidak hanya kuantitatif. Atau apakah kiranya menurut anda penelitian kualitatif sudah tak berguna lagi sejak dunia kedokteran mulai merasakan dirinya maju?

      Dunia kan sesuatu yang tetap sekaligus terus berubah. Karena itu, memaksakan satu cara terhadap cara lain yang berbeda adalah sikap dan paradigma yang absurd. Apa bukan begitu? sila diajarkan saya jika keliru.
      Saya ceritakan pada anda sedikit cara pandang lain di luar fakultas kedokteran, cara pandang ini sudah tumbuh dan berkembang dari semenjak fakultas kedokteran belum difikirkan orang, saaaampai sekarang.
      Al-Qiyaasu bil Faariq Baatil ! Maknanya, membandingkan 2 hal yg berbeda adalah batal demi ilmu & hukum alam. Contoh saja, Ayam tak dapat dibandingkan dg sapi. Baik dalam hal bulu, daging, pakan, ukuran fisik apalagi suaranya.
      Pelajaran di kedokteran tentunya tidak serta merta menjadi KUNCI INGGRIS yang dapat membuka & menyelesaikan semua masalah kesehatan. Di bangku kuliah tentunya teori2 itu perlu dan memang menjadi dasarnya. Namun, setelah keluar ke dunia nyata, bukankah ribuan kali keluar pengakuan tenaga kesehatan (modern?) bahwa penyakit eks tak diketahui penyebabnya, akan tetapi diagnosa terus cepat ditegakkan (yang kadang entah atas dasar apa) malah senantiasa diresepkan dan dilakukan tindakan. Katanya preventif. Dari apa? Kok bisa? Apakah semua alur penanganan spt ini merupakan cara tepat dalam mengaplikasikan teori bangku kuliah dahulu? Hal ini menunjukkan bahwa, jangan paksakan satu cara pandang saja untuk semua hal. Dalam dunia teori, mengatakan “tidak tahu” itu bukanlah perkara terlarang. Bahkan dalam dunia Islam (agama saya) menyatakan kalimat “La Adri= saya tidak tahu” tidaklah di anggap tidak ilmiah. Entah kalau dalam dunia kedokteran.
      Kalau kita bicara melibatkan hati yang jujur, banyak kok, persoalan kesehatan yang tak dapat diselesaikan tuntas dunia kedokteran walaupun didukung segerobak peralatan (kalimat saya tidak unt generalisir ya), sebagian contoh pada kasus gangguan / penyakit jiwa, autis, asma, skoliosis, pembengkakan limpa, dll. Dari ujung rambut sampai ampu kaki kalau dibuat daftarnya jadi banyak. Akan tetapi alhamdulillah “terbantu” penyelesaiannya dalam dunia kesehatan lain. malah dengan jalan yang ringkas bukan jalan pintas. Walaupun tidak sempat menunjukkan data-2 secara kuantitatif. Karena orang ketika sakit kadang tak peduli melihat modul / pedoman angka2 kesehatan lagi, yang penting sehat. sama seperti tenaga kesehatan eks lulusan bangku kedokteran ketika menangani suatu kasus rumit, kebingungan harus bertindak apa dan bagaimana. Kadang juga tak sempat memastikan penangan ini di modul halaman berapa dan masuk mata kuliah mana (yang ini saya dapat dari pengakuan beliau2 sendiri).

      Sampai di sini apakah kita bisa sepemahaman? Jika saya lanjut, khawatirnya anda merasa saya arogan. Insya Allah tidak. Sebab bahasa tulisan saya tak dapat menggambarkan suasana hati saya yg sebenarnya pada anda. Saya mohon maaf, karna anda telah mendahului memberikan fikiran secara terbuka mungkin anda bermaksud memberikan sumbangsih fikiran baik pada orang umum. di tulisan ini maksud saya hanya sekedar bertukar fikiran. bagi siapa saja yg membaca, kalau tidak suka sila ditukarkan lagi pada saya. Reject itu biasa. Tapi jgn cobakan di apotik apalagi pada tukang resepnya.

      akan tetapi kalimat anda (Btw, Di artikel ini yg disoroti adalah ketidak sesuaian antara informasi mengenai pH tubuh dengan teori2 yg dipelajari di kedokteran), ini hal yang mencerdaskan. Semoga menjadi amal baik dari ilmu anda yg bermanfaat.
      _Dunia bisnis memang kerap kali membiasakan penipuan_. Termasuklah di dalamnya dunia kesehatan, karena mau tak mau porsi besarnya dunia kesehatan adalah bisnis murni. Walaupun ketika mengarah kesini, sebagian orang langsung pura-pura tak tahu / lupa. Sila dibaca berulang-2 kalimat yg pakai _ (underscore) bagi yg minat. Sambil nyeruput kopi barangkali jadi nikmat.

      Sesuai etika agama saya Islam, manusia yg baik dan hatinya konek dg Allah itu sebaiknya saling memberi nasehat dlm kebaikan, kebenaran dan kasih sayang dan tidak nyerempet ke mana-mana.

      Saya mohon maaf pada Genghis Khun yth jika ada redaksi kata yang tidak indah dan menenangkan, agar tulisan ini tak menyumbang dosa dalam catatan amal saya nanti.
      Mohon dimaafkan saya

      Genghis Khun:
      Salam Kenal Pak Ridho
      Komentar saya mengenai pengobatan Nabi lengkapnya sbb:

      “Akhirnya kita sampai saat ini belum pernah mendengar adanya uji klinis mengenai obat2 tradisional atau pengobatan cara nabi. Padahal bs jadi SANGAT BERKHASIAT.” (perhatikan penekanannya saya beri huruf besar dan sekarang saya bold)

      Maksud kalimat tsb adalah saya menyayangkan belum adanya uji klinis mengenai pengobatan Nabi krn itu menjadi “pintu masuk” utk memasuki dunia kedokteran yg tak cuma dokter muslim di dalamnya.

      Kondisi ini berbeda dg Ilmu akupuntur dr china yg secara teori sangat bertentangan dg kedokteran dasar tetapi sdh diajarkan di kedokteran.
      Saat ini Akupunctur menjadi disiplin ilmu khusus, krn sdh menjalani uji klinis dg hasil bermakna
      Semoga maksud saya bs dipahami…
      tks atas komentarnya

      Komentar oleh Ridho | Mei 3, 2015 | Balas

      • jika anda benar2 percaya akan self healing maka anda akan menemukan cara penyembuhan diri anda jika anda percaya bahwa air itu sebagai media penyembuh anda maka yakinlah jangankan air jika melalu media pasir tubuh anda bisa lebih sembuh maka apa yg anda sugetikan akan berbuah pd keinginan anda tp tetap saja tuhan yg berkuasa sehingga tidak perlu terlalu gembar gembor seperti ini dan memojokan kangen water sblm anda mencoba dan merasakannya, catat bagi sy akan lbh naik lg jika hsail uji ini anda sodorkan kembali utk diteliti shg anda tdk hny koar2 ngomong dlm situs dunia maya.🙂 jika dlm mainsheet anda bepikiran positif maka energi yg akan keluar adl positif spt konsumen saya penderita kanker darah stadium akhir dan kondisinya skrg sehat krn rutin mengkonsumsi kangen water itu adl self healing dr konsumen sy yg menginginkan kesembuhan dan menggunakan kangen water sbg penghantarnya semua sllu beliau sertakan sllu dengan doa dan keyakinan anda maka jika semua mjd negatif ya energi yg keluar dr doa anda dan harapan anda akan negatif juga dampaknya🙂

        Komentar oleh Made Titis | Mei 28, 2015

      • Yth, pak Ridho..

        Saya sependapat dengan anda. Anda cerdas dan bijak

        Komentar oleh Umi | Juni 23, 2016

      • Wah, pak ridho, komentarnya sudah dibalas dengan sopan. Titik poin masalah yang mengundang Anda untuk berkomentar panjang lebar sudah dijelaskan malah tambah arogan tanggapannya. Seharusnya ada permintaan maaf dari Anda karena kurang teliti dalam memahami isi artikelnya.

        Komentar oleh Althaf Musyaffa | Agustus 22, 2016

  43. Saya setelah minum kangen water 2 hari, hasilnya 2 hari diare, akhirnya saya stop minum. Sehari boleh dibilang lebih dari 10 kali kebelakang. Apakah ini pengaruh positip atau negatif kah. Maklum baru perkenalan dengan produk kangen water langsung coba. Karena udah lemes dibadan kebanyakan diare langsung saya minum obat Diapet. Akhirnya saya berhenti mengkonsumsi. Baca artikel Genghis Khun kok saya jadi ragu juga dengan kangen water. Memang perlu juga kita baca yang kontra kangen water sebagai tambahan literatur. Thank’s

    Komentar oleh YUTAKA YOOYOK SAPUTRA | April 26, 2015 | Balas

    • saya minum 10 botol kangen water tubuh saya meriang tp sy hajar terus dan sy skrg bebasdr obat2an dan infus itu krn sy percaya bahawa tuhan menciptakan penyakit beserta obatnya … mengapa anda diare konsumen sy sempat diare krn bahan baku dalam pembuatannya adl AIR PAM dan bukan air kawalitas bagus yg jls2 air pam memiliki bakteri ecoli jika air bakunya bagus maka rasa air jg sgt ringan dan tidak enak utk diminum … saya produsen kangen water dan blm prnh ada sdkt pun konsumen sy yg merasakan hal2 yg anda alami mereka rata2 mengatakan tubuh mereka fit dan kadar gula darahnya serta tekanan darahnya mjd stabil .. mmg kadang jg ada yg badung utk menggunakan air, sy prnh menemukan bbrp produsen mereka menampung air kangen itu dlm wadah ember yg besar trus terang ini jg akan menyebabkan penurunan kadar TDH mungkin ph akan tetap ttp tdh dan antioksidannya akan menurun🙂

      Komentar oleh Made Titis | Mei 28, 2015 | Balas

      • Masalah yg saya temukan, distributor mesin ini mengklaim mesinnya berfungsi sebagai water filter. Jadi banyak yg terjebak langsung memasangnya dengan suplai dari air PAM.

        Ini kembali soal JUJUR vs JUAL

        Komentar oleh chronojabez | Oktober 28, 2016

  44. yang meminum air alkali baik itu kangen water, milagros dll. coba anda cek sendiri pH nya apakah benar basa?. beli kertas lakmus dan cek sendiri. minuman alkali makin lama terbuka akan makin asam. baru di buka saja pH nya sudah tidak basa. air zam zam bukan sebagai penyembuh, yang menyembuhkan adalah Allah. org yg mengikuti sunnah Rasul dengan ikhlas dan niat ingin sembuh akan disembuhkan oleh Allah. bukan krn air zam zam nya tp karna amalannya. jika anda percaya air bisa menyembuhkan penyakit hati@ menjadi syirik

    Komentar oleh aisyah | Mei 5, 2015 | Balas

    • Ada yg namanya ph tseter hasilnya lbh akurat dr pd kertas lakmus.. media air sbg penyembuh tetap mmg yg berkuasa tuhan jika anda percaya bahawa air itu sebagai penghantar kesembuhan anda maka dengan keyakinan anda apapun itu kalo menshet anda yakin anda akan merasakan manfaatnya jd tidak hy mendiskriditkan satu sisi atas nama kangen water saja spt artikel ini … jika anda percaya dengan self healing maka anda dapat sembuh dengan mempositifkan segala pikiran2 anda maka energi anda akan positif dan seimbang dan anda mendaptkan self healing anda scr anda sadari🙂 salam kangen water

      Komentar oleh Made Titis | Mei 28, 2015 | Balas

  45. sebaiknya JANGAN baca komen saya
    postingan Genghis Khun ini memperlihatkan (sedikitnya) adalah keberhasilan pola marketing Kangen Water.
    Di Sini tidak ada satupun yang membahas ilmiah hanya “kata si fulan.. kata si fulan..”.
    semua hanya pepesan kosong..🙂
    ada yang ngeyel air ini bagus, ada yg titip testimoni, ada yg sok ilmiah padahal ngutip doank..
    hal yang baik sekalipun jika berlebihan akan menjadi tidak bagus..
    minum saja secukupnya, karena efek placebo dan sugesti itu lebih bermanfaat bagi Anda semua dari pada komentar seperti koment saya yang tidak berguna dan buang-buang waktu ini.. hahaha..
    yang minum dan merasakan khasiatnya jangan lupa bersyukur,
    yang minum dan belum merasakan khasiatnya jangan terlalu penasaran,
    yang minum dan malah sakit-sakitan jangan kecewa.

    itu..

    Genghis Khun:
    Salam Kenal Pak FAdhlan🙂

    Komentar oleh Fadhlan Khadafi | Mei 11, 2015 | Balas

  46. Terima kasih atas postingannya.
    Saya juga bukan tipe orang yg mudah percaya dengan promosi produk2 untuk kesehatan. Apalagi saya sensitif dengan rasa air minum. Makanya pas nyoba minum kangen water dan rasanya ga enak (agak pahit) , saya makin ragu. Lalu saya searching dan memenemukan post ini.

    Komentar oleh tiwi | Mei 15, 2015 | Balas

  47. Sedikit menambahkan juga. Saya dapat ini dari post lain.
    “Adalah kesalahpahaman yang umum bahwa air alkali merupakan kunci untuk kesehatan yang sempurna, apalagi klaim tentang manfaat kesehatan, atau keselamatan setelah meminum air ini tidak didukung oleh bukti kredibel yang cukup. Pemasar licik mengandalkan testimonial pribadi dan studi pseudo-science untuk mempromosikan air alkali sebagai antioksidan kuat yang bisa mencegah atau membalikkan banyak penyakit degeneratif, termasuk kanker dan radang sendi, meningkatkan tingkat energi dan metabolisme, serta memperlambat proses penuaan. Sama sekali tidak ada bukti ilmiah bahwa setiap klaim ini benar.” (http://m.kompasiana.com/post/read/580778/2/hentikan-perdebatan-tentang-ph-air.html)

    Kalau memang ingin sembuh alami tanpa obat sih, paling manjur ya perbaiki pola hidup aja🙂 rajin olah raga, pola makan teratur, istirahat cukup, samadan jangan lupa berdoa.

    Komentar oleh tiwi | Mei 15, 2015 | Balas

    • Setuju sekali dengan tiwi

      Komentar oleh chronojabez | Oktober 28, 2016 | Balas

  48. Kangenwater kan Direct Selling, sudah menjadi hal lumrah kadang2 sales agak lebay dalam menawarkan produknya. Setiap orangkan berbeda untuk urusan product knowledge. Saya pernah ketemu dengan orang Indonesia yang sudah bertemu dengan pemilik dan penemu Enagic Hironari Oshiro… ketika dia bertanya bagaimana cara terbaik mengajak orang untuk mengkonsumsi kangenwater dia cuma bilang “Minum air ini setiap hari dan rasakan perbedaanya”

    Pada dasarnya Enagic tidak menjual air, yang mereka jual adalah mesinnya. Mereka ingin ada mesin Enagic di setiap rumah. Orang Indonesia kreatif.. mereka mengemas dan menjualnya padahal maksudnya adalah mereka menyediakan kangenwater untuk mereka yang belum mampu beli mesinnya. jadi Idenya kangenwater itu minum langsung dari mesinnya dalam keadaan fresh.

    Banyak yg belum tahu kalau PH nya kangenwater akan menjadi normal (7) dalam 1-2 minggu, anti oxidant akan berkurang drastis dalam 18-24 jam, micromolecule akan kembali normal dalam 1-3 bulan.

    Juga apakah mereka tahu kalau sebaiknya menjaga jarak waktu antara makan dan minum kangenwater 1 jam sebelum atau sesudah. karena saat makan tubuh perlu kondisi asam untuk mencerna makanan, memang tubuh ini punya mekanisme untuk menyesuaikan kondisi ph nya sendiri tapi alangkah baiknya kalau kita meringankan kerja tubuh ini dengan mengkonsumsi makanan minuman secara benar.

    Bagi pemula disarankan meminum kangenwater secara bertahap, mulai pH 8,5 selama seminggu, kemudian naikkan ke pH9 dst.. Karena tubuh butuh penyesuaian… Mungkin ini yg membuat pak Dokter diare ketika mencoba minum kangenwater…

    Apapun itu pasti ada maksud dan tujuan Tuhan menciptakan Air zamzam dan air-air “Suci” dari belahan dunia lainnya dalam keadalam alkali…

    Kemarin saya bertemu teman yang sudah closing penjualan Mesin Kangenwater ke seorang Dokter, dia tidak cerita banyak ke dokter tsb karena pengetahuannya pasti lebih banyak dia hanya kasih sample kangenwater untuk di pasiennya yg mengidap diabetes cukup lama… Seminggu kemudian dokter tsb Tlp dan bilang …”Saya mau beli mesinnya”

    Genghis Khun:
    Salam Kenal Pak/ Bu Thamsil

    Infonya sangat menarik;
    “PH nya kangenwater akan menjadi normal (7) dalam 1-2 minggu, anti oxidant akan berkurang drastis dalam 18-24 jam, micromolecule akan kembali normal dalam 1-3 bulan.”

    Yg disorot disini juga mengenai pengemasannya yg ternyata bermasalah.

    Kalau uji klinis sdh ada (misalnya manfaat utk penyembuhan DM), Saya sangat mendukung pendirian perusahaan air minum alkali di Indonesia berijin POM dengan standar mutu kemasan yg juga mencantumkan expired 1-2 minggu..

    Saat ini yg beredar adalah jerigen/ galon ditempeli sticker sendiri bertuliskan “Untuk kalangan Sendiri”,tanpa ijin POM, tanpa tulisan expired date dan entah sudah menumpuk berapa lama…

    Komentar oleh Thamsil | Mei 15, 2015 | Balas

    • kangen water bukanlah obat yg scr bin salabin langsung menyembuhkan anda apa tdk tau ttg self healing? bhw tubuh manusia bisa menyembuhkan sendiri tanpa di bantu dengan obat2an .. dan apakah anda sblm membuat artikel ini berapakah ph tubuh manusia normalnya?yg pasti 75%nya adl cairan dan 25%nya adl organtubuh dan normalnya ph tubuh manusia adl 7,35 s/d 7,45 krn berbagai faktor bisa menyebabkan asam diantaranya makanan2an yg bnyk mengandung berbagai macam rekayasa hormon atw jangfood makan siap saji yg bisa berdampak pd kesehatan. dan berhati2lah jg dg memilih air yg baik. untuk kalangan sendiri pengguna kangen water ya utk anda yg kontra sih ga masalah tidak merasakan manfaatnya🙂 pengemasannya pun beraneka ragam utk berbagi manfaatnya.. jgn trllu mendiskriditkan sesuatu berdasarkan asumsi anda sudahkah anda ajukan asumsi itu utk diteliti lbh lanjut spy tdk memojokan satu pihak atas nama KANGEN WATER saja itu menurut saya🙂

      Komentar oleh Made Titis | Mei 28, 2015 | Balas

      • mas boleh main ke stasion kangen water saya di bekasi anda bisa melihat cara pengemasan dan air bahan baku kangen water saya … kalo anda berminat nanti akan sy kirimkan alamat kantor saya di bekasi anda langsung bisa melihat pengemasan dan pembuatan kangen water yg anda sanksikan, apakah spt yg anda sanksikan atw mmg maisheet anda yg kontra jd berubah nanti akan sy berikan anda sofenir kangen water. kadang org mpy menyangsikan kangen water sy sering berikan mrk yg mencoba mengatakan apa yg mrk rasakan. tp bnyk jg produsen tertentu yg ngawur dg menggunakan bahan baku, krn kwalitas air bergantung pd bahan baku airnya bukan kpd mesin yg digunakan …

        Komentar oleh Made Titis | Mei 28, 2015

    • Kan yg dijual oleh perusahaan mesinnya pak dok, bukan airnya. Persoalan mau jual airnya yah terserah pemilik mesin makanya tertera dijual utk kalangan sendiri, yah yg mau saja yg konsumsi airnya. Apalagi ada PH tester utk mengetes kadar alkaline air. Jd aman dr unsur tipu2. Klo tentang BPOM itu dimesin pak dok. Org klo mau sehat tdk mutlak mesti konsumsi kangen water asal dgn syarat rajin makan2 berserat, buah2an yg mngdung anti oksidant, sering berolahraga dan banyak minum air (yg sehat). Apa iya semua org bgt pola hidupnya, kan tdk. Meski kt berkoar2 suruh org berpola hidup sehat, g akan bs mempan. Olehx itu org2 akan terbantu dgn air alkali ini (apapun merekx). Trus Pembodohannya ttg air ini dimana? Tgl expire atau ijin dinkes yg tdk ada? Lagian nnt ada yg pesan baru diproduksi airx spy tdk terlalu lama disimpan, masa iya ada pembeli yg sudah beli air trus dia lupa/gak minum2 dia cm mau simpan aja smp 2 bulan, rugi dong dia beli airnya. Persoalan BPOM nya, silahkan dicek dit4 asal airnya, klo dr (instalasi galon atau PAM) pst dites dl pk PH tester airnya PHnya 7 atau malah dibwh 7. Gitu pk dokter. Pst pak dokter blm tau ttg itu kan? Hahahaha

      Komentar oleh ray | Juni 1, 2015 | Balas

      • mantapppp, ini yg nulis artikel makan Sabun aja, sini gw kirimin air kangen water, biar lo rasain sendiri perbedaannya sebelum sama sesudah konsumsi, klo lo malah jadi sakit ntar gw yg biayain lo berobat ke mana aja..

        Komentar oleh godittt | Juni 6, 2015

  49. Banyak inkonsistensi dalam argumen.. Dalah satunya ;

    “Informasi yang benar sbb:
    “Kemampuan homeostasis bisa berkurang sesuai makin menurunnya usia tetapi masih dalam batas Normal”

    Tetapi kemudian:

    “Katakan tidak untuk air alkali, itu adalah penipuan. Tubuh Anda dirancang untuk menyesuaikan dirinya dengan keseimbangan pH yang optimal; tidak peduli apa yang Anda makan. Misalnya, setelah air alkali tersebut masuk dalam perut Anda, tubuh Anda akan menghasilkan asam dalam jumlah besar untuk menetralisir itu.“

    Anda bicara ttg penuaan yang menyebabkan penurunan fungsi keseimbangan kondisi tubuh (dlm hal ini homeostatis) akibat penuaan.. Kemudian di akhir anda menyebutkan bahwa fungsi tubuh dirancang utk menyeimbangkan pH..
    Lantas bagaimana fungsi tubuh dalam menyeimbangkan pH tersebut seiring menua nya usia? Apa yg terjadi pada tubuh ketika terjadi penuaan…

    Saran saya sebaiknya anda sebelum mempubikasikan artikel ini, pelajari lebih lanjut ttg ilmu geriatri dan fisiologi dasar (karena bahasan ttg homeostatis cukup rinci dlm ilmu fisiologi) , serta perdalamlah pembahasan sampai ke tingkat sel, bagaimana bentuk dan struktur sel, bagaimana mekanisme sel bekerja, transport molekul pada sel, metabolisme, apa yg sel butuhkan, bagaimana kerja potensial membran.. Barulah anda berhak untuk berkomentar dan memberi penjelasan ke orang lain, sehingga tidak menyesatkan nantinya.
    Apabila anda malas, anda bisa bertanya kepada dokter disekitar anda yg faham betul sampai ke tingkat sel dan mau berbagi.

    Dengan anda bisa membaca dan browsing, bukan berarti anda menguasai betul ttg suatu materi.. Bahkan anda belum pernah melakukan praktik, atau verifikasi & validasi ttg apa yg anda sampaikan bukan?

    Sekian & terima kasih

    Komentar oleh Fulan | Mei 21, 2015 | Balas

  50. disaat semua org memperdebatkan air alkaine kok tubuh sy semakin sehat dan penyakit magh saya semakin lama semakin jarang nyeri … pd meminum obat2an yg justru hny akan memperpah penyakit obat lambung pun bisa mempertipis lambung.. ada kalanya anda hrs tau ada 3 hal tau krn mmg anda tahu. tahu krn mmg anda merasa tau dr satu sumber dan ketiga anda tahu ketika anda melakukan uji klinis dan melakukan uji sampel air alkaline tsb dan hasil coba anda mendapatkan pengakuan riset dr berbagai pihak bukan hny asumsi dan tafsiran anda semata … slm PORODUSEN KANGEN WATER BEKASI BARAT

    Komentar oleh Made Titis | Mei 28, 2015 | Balas

  51. jika anda percaya dengan air zamzam ingat pesan saya produsen air zamzam pun skrg bnyk yg dipalsukan, jgn membanggakan suatu produk tp anda sbg penulis jg tersesat dengan asumsi anda sendiri .. saya sarankan utk anda yg menulis artikel ini jgn cepat2 mengambil kesimpulan atas asumsi anda krn sy yakin tidak semua pikiran orang sama dg pikiran anda .. semakin di jatuhkan kami semakin membantu konsumen yg membutuhkan kangen water semakin tinggi angin yg menerpa maka semakin bnyk asumsi2 yg akan berkembang shg tdk hny asumsi anda yg seolah2 anda prnh tdk mdptkan hasil pemakian atw anda menjual produk kemasan serupa tp kalah bersaing di pasaran🙂 salam damai MADE TITIS

    Komentar oleh Made Titis | Mei 28, 2015 | Balas

  52. dan satu lg sy lupa anda hrs bedakan apa itu air ro, apa itu air sulingan atw air tnp mineral dan apa itu air alkaline biar ga di ketawain orang banyak ttg artikel anda ini yah mas.. mbak .. dek.. krn asumsi artikel anda ASBUN (asal bunyi) apa yg anda ketahui terlebih dulu air sulingan, air RO dan air alkaline silahkan balas komentar saya, sy jg perlu tau pengetahuan anda tnp di bantu oleh google sblm anda berasumsi anda hrs tau inti dr semua sumber yg anda baca… atw jgn2 anda tidak tau perbdedaan di ketiganya🙂.

    Komentar oleh Made Titis | Mei 28, 2015 | Balas

  53. supaya anda yg menulis artikel ini tidak banyak ditertawakan oleh banyak orang dan para konsumen serta para produsen kangen water ada kalanya anda harus membedakan apa itu air sulingan, apa itu air RO dan apa itu air alkaline. dan anda hrs tahu bahwa skla pH menentukan apakah air itu basa, asam atau netral
    1. Air sulingan atau lbh dikenal dg air destilasi : air jenis ini tentunya diperoleh dari uap ketika sdg mersbus air llu kmdn diembunkan dlm wadah yg bersih dan dikonsumsi oleh manusia dan sbg air aki. proses penyulingannya melibatkan proses air saat mendidih, proses penguapam dan kondensasi uap. jika air destilasi ini tllu asam maka akan menerunkan kwalitas air sulingan akibatnya air sulingan atau air destilasi ini mampu utk melarutkan banyak logam jika langsung dimasukkan ke dlm air. dan apabila air sulingan ini utk memasak maka sebagian nutisi akan larut saat dimasak, orang2 yg menggunakan air ini utk diet tidak boleh digunakan dlm jangka waktu terus menutus. air ini akan lbh menyerap karbondioksida dan kadar elotrit dlm tubuh anda akan menuruh shg anda akan banyak kehilangan sodium, korida, kalium dan mineral shg dpt menyebabkan denyut jantung anda tdk teratur. Jika anda tllu sering minum air destilasi atw air sulingan ini maka tingkat keasaman tubuh anda akan semakin meningkat dan air destilasi ini akan semakin asam jika lbh menyerap dan terkontaminasi udara. krn air destilasi atw air sulingan inisgt murni maka air ini dpt mjd pelarut logam yg sgt2 berbahaya jika dikonsumsi teratur.
    2. Air Ro (reverse osmosis): alatnya masih relatif baru. alat Ro dpt merubah air yg tadinya tdk layak konsumsi utk dimiunum mjd layak dan bebas utk digunakan shg terbebas dr zat-zat bebas dan zat berbahaya namun yg hrs anda perhatikan adl TDS air, semakin rendah kadar TDS air ( Total dissolved solids)maka rasa air semakin berasa pahit.
    3. air alkalin atw yg disebut dg heksagonal water yg anda semua perdebatkan, anda hrs tau apa perbedaan kedua antara air destilasi dan air RO maka anda semua akan tahu apa yg disebut dg air alkaline. air alkaline, jenis air ini pH basa. air alkaline mampu utk menetralisir tubuh anda dr zat azam yg menyebabkan anda tllu asidosis shg timbul berjuta2 penyakit bahkan sel kanker akan cpt berkembang jika darah anda tllu asam, air alkaline pun mpy molekul yg mmg lbh kecil yaitu 5 s/d 6 berbeda dg air mineral biasa molekulnya lbh tinggi antara 11 s/d 16 shg ketika anda meminum air, air alkalin lbh cpt menyerap ke sel2 tubuh dan terasa ringan dan anda tdk akan merasa enek ketika anda meminum alkaline water berbeda jika anda meminum air mineral yg lbh padat perut anda akan berasa begah dan enak itu krn molekiul air yg tllu padat dan sulit utk diserap oleh sel2 tubuh.
    semoga info ini dpt membantu anda semua agar tdk ada ketersesatan dg telaah ngawur anda yg hny anda dptkan sebatas lwt sumber internet semata🙂

    Komentar oleh Made Titis | Mei 28, 2015 | Balas

    • Cm yg sy pertanyakan bisa kah air isi ulang (galon) RO yg dipakai utk sumber air Kangen? Krn ternyata RO ada yg PH 5,6, dan 7. Katax tdk dianjurkan pakai air RO sbg bahan baku tp rata2 sy liat org2 yg punya mesin pakai RO tp tentunya RO yg PH nya 7. Bgm itu?

      Komentar oleh ray | Juni 1, 2015 | Balas

  54. Saya baru mencoba minum air kangen ini 2 hari,, dan 2 hari sy mencret, tenggorokan terasa sangat kering, badan menggigil, serta perut kanan bawah sy sakit. Seminggu kemarin perut kanan bawah sy memang sakit, dan katanya gejala usus buntu. Sy d beri antibiotik, belum sampai habis sy stop antibiotik dan coba kangen water krn ditawari teman.
    Sy mau tny, apakah yg sy alami adalah proses detox??? Mohon pnjlasannya.

    Yg kedua, sy juga beli strong acid dan beauty water. Kulit muka sy berminyak & berjerawat. Setelah mandi sy semprot SA dan BW, mengapa malah muncul jerawat kecil2??! Mohon penjelasannya.

    Terimakasih sebelumnya

    Komentar oleh Miss Je | Juni 3, 2015 | Balas

  55. yah begitulah semua pasti ada kontroversinya, baik si A dan B saling mengklaim ada kurang ada lebihnya. Kali buat gw sih selama itu masih ada hal positifnya kenapa ga dicoba. Kalo ada sisi negatifnya yah ditinggalin atau diperbaiki. Saya sih setuju aja kalo minum air kangen water ini, biar tau perbedaaannya.
    #gituajakokrepot – http://www.birojasastnk-perizinan.com

    Salam Kenal dan Sukses Selalu Ia – buat Admin dan Para Komentarnya Yg Bijak (Jgn Pake Esmosi)..hehe

    Regards : http://www.birojasastnk-perizinan.com

    Komentar oleh biro jasa sim | Juni 7, 2015 | Balas

  56. Salam sejawat. Artikel yg menarik, sekedar saran, alangkah lebih menarik lagi jika sumber yg dicantumkan bukan dari google atau wiki, tapi dari jurnal-jurnal ataupun artikel seperti medscape atau sejenisnya yg lebih kredibel. Dan untuk teman-teman yg berkomentar alangkah bijaksana jika mencantumkan sumber yg terpercaya, bukan sekedar google, wiki, “katanya”, atau “dengar-dengar”, agar bisa dipertanggungjawabkan informasinya. BTK🙂

    Komentar oleh ian | Juni 9, 2015 | Balas

  57. Reblogged this on ellietta el-ghoffar.

    Komentar oleh elliettaalghoffar | Juni 11, 2015 | Balas

  58. Ya ampunnn boooos. Dari judul tulisanmu aja udah salah. Alkali water (kangen water). Air Alkali itu buanyak bos. Ga cuma kangen water. Ga usah sinis lah ama sebuah produk. Mau produk apaan aja pasti ada pro dan kontranya. Jalani aja apa yg bos bener.

    Komentar oleh mariaulfaelevensafa | Juni 13, 2015 | Balas

  59. Mesin Leveluk Sd501 itu sudah mendapatkan sertifikat dari sukofindo. Dan hasil dri tes bagus. Untuk bakteri semua nol / tidak ada.

    Mungkin saya perlu jelaskan dengan simpel. Bahwa Air KanGen itu air “Alkalized ” dan bukan ” Alkaline “. Knapa bgtu. Klo alkalne brti pasti menggunakan bahan kimia didalamnya. Sedangkan alkalized itu menggunakan proses elektrolisis. Dimana air disetrum dengan listrik dan tanpa kimia sama sekali. Makanya aman di konsumsi.

    Saya baca artikel luar negeri dmana sebenarnya lambung kita itu baru akan mengeluarkan asam saat ada makanan yang masuk dengan tujuan untuk membasmi kuman atau bakteri yg seandainya ada di makanan. Nah sewaktu perut kita tidak memasukan makanan, lambung tidak memproduksi asam. Cba aja dibayangkan kalo produksi asam trus menerus setiap menis. Sudah dipastikan pasti akan luka dan berbahaya. Apabila ada air yang masuk kedalam lambung. Air tersebut tidak menetralkan atau dinetralkan oleh lambung. Saya membaca ini dari artikel2 luar. Dari penjelasan dokter2 diluar.

    Mengenai masalah diare atau lain nya. Sebenarnya itu adalah proses detoks yang biasa dialami kalo meminum air kangen. Makanya disarankan minum dri ph 8,5 apabilan mengalamin detoks. Yah di kurangi sedikit sampe terbiasa. Setelah itu baru dinaikan perlahan lahan ke ph 9,5.

    Buat saya Dokter Hiromi Shinya. Itu dokter besar pencipta endoskopi dan kolonoskopi. Dia mengeluarkan statement itu juga berdasarkan riset yg dia pakai dalam mentreatment pasien yg dia tangani. Bukan dri kata orang lain. Apakah anda tau itu ? Atau anda tidak tau sama sekali soal itu !

    Mungkin anda perlu mencba sendiri selama sebulan penuh langsung dari mesin. Dan anda bsa rasakan sendiri manfaatnya. Pada dasarnya tubuh kita setiap hari selalu kontak dengan makanan yg bersifat asam. Stres dsn polusi. Beda dengan orang2 yg tinggal di pegunungan yg semuanya masih alami dan bagus. Makanya air ini hanya membantu membuang tacun dalam tubuh dan menetralkan asam di dalam tubuh.

    Knapa mesin nya mahal. Itu sama aja dengan membandingkan merek Apple dengan kelas android kelas menengah. Krna mereka pionee pembuat pertama. Ada biaya riset dsana selama bertahun2. Ada sertifikat yg dikeluarkan yanh membuktikan bahwa mesin itu aman untuk digunakan. Nah apakah anda tau hal tersebut ? Untuk komisi para agen, setidaknya itu fair saja dalam berbisnis. Krna tanpa independent distributor. Alat ini tidak bsa berkembang kemana mana dan menjadi berkat bagi banyak orang kan ?

    Saya pernah membandingkan dengan mesin2 tiruan nya. Dmana plat Nya bukan titanium tetapi platinum. Klaim bahwa mereka memilikin plat banyak, tetapi taunya plat yg ada di mesin kecil. enagic membuat mesin dengan standart tinggi. Plat yg terbaik kualitas plat terbaik. Tahan lama. Selain itu dari segi listrik. Ada yg listriknya malah membuat mesin itu sendiri tidak stabil dan cepat rusak. Apakah anda tau hal ini juga ?

    Enagic tidak pernah menjual air. Makanya setau saya dari kantor sendiri sudah menertibkan tidak boleh menjual air sembarangan apalagi sampai di stok. Krma itu akan menghilangkan manfaatnya. Saya sendiri memang menjual gakon kepada orang yg mw mencoba air tapi blm mau membeli mesin. Tetapi saya selalu bilang, harus dihabiskan jangan lebih dei 3 hari krna itu tidak akan maksimal. Jadinya kita juga harus jujur dan tidak berbohong saat menawarkan produk.

    Enagic tidsk pernah mengklaim bahwa bsa menyembuhkan oenyakit ini dan itu. Tetapi masalahnya setelah orang mengkonsumis air ini. Banyak yg sembuh. Sehingga bagi mereka sendiri air ini bsa menyembuhkan. Tapi ingat dri enagic sendiri “TIDAK PERNAH BERKATA BEGITU ”

    Jadi mungkin anda perlu data2 yg lebih rinci soal Air KanGen ini. Kalo anda mw data tercantum dri Sukofindo resmi beserta hasil tes. Beri saya alamat email anda maka saya akan kirim semua sertifikat yg berlaku international yg belum saya temukan di alat lain. Thanks

    Komentar oleh Andrew | Juni 17, 2015 | Balas

    • Salam kenal mas Andrew. Bisakah data yg tercantum dri Sukofindo resmi dikirim ke email saya : sahabatpositif@gmail.com
      Terimakasih

      Komentar oleh fahrul razi | Oktober 17, 2015 | Balas

      • Untuk apa mas data tersebut ? Cba diberitahukan dengan jelas

        Komentar oleh Andrew | Desember 30, 2015

  60. Satu lagi. Menurut saya lebih baik minum air dari mesin Enagic. Knapa ?
    1. Apakah anda bsa percaya sekarang kepada air kemasan seperti aqua dll. Apa anda tau apabila dala pendistribusian itu air selalu terkena sinar matahari langsung. Sudah dipastikan racun BPA galon akan keluar. Dsn ajan menkontaminasi air yg ada.

    2. Apa anda yakin air yg di produksi itu dri gunung. Setau saya kalo diambil dri langsung dri sumber mata air pasti tetap di saring dsb nya krna akan sangat riskan kalo dari gunung. Apalagi yg banyak kapurnya dll.

    3. Apa anda tau proses pembersihan galon ? Menggunakan sner berputar dimasukan kedalam galon dan diputar. Apakah anda tau klo bergesekan antar sner dengan permukaan galon dapat mengakibatkan lapisan terkelupas dsn tercampur dengan air. Galon tidak mungkin disterilkan. Krna kalo terkena panas yah tacun BPA nya keluar.

    3. Mw minum air dari PAM, dimasak. Disitu banyak sekali bahan2 yg berbahaya. Blm kaporit dsbnya. Kita hidup di kota bukan didesa yg masih alami

    4. Jadi yah buat saya pada akhirnya saya tetap harus memilih dan membayar. Apakah harus pake galonan atau dri membuat sendiri. Sudah pasti saya lebih yakin membuat sendiri krna saya tau kualitas air yg saya hasilkan. Filter mesin pun termasuk High Grade dimana berukuran 0,3 mikron dmana bakteri tdk bsa masuk. Selain itu juga sudah ada anti bakteri didalamnya. Sehingga dipastikan aman untuk konsumsi.

    Intinya. Anda harus memgetahui dengan jelas dsn detail apa saja yg ada di dalam Mesin Air KanGen. Krna klo tidak justru info anda yg menyesatkan bagi orang lain dan jadi merugikan salah satu pihak. Klo anda mw bertanya jelas. Ya datang saja ke kantor pusat di The Plaza, Plaza Indonesia. ( kantor baru buka tahun lalu karena sebelum itu mesin dipastikan import dri kantor enagic luar negeri. Da dipastikan harganya jadi mahal krna pajak dll. Sejak ada kantor resmi di indonesia tahun lalu. Mesin bsa dibeli dengan harga yg lebih murah )

    Komentar oleh Andrew | Juni 17, 2015 | Balas

  61. Saya hari Minggu lalu tepatnya 28 Juni 15 bertemu dengan seseorang pada suatu kesempatan yang ternyata yang memproduksi Kangen Water. Dan beliau membekali Saya dengan 2 botol Kangen Water ukuran 600mL. Saya sendiri tidak tau apa penyakit yang Saya derita, tapi yang sering keluhkan adalah sakitnya telapak kaki Saya tiap bangun tidur seperti keseleo. Setelah saya coba minum Kangen water ini, kok rasa keseleonya ilang ya… eh jadi curcol.
    Disini bisa jadi saja hanya sugesti, tapi paling tidak saya merasa lebih enak sekarang.

    Istri saya juga merasakan hal yang sama, sesak nafasnya jadi berkurang. Apakah ini suatu kebetulan setelah meminum Kangen water? Yang penting kami jadi hepi. hehehe…

    Dengan membaca beberapa respon Pak/Bu Genghis Khun, Saya agak yakin kalo beliau ini adalah seorang dokter. Nah disini saya cukup paham kenapa artikel ini getol dibuat, karena memang seorang dokter akan selalu menyodorkan resep obat pada pasien dan mayoritas tidak sependapat dengan pengobatan alami apalagi alternatif. Memang iya, kadar pengobatan alami dan alternatif itu tidak terukur dan berbeda dengan obat yang memiliki dosis. Tapi kalo berbicara tentang Kangen water yang isinya hanya secuil calsium sodium magnesium, akan berbeda dampaknya kan, Mas Genghis, dengan makan sebiji jengkol? Dalam jumlah banyak berapa sih akan terjadi pengendapan kapur di ginjal itu? Anda terlalu berlebihan menurut Saya dibagian ini.

    Secara hitungan komersil, saya memang tercengang dengan harga mesinnya. Awalnya saya tertarik sekali membeli alatnya, namun setelah saya hitung ulang ternyata uang sebanyak itu bagi keluarga saya cukup untuk membeli air A**a selama 8 tahun. Jadi sepertinya saya akan beli airnya saja kepada yg berbisnis air ini saja.

    Tentunya saya akan pastikan kalau penjualnya menggunakan sumber air yang baik, dan bukan yg diminum oleh teman yang kena diare di salah komentar diatas. Dan berbicara mengenai diare, kalo Mas Genghis adalah seorang dokter tentunya akan yakin kalo penyebab diare itu adalah bakteri yang mungkin berasal dari sumber airnya. Nah ga relevan kan kalo penyebab diare adalah proses pengolahan air itu dengan menggunakan alat Kangen water? Kecuali Anda mencari dalil yang lain.

    Sekali lagi yang penting saya hepi. Setelah diberi 2 botol 600mL itu, saya baru beli airnya cuma 10 Liter doang kok dan itu juga belum habis separoh karena saya punya stok A**a yang cukup banyak. Susah lho Mas Genghis mencari hepi itu.. hehehe

    Komentar oleh Indra | Juli 1, 2015 | Balas

  62. penelitian BBC bahwa air zam zam berbahaya sudah dibantah oleh hasil penelitian terkemuka oleh pem arab saudi dan hasilnya lebih akurat & legal dibanding tim peneliti BBC yg konon tidak jelas legalitasnya, Anda sebaiknya up to date dalam memaparkan sumber berita.

    Saya baru menggunakan Kangen Water sebulan tp efeknya gatal2 tangan dan kaki, entah mungkin saya nggak cocok dengan airnya. Tapi yang jelas ketika mata saya iritasi ringan, dengan dibantu cuci mata dengan air zam-zam sembuhnya lebih cepat, selain juga dibantu obat mata.

    Pastinya minum air zam zam tidak membuat saya gatal2 seperti saya minum kangen water.

    Komentar oleh yetti | Juli 14, 2015 | Balas

  63. Tulisan yang bagus dok, karena menurut saya, anda sudah berusaha untuk objektif.

    Saya pribadi selalu mencoba untuk open minded, bahwa selalu membuka diri segala kemungkinan yang terjadi, termasuk soal ‘khasiat’ air alkali ini. Saat ini memang saya belum percaya akan manfaat dari alkali ini, salah satunya karena minimnya jurnal medis atau bahkan tidak ada sama sekali (coba kalau ada bisa dilampirkan) yang membahas tentang air alkali ini, sehingga secara pribadi saya berkesimpulan bahwa ini hanya karena placebo effect semata.

    Di kota saya klaten, ada komunitas yang membahas tentang air alkali ini, sering juga memanggil dokter dari daerah jogjakarta untuk dimintai pendapat dari sisi medis.

    Untuk informasi, untuk membuat air ber-PH tinggi tidak berlu beli mesin seharga berpuluhan juta, budget yang diperlukan hanya sekitar 300 ribu rupiah, alat terdiri dari dua box bejana berhubungan, charger laptop yg sudah dimodifikasi, stainless. Singkatnya airnya dialiri listrik, sehingga nanti ph nya naik. Kekurangan alat tersebut dari mesin yang berharga puluhan juta tersebut adalah tidak adanya tombol ph otomatis atau indikatornya, sehingga kita perlu mengecek secara manual.

    Saya memberi informasi diatas hanya sekedar sharing, bagi yang percaya terhadap khasiat air alkali, tak perlu beli mesin yg berharga puluhan juta. Kadang miris juga, air yang diberi gratis oleh yang maha kuasa dijual sekian puluh ribu setelah dikasih embel2 ph tinggi dan lain sebagainya.. Oh namanya juga jualan.. Hahahahaaa

    Silahkan main ke kota klaten, akan diajari bagaimana caranya membuat alat tersebut, gratis! Mau minta air ber ph tinggi beberapa galon juga boleh, gratis! No offense yah bagi para penjual produk air ber ph tinggi merk tertentu.. Hahahaha…

    Note: saya pribadi masih belum percaya tentang air alkali, tetapi jikalo data, jurnal ilmiah atau medis menunjukkan bahwa air alkali memeang benar mempunyai manfaat, tentu saya akan langsung meminumnya.. Hahahaa

    Komentar oleh Anonymous | Agustus 3, 2015 | Balas

    • Mereka butuh komisinya, Mas
      Bukan masalah air alkalinya hehehe

      Komentar oleh chronojabez | Oktober 28, 2016 | Balas

  64. Assalamua’alaikum pak Dokter

    Saya setuju dengan pendapat Pak Dokter, hanya saja tentang air Zanzam bapak menyimpulkan sama dengan air Kan Gen, menurut saya tidak, menurut dalil Al Quran dan Sunnah air Zamzam datang dari hentakan kaki Nabi Ismail Alaihi Salam yang merupakan berkah dari keluarga para Nabi dan itu tidak bisa dibantah, sedangkan Kan Gen Water datang setelah meniru air Zamzam melalui proses, jadi mohon di ralat kesimpulan tersebut pak.
    Saya sebenarnya orang yang sangat curiga dengan air Kan Gen Water yang katanya dapat menyembuhkan beberapa penyakit bahkan bisa membuat awet muda jika mengkonsumsinya. Taroklah air tersebut meniru air Zamzam, perlu kita ketahui di zaman Rasulullah Shalallahu Alaihi Wa Sallam yang bersabda : “Air Zamzam mempunyai manfaat tergantung niat (lebih kurang seperti itu artinya)”, jika air tersebut mempunyai kehebatan yang seperti Kan Gen water zaman sekarang, tentunya RAsulullah Shalallahu Alaihi Wa Sallam akan memerintahkan umatnya untuk meminum air tersebut setiap saat tapi nyatanya RAsulullah Shalallahu Alaihi Wa Sallam meminum air di negerinya sendiri (Madinah). Serta perlu untuk diketahui RAsulullah Shalallahu Alaihi Wa Sallam adalah orang yang paling sehat dan kuat karena Wahyu selalu turun untuk memberi pelajaran kepada umatnya.

    yang saya heran Kan Gen Water kok harus diminum setiap saat, seolah-olah menyatakan air yang kita konsumsi di negeri sendiri tidak sehat, kemudian ditambah lagi Kan Gen Water diumpamakan dengan air zamzam, sehingga membelinya dengan harga yang cukup tinggi.

    Intinya dari semua ini, untuk menjaga kesehatan sebaiknya kita kembali seperti zaman dahulu dalam mengkonsumsi makanan dan minuman, sedapat mungkin kita hindari yang serba instan atau praktis kemudian jangan lupa berolah raga, insya Allah tubuh kita akan selalu sehat.

    Komentar oleh Nuzul Indra | Agustus 4, 2015 | Balas

  65. Keistimewaan Air Zamzam
    Diantara keistimewaan zamzam dan keberkahannya adalah bahwa Allah ta’ala telah mengistimewakannya dengan kekhususan-kekhususan yang mulia, yang terpenting adalah :
    1. Air zamzam merupakan air terbaik di dunia, baik ditinjau dari segi syari’at agama maupun kesehatan.
    Dari Ibnu ‘Abbas radliyallaahu ‘anhuma, ia berkata : Telah bersabda Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam :
    خَيْرُ الْمَاءِ عَلَى وَجْهِ الْأَرْضِ مَاءُ زَمْزَمَ…
    “Sebaik-baik air di muka bumi adalah air zamzam…”.[10]
    Dan diriwayatkan oleh Al-Bukhari dari Abu Dzarr radliyallaahu ‘anhu – pada kisah Isra’ Mi’raj – bahwasannya Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
    فَنَزَلَ جِبْرِيْلُ عَلَيْهِ السَّلَام فَفَرَّجَ صَدْرِيْ، ثُمَّ غَسَلَهُ بِمَاءٍ زَمْزَمَ….
    “Maka Jibril ‘alaihis-salaam turun dan membelah dadaku, kemudian ia mencucinya dengan air zamzam….”.[11]
    Al-‘Aini rahimahullah berkata :
    وهذا يدل قطعا على فضلها، حيث اختص غسل صدره عليه الصلاة والسلام بمائها دون غيرها
    “Hal ini menunjukkan dengan pasti keutamaannya, dimana pencucian dada Nabi ‘alaihish-shalaatu was-salaam dikhususkan dengan air zamzam, tanpa selainnya”.[12]
    Oleh karena itu, Sirajjudin Al-Bulqini[13] berkata :
    إن ماء زمزم أفضل من ماء الكوثر، معللا ذلك بكونه غسل النبي صلى الله عليه وسلم، ولم ليغسل إلا بأفضل المياه.
    “Sesungguhnya air zamzam lebih baik dibandingkan air Al-Kautsar dengan dasar karena dipakai untuk mencuci dada Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam. Dan tidaklah dada beliau dicuci kecuali dengan air yang terbaik”.[14]
    Secara lahiriyah bahwa pemuliaan air zamzam dinisbatkan dengan air-air yang ada di dunia saja seperti yang dikatakan oleh beberapa ulama. Karena air (telaga) Al-Kautsar termasuk yang menyangkut hari akhir. Oleh karena itu, tidak dapat dibandingkan dengan salah satu bagian dari air-air di dunia.[15] Sebagaimana hadits yang memuliakannya : “Sebaik-baik air di muka bumi adalah air zamzam” ; menunjukkan hal tersebut. Wallaahu a’lam.
    Al-Haafidh Al-‘Iraqiy[16] rahimahullah menyebutkan bahwa hikmah di balik pencucian dada Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam dengan air zamzam adalah agar Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam menjadi kuat dalam memandang malaikat-malaikat langit dan bumi, surga dan neraka; karena dari keistimewaan air zamzam bahwasannya ia dapat lebih meneguhkan hati dan menentramkan perasaan.[17] Dan akan lebih jelas – insya Allah – pada apa yang menunjukkan atas keutamaan air zamzam dari segi kedokteran (medis).[18]
    2. Mengeyangkan peminumnya seperti makanan.
    Telah shahih sebuah riwayat pada Shahih Muslim dalam kisah Abu Dzarr radliyallaahu ‘anhu bahwasannya ketika ia mendatangi Makkah untuk masuk Islam, ia menetap di sana selama 30 hari antara malam dan siang di dalam Masjidil-Haraam. Maka Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bertanya kepadanya : “Siapakah yang telah memberimu makan ?”. Ia (Abu Dzarr) menjawab : “Aku tidak mempunyai makanan kecuali air zamzam, lalu aku menjadi gemuk dan berlemak,[19] perutku berlipat-lipat, aku tidak mendapatkan tanda-tanda kelaparan di atas dadaku”.[20] Maka Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
    إِنَّهَا مُبَارَكَةٌ، إِنَّهَا طَعَامُ طُعْمٍ
    “Sesungguhnya ia (air zamzam) diberkahi, ia (juga) merupakan makanan yang berselera”.[21]
    Ibnul-Atsir berkata :
    أي يشبع الانسان إذا شرب ماءها كما يشبع من الطعام
    “Sesuatu yang mengenyangkan manusia jika ia meminum airnya seperti ia kenyang dari makanan”.[22]
    Ibnul-Qayyim rahimahullah berkata tentang kekhususan air zamzam ini :
    شاهدت من يتغذا به الأيام ذوات العدد قريبا من نصف الشهر، أو أكثر، ولا يجد جوعا، ويطوف مع الناس كأحدهم، وأخبرني أنه ربما بقي عليه أربعين يوما، وكان له قوة يجامع بها أهله، ويصوم ويطوف مرارا.
    “Aku menyaksikan sebagian orang yang mengkonsumsinya beberapa hari, kira-kira hampir setengah bulan atau lebih dari itu, ia tidak merasa kelaparan. Ia mengikuti thawaf bersama orang-orang. Dikhabarkan kepadaku bahwa seandainya ia tetap seperti itu hingga 40 hari lagi, ia akan mempunyai kekuatan dalam melakukan jima’ dengan istrinya, puasa, dan thawaf berkali-kali”.[23]
    3. Berobat dari berbagai penyakit dengan meminumnya.
    Berdasarkan hadits marfu’ dari Ibnu ‘Abbas radliyallaahu ‘anhuma :
    خَيْرُ الْمَاءِ عَلَى وَجْهِ الْأَرْضِ مَاءُ زَمْزَمَ، فِيْهِ طَعَامُ الطُّعْمِ، وَشِفَا الْسُّقْمِ.
    “Sebaik-baik air di muka bumi adalah air zamzam. Di dalamnya terdapat makanan yang diinginkan dan obat bagi penyakit”.[24]
    Dan apa yang diriwayatkan oleh Abu Dzarr radliyallaahu ‘anhu, ia berkata : Telah bersabda Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam :
    زَمْزَمُ طَعَمُ طُعْمٍ، وَشِفَاءُ سُقْمٍ
    “Air zamzam adalah makanan yang berselera dan obat dari penyakit”. [25]
    Dari Ibnu ‘Abbas radliyallaahu ‘anhuma ia berkata : Telah bersabda Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam :
    إِنَّ الْحُمَى مِنْ فَيْحِ جَهَنَّمَ، فَأَبْرِدُوْهَا بِمَاءٍ زَمْزَمَ.
    “Sesungguhnya sakit demam itu termasuk dari panasnya api neraka Jahannam. Maka dinginkanlah dengan air zamzam”. [26]
    Ibnul-Qayyim rahimahullah menjelaskan :
    وقد جرّبت أنا وغيري من الاستشفاء بماء زمزم أمورا عجيبة، واستشفيت به من عدة أمراض، فبرأت بإذن الله
    “Sesungguhnya aku telah mencobanya, begitu pula yang lainnya; yaitu berobat dengan air zamzam (sungguh) hal yang menakjubkan. Dan aku sembuh dari berbagai macam penyakit dengan ijin Allah ta’ala”.[27]
    4. Bahwasannya air zamzam itu adalah menurut niat peminumnya.
    Diriwayatkan oleh Jaabir bin ‘Abdillah radliyallaahu ‘anhu : Bahwasannya Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
    زَمْزَمُ لِمَا شُرِبَ لَهُ
    “Air zamzam itu menurut apa yang diinginkan peminumnya”.[28]
    Diriwayatkan dari Mujaahid[29] rahimahullah, bahwasannya ia pernah berkata :
    ماء زمزم لما شرب له، إن شربته تريد شفاء شفاك الله، وإن شربته لظمأ أرواك الله، وإن شربته لجوع أشبعك الله، هي هَزْمة جبريل وسُقيا الله إسماعيل.
    “Air zamzam menurut niat peminumnya. Jika engkau meminumnya untuk kesembuhan, maka Allah akan menyembuhkanmu. Apabila engkau meminumnya karena kehausan, maka Allah akan memuaskanmu. Dan apabila engkau meminumnya karena kelaparan, maka Allah akan mengenyangkanmu. Ia adalah usaha Jibril[30] dan pemberian (air minum) Allah kepada Isma’il”.[31]
    5. Dan diantara keistimewaan lain dari air zamzam adalah yang disebutkan oleh Al-Imam Az-Zarkasyi bahwasannya Allah mengistimewakannya dengan mengasinkannya agar yang menjadi pendorong dan motivatornya adalah pancaran iman.
    Kalaulah Allah menjadikannya tawar, maka kebutuhan sebagai manusia biasa akan mengungguli imannya dalam meminumnya.[36]
    Maksudnya adalah apa yang dikatakan oleh salah seorang ulama :
    إنما لم يكن عذبا ليكون شربه تعبدا لا تلذذا
    “Rasanya tidak terasa segar dan tawar, agar meminumnya sebagai ibadah bukan kebutuhan”.[37]
    Sesungguhnya Az-Zarkasyi juga telah menyebutkan bahwa Allah ta’ala mengagungkan air zamzam pada musim haji,[38] dan memperbanyak hal-hal ajaib di luar kebiasaan sumur-sumur lain dan terasa manis. Lalu ia melanjutkan : “Kita dan orang lain telah menyaksikan itu semua”.[39]
    Dan yang perlu diperhatikan adalah murninya air zamzam dan tidak tercampur oleh hal-hal lain di setiap saat. Hal itu telah dibuktikan oleh penelitian modern. Akhir-akhir ini para peneliti melaksanakan penelitian mereka dengan mengambil dzat-dzat yang terkandung dalam air zamzam, maka didapatkan bahwa air tersebut tidak pernah tercampur oleh sesuatu apapun di setiap waktu yang akan mengurangi kemurnian dzatnya yang langsung diambil dari sumur zamzam atau mengurangi kemaslahatannya untuk diminum. Yang demikian ini dilihat dari segala bentuk ukuran yang dilakukan padanya.[40]
    Oleh karena itu, Pusat Kesehatan Jantung Arab Saudi melaksanakan pencucian jantung orang sakit dengan memakai air zamzam yang suci sebagai pengganti dari dzat-dzat klinis seperti yang diungkapkan dalam satu majalah.[41] Inilah keistimewaan-keistimewaan penting air zamzam yang diberkahi. Sesungguhnya para ulama telah menyebutkan keistimewaan dan kelebihan lain[42] yang membutuhkan landasan dalil yang shahih.
    Saya menutup pembahasan ini dengan perkataan Ibnul-Qayyim tentang keutamaan air zamzam dan kemuliaannya atas yang lainnya :
    ماء زمزم : سيد المياه وأشرفها وأجلّها قدرا، وأحبّها إلى انفوس، وأغلاها ثمنا، وأنفسها عند الناس، وهو هَزْمة جبريل، وسقيا الله إسماعيل.
    “Air zamzam : air yang terbaik, termulia, dan teragung kedudukannya, sangat dicintai oleh jiwa, sangat mahal harganya, dan sangat berharga bagi manusia. Ia merupakan hasil usaha Jibriil ‘alaihis-salaam dan pemberian minum dari Allah untuk Isma’il”.[43]

    Komentar oleh Abu zahran | Agustus 21, 2015 | Balas

  66. Untuk tambahan literatur
    https://www.wqa.org/Find-Products/ctl/Detail/mid/1054/cid/ENAGIC_USA/sid/27/keyword/enagic

    Komentar oleh gun | Agustus 23, 2015 | Balas

  67. ikut nambahin sedikit agan” klo menurut saya sendiri air ZAM ZAM adalah AIR SUCI umat Muslim dan tidak ada tandingannya di dunia ini, banyak yang mengklaim air buatan manusia yg diproses melalui mesin dengan PH tinggi adalah air terbaik ya itu supaya menarik semua masyarakat agar produknya laku itulah dunia marketing saat ini, Allah Maha Kaya akan semua zat di dunia ini, cb telaah perhatikan dan cermati dari zaman Nabi Saw sampai dengan sekarang Air Zam Zam tetap mengalir dan tidak pernah surut keluar dari mata air yg tiada henti”nya Subhanallah….So What Ever you Says Air Zam Zam adalah Air SUCI dan AJAIB it’s MIRACLE…tx

    Komentar oleh Dany Don't_Touch | Agustus 28, 2015 | Balas

  68. Sejauh ini belum ada komentator pro kangenwater yang memberikan bukti ilmiah produk tersebut.

    Komentar oleh Andra Ida | September 10, 2015 | Balas

  69. Sebenarnya inti nya cuma keyakinan dan sugesti, mungkin yang merasa yakin kalau air kangen berkhasiat, mungkin akan merasa lebih baik..🙂 seperti halnya saya, saya meyakini kalau meminum air mentah langsung dari mata air pegunungan bisa melepas dahaga setelah mendaki berjam-jam.. dan karena sugesti saya begitu, ya hilanglah haus saya setelah minum air pegunungan tsb.. bener kan? :)) (orang gila juga tau)

    buat saya sesuatu yang menjanjikan biasanya palsu.. dan sesuatu yang terlalu dibangga-banggakan biasanya bernilai 0.. maaf no offense, jujur yang namanya produk belum tersertifikasi depkes yang cara jualannya melalui sistem jaringan (MLM based) itu produk konyol semua.. dan saya yakin semua komentar yang kebakaran jenggot pasti penjual Air Kangen atau Kangen Water ya kaannn… hayooo ngakuuu.. :)) takut gak laku yah :))

    Logikanya nih, kalo memang produknya bagus kenapa gak jual secara resmi aja? gak pakai sistem MLM.

    pasti jawabannya, untuk memotong biaya distribusi.. iya kaan?? :)) jawaban basi dari orang MLM :))

    dan maaf sekali lagi.. no offense yah :)) saya sendiri sebenernya penulis di salah satu web yang jualan Kangen Water :(( itu kadang yang membuat saya sedih😀

    Komentar oleh Danny | September 18, 2015 | Balas

    • Kalau menurut sy penjualan mesin kangen sdh bisa dibilang resmi (secara sdh ada kantor perwakilan di jln.thamrin) … kalau gak pake cara MLM gak akan efektif bro … karena air ini bagi sebagian besar org memang memberikan dampak positif dalam JANGKA PENDEK … jangka panjang ? … gak tau deh.
      So kalau ada yg ngalami kesembuhan penyakit pas minum air ini dan cerita ke sodara-2 atau temen-2nya yg juga punya masalah kesehatan jelas lebih efektif … drpd mrk dengernya dari sumber lain.
      Soalnya nih alat hrgnya gak murah … kalau diiklani di tipi gak usah jauh-2 deh pasti akan dibandingin sm contohnya merk p*r*-*t … dah jelas kebanting .,, pdhal mekanisme mesin dlsbnya khan beda … mau dijelasin rinci … satu iklan produk di tipi untuk 10 detik aja mesti bayar brp ?

      Komentar oleh Dandy | September 24, 2015 | Balas

    • Bener juga

      Komentar oleh chronojabez | Oktober 28, 2016 | Balas

  70. Menurut pandangan pribadi saya perkembangan ilmu mengenai pengobatan sudah mulai maju dan pola pikir masyarakat pun mulai kritis antara pengobatan ala barat ( obat kimia ) dan ala timur ( herbal ) hal ini tentunya tergantung masyarakat yang memilih..mengenai pengobatan ala barat tidak bisa kita pungkiri bahwa ada kepentingan bisnis juga didalamnya yang melibatkan perusahan-perusahan besar farmasi, di lain sisi pengobatan herbal kurang dalam hal pengujian klinis yang komprehensif dan dapat dipertanggung jawabkan ( tergantung masing2 yg menilai )..dokter pasti lebih paham maksud saya..kemudian masalah kangen water, milagros atau obat2an herbal lainnya yang sudah mulai berkembang beberapa tahun ini sebenarnya bagus dalam perkembangan ilmu kedokteran jika para peneliti di bidang kesehatan dan orng2 yg berprofesi di bidang kesehatan bisa merubah mindset lebih terbuka lagi untuk melakukan penelitian2 ilmiah tidak hanya stuck dengan teori teori yg di dapat sewaktu kuliah ( ilmu tidak ada habisnya ) Yang terakhir dari saya ” Setiap penyakit pasti ada obatnya, dan Tuhan tidak menciptakan segala sesuatu dengan sia – sia “

    Komentar oleh Banau | September 19, 2015 | Balas

  71. […] Baca tulisan lengkapnya yg juga lumayan panjang, tp gak sepanjang kaskus >> https://nafanakhun.wordpress.com/2014/06/01/telaah-kritis-atas-air-alkaline-kangen-water/ […]

    Ping balik oleh Jejak Tinta | September 22, 2015 | Balas

  72. Keren..
    Setuju..

    Komentar oleh Isnahmujayati | September 29, 2015 | Balas

  73. Untuk para responden yang pro dengan kangen water, cara penyampaiannya tolong dengan bahasa yang baik, klo nge ‘gas’ atau sok ilmiah, yg awam bisa jadi kontra

    Komentar oleh Bonzo | Oktober 5, 2015 | Balas

  74. maaf ikutan comment,saya pake yg semprot untuk muka,jerawat pada kering,muka alus..nyoba yg khusus ntk diminum,asam lambung en maag ga kambuh..airnya gak berbau,gak berasa en gak berwarna (yang untuk diminum),cuma emang agak adem..
    yaahh,bilanglah saya SALAH SATU orang yg MUNGKIN cocok sama air kangen ini..hehehee

    Komentar oleh Christin | Oktober 12, 2015 | Balas

  75. Saya sdh konsumsi sekitar 25 liter air Kangen. Hasilnya saya lebih fit dan yg terpenting sinusitis saya sembuh 70% (gak meler lagi di pagi hari). Oiya terkait wikipedia, semua orang bisa mengedit dan memperbaharui isi di wikipedia. jadi (maaf) dr org yg paling bego sampai org yg paling pintar bisa merubah isi wikipedia.

    Komentar oleh fahrul razi | Oktober 17, 2015 | Balas

  76. Seharusnya ada bukti saintifik terhadap setiap klaim yang diberikan oleh Kangen Water. Mungkin saja KANGEN WATER memang bisa memberikan manfaat dalam kasus tertentu, tapi tidak pada kasus yang lain. Sebaiknya orang-orang yang mengerti tentang KANGEN WATER mereferensikan hasil-hasil penelitian dalam jurnal ilmiah yang mendukung klaim KANGEN WATER dan di share-kan di forum ini. Dalam riset, ada yang disebut sebagai efek PLACEBO, yaitu bila seseorang meyakini bahwa sesuatu itu bermanfaat, meskipun secara klinis tidak ada manfaatnya, namun orang tersebut tetap merasa ada manfaatnya. Saya tidak tahu apakah KANGEN WATER benar-benar bermanfaat secara klinis, atau bermanfaat secara psikis saja. Kalau memang banyak manfaatnya, Alhamdulillah. Tapi kalau hanya bersifat Placebo, waduh……

    Komentar oleh Ali | Oktober 20, 2015 | Balas

    • Kalau menurut saya kita ini sdh kebablasan membahas KANGEN WATER, dr produsennya sendiri gak pernah menyebutkan air ini berfungsi sebagai obat (Ini lebih disebabkan karena para distributornya aja yg pada lebay).

      Tubuh kita memiliki sistem imun sendiri tetapi di saat sistem itu melemah maka penyakit lebih mudah menyerang, KANGEN WATER lebih berfungsi untuk membantu tubuh kita meningkatkan sistem imun kita sehingga lebih mudah untuk terhindar dari penyakit … dan kalau ada penyakit maka tubuh lebih mudah melakukan self-healing … kalau gak salah begitu filosofinya. … caranya kerjanya gimana … wallahualam saya gak tau … bener apa gak ? … cobain aja sendiri aernya …

      Kalau anda penderita kolesterol tinggi dan masih maksa makan nasi padang setiap hari … minum KANGEN WATER sehari segentong juga tetep aja akan kena stroke.

      Bagi orang-2 yg sudah menjalani pola hidup sehat dan rajin berolahraga selama ini KANGEN WATER hanyalah air putih yg berasa lebih sedap dibanding air biasa (gak terlalu signifikan kegunaaannya).

      Bagi kalangan atas yg kebingungan sm duitnya asal sudah merasakan sedapnya KANGEN WATER dan sudah yakin gak akan menambah daftar penyakitnya mesin ini sangat layak untuk dimiliki …

      Kalau niat mau beli mesin ini dan berharap kesembuhan penyakit … mungkin harus berpikir ulang.

      Komentar oleh Dandy | Oktober 27, 2015 | Balas

      • Pssstt…dokter2 dah banyak yang masang mesin di rumahnya loh…

        Komentar oleh Fiashinta | Januari 8, 2016

      • Logis, Mas Dandy

        Setuju

        Komentar oleh chronojabez | Oktober 28, 2016

    • Ada tuh mahasiswa buat skripsi kangen water.dia meneliti kangen water.emang hasilnya bagus.dia pake tikus.kolesterol tikus jadi turun tuh..tyroid saya jg sembuh Alhamdulillah..jantung dah ngga berdebar lagi n nafas menjadi lega

      Komentar oleh Fiashinta | Januari 8, 2016 | Balas

  77. “Medical Certifications
    Despite claims to the contrary, the Japanese Ministry of Health has only ever issued Safety Approvals, originally in 1954, but has never certified or tested the health effects of ‘alkaline water’.

    “The Ministry of Health and Welfare was more concerned with safety issues when they examined the Ionizers for approval since they would be sold for general household use. Thus, it can be assumed that the Ministry of Health and Welfare does not recommend the use of these products.”

    Japanese Ministry of Merchandise Trade
    Report on Consumer Complaints – 1992

    Komentar oleh curkimi | Oktober 30, 2015 | Balas

    • Begitu ada fakta kuat, gak ada komentar nih..

      Komentar oleh chronojabez | Oktober 28, 2016 | Balas

  78. Yaa maaf aja kalo sy lebih percaya kangen water yg udh diteliti lebih banyak orang yg jg jauh lebih berpengalaman. Ketawa aja sih bacanya. Mungkin yg nulis blm baca banyak. Erikar Lebang saja menyarankan minum kangen water, dan sy lebih percaya beliau yg menyarankan untuk tidak meminum obat, mkan sayur dan buah segar, dan minum air berkualitas. Banyak2 baca buku masakini yaa, atau piknik ke jepang skalian hoho
    Mau sy yg cari datanya? Kontek imel sy 😃

    Komentar oleh Putput | November 6, 2015 | Balas

    • Boleh dong datanya di share ke epjay_z@yahoo.com

      DATA yaaa bukan TESTI

      Trims.. Matur suwun

      Komentar oleh Epjay | November 10, 2015 | Balas

  79. sama seperti jualan lainnya, secara klinis belum terbukti, teknik sales dan marketing, membuat hype penjualan dan bombastis, yang kaya itu penjualnya. Mesin ini ada yg harganya 40 jutaan, komisi penjual 9 juta, profit margin mestinya sangat besar, spt iphone, cost 4 juta rupiah, bisa berhasil dijual 12 juta, bagi yang percaya. nice tricks

    Komentar oleh ketek | November 30, 2015 | Balas

    • Pasti anda blm pernah nyoba ya…
      Cobain dulu deh..in syaa Allah anda akan malu sendiri…saya udah membuktikannya.dengan izin Allah tyroid saya berangsur pulih..jantung kurang berdebar dan nafas semakin lega.Alhamdulillah.

      Komentar oleh Fiashinta | Januari 8, 2016 | Balas

  80. Hahaha…
    saya setuju ama penulis nya,,,
    saya baca yg kontra biasa nya Sales MLM atau punya bisnis jualan air ini.
    Testimoni kalau pun benar dari pengguna,pastilah placebo effect..
    karna tak teruji..

    Komentar oleh MIK | Desember 13, 2015 | Balas

    • Udah pernah nyoba blum?? Biasanya yg ngga percaya tu emang blm pernah nyoba.Alhamdulillah tyroid saya berangsur pulih loh..jantung ngga berdebar.nafas semakin lega…situ jangan asal percaya sama penulis blog..si penulis blog sendiri ngga pernah meneliti.dia cuma nyomot sono nyomot sini tulisan dan analisa dr tempat lain

      Komentar oleh Fiashinta | Januari 8, 2016 | Balas

  81. Setuju dgn komentar Dandy : Selama kita menjalankan pola hidup sehat (makan, minum, aktifitas dan istirahat cukup) yang seimbang, Insya Allah bisa dijauhkan dari segala penyakit …
    Saya pribadi lebih memilih dengan mempertahankan kesehatan dan obat yg dianjurkan oleh Allah dan rasul nya … seperti …
    1. Madu : Allah Ta’ala berfirman,”Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang-orang yang memikirkan” (QS. An Nahl : 69)
    2. Jinten Hitam : Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,”Sesungguhnya di dalam habbatus sauda (jinten hitam) terdapat penyembuh bagi segala macam penyakit kecuali kematian” (HR. al Bukhari no. 5688 dan Muslim no. 2215, ini lafazhnya Muslim, dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu)
    3. Air Zam Zam : Dari Abu Dzar radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,”Air zam-zam itu penuh berkah. Ia makanan yang mengeyangkan (dan obat bagi penyakit)” (HR. Muslim IV/1922, yang terdapat di dalam kurung adalah menurut riwayat al Bazzar, al Baihaqi dan ath Thabari dan sanadnya shahih, lihat Majma’uz Zawaa-id III/286)
    4. Minyak Zaitun : Allah Ta’ala berfirman,“.. yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang banyak berkahnya, (yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak di sebelah Timur (sesuatu) dan tidak pula di sebelah Barat” (QS. An Nur : 35)Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,”Makanlah oleh kalian minyak (zaitun) dan poleskan dengannya, karena sesungguhnya minyak (zaitun) itu dari pohon yang diberkahi” (HR. Ahmad III/497, at Tirmidzi no. 1851 dan Ibnu Majah no. 3319, dishahihkan oleh Syaikh al Albani dalam Shahiih at Tirmidzi II/166).

    Komentar oleh prast | Desember 16, 2015 | Balas

    • Alhamdulillah..saya tiap hari mengamalkan minum madu dengan menggunakan kangen water..:)

      Komentar oleh Fiashinta | Januari 8, 2016 | Balas

    • الحَمْد لله
      Setuju dengan yg alamiah

      Komentar oleh chronojabez | Oktober 28, 2016 | Balas

  82. ini orang emang harus di cari.. di laporin ke polisi… karna sudah menjelem jelekan nama produk.. so tau dan ga bener asal usul ngomonnya..
    hati hati sama web yang menyesatkan ?
    ente yg menyesatkan ! tamatan sd nih yg buat webnya

    Komentar oleh RIZKY KANGEN | Desember 18, 2015 | Balas

    • Disini saya sebagai pemakai dan bukan penjual. Sebenarnya perbandingan air zam2 dan kangen water itu dilihat dri komposisi airnya dmana airnya alkali dan banyak mineral dan oksigen. Bukan dengan segi religius nya, jadi dimohon jangan disangkut pautkan dengan alquran ya.

      Sebenarnya gk MLM juga, klo anda sudah jadi anggota anda baru mengerti sistemnya yg dipakai. Jadi lebih baik anda2 mwmgetahui dengan jelas dahulu baru komen disini. Bukn dri sekedar denger atau dikasih tau orang.

      Saya sendiri sih gk masalah bagi kalian yg gk percaya. Buat saya tidak ada masalah buat minum air ini, klopun sehat dan makin sehat, justru malahan bagus buat tubuh saya sendiri. Ini kan cma air biasa yg diproses dengan di listrik dan diberi ion, ini murni science yg bsa dibuktikan. Jadi mnurut saya tau dulu apa yg kita bicarakan sblm kita membandingkan atau menuduh produk ini menipu dsb nya.

      Komentar oleh Andrew | Desember 30, 2015 | Balas

  83. Saya kira artikel ini tidak didasarkan atas kajian yg ilmiah, hanya ekspresi dari emosi penulis atas fenomena boomingnya air alkali. Saran saya kalau mau meneliti sesuatu posisikan diri sebagai pihak yg netral agar didapatkan hasil yg ilmiah bukan hanya sekedar asumsi belaka. Agar informasi yg terlanjur anda publikasikan tidak merugikan banyak pihak apalagi anda katanya dokter. Kalau diagnosa anda keliru karna anda tidak suka dgn pasien, bisa mati tuh pasien. dan meneliti ttg kesehatan harusnya merujuk ke literatur di bidang kesehatan yg ilmiah tentunya. Bukan wikipedia, apalagi katanya atau sekedar asumsi anda sendiri.. kalau buat laporan penelitian begitu caranya, sudah dibuang ke tempat sampah tuh laporan. Dan untuk pelaku bisnis air alkali, cobalah berikan informasi yg benar dan transparan kepada konsumen anda, jangan berlebihan dari fakta ilmiah yg ada. kalau memang itu bermanfaat klo jual mbok jangan terlalu mahal biar yg miskin juga bisa merasakan manfaatnya.hehe mohon maaf ini hanya kritik atas telaah kritis anda yg hanya bisa dimuat di blog pribadi berplatform wordpress.

    Komentar oleh Akhy | Januari 3, 2016 | Balas

    • Alhamdulillah pak..tyroid saya sembuh.jantung sdh lama tdk berdebar lagi.nafas menjadi agak lega.dan sampai saat ini saya masih terus mengkonsumsi kangen water utk mendapatkan kesembuhan.

      Komentar oleh Fiashinta | Januari 8, 2016 | Balas

  84. Maaf penulis beneran dokter bukan? Kok profilnya ditulis pemuda lontang lantung di jakarta. Jadi tambah meragukan.. ditambah lagi deskripsi blognya, imajinasi, ilusi dan halusinasiku, jangan2 artikel ini buah dari ketiganya pantes gak ilmiah. Atau ditulis hanya untuk meningkatkan jumlah pengunjung blog karena tau lg booming. Tambah curiga.

    Komentar oleh Akhy | Januari 3, 2016 | Balas

  85. Justru tulisan Anda menjadikan saya lebih memilih untuk minum kangen water, karena dilihat dari tulisannya, Anda cenderubg tendensius mencari kekurangan kangen water daripada kelebihannya.
    Saya lebih percaya pada bukti bukan teori. Sidah banyak yang sembuh dengan kangen water, termasuk ibi saya yang saya cintai.

    Komentar oleh Ahman | Januari 23, 2016 | Balas

  86. sampeyan ini jualan apa to..?
    saya kasihan sama sampeyan, jualannya gak laku, sakit hati lalu bikin tulisan mendiskreditkan produk lain..
    kasihan sekali.

    Komentar oleh warenk | Januari 31, 2016 | Balas

  87. Ada 2 hal yg dibenci dokter saat ini di indonesia. :

    1. BPJS. ( Bikin biaya dokter jadi murah ) .
    2. Kangen Water. ( Bikin orang2 malas ke dokter ) .

    Piss….. 🙂

    Komentar oleh Peacemaker | Februari 2, 2016 | Balas

    • 😂😂😂👍👍👍

      Komentar oleh Nurcahyani | Desember 1, 2016 | Balas

  88. pada prinsipnya sebuah produk komsumsi seharusnya memang harus melalui proses uji lanjut dan izin resmi dari pemerintah hal ini bertujuan untuk MELINDUNGI KITA SELAKU KONSUMEN ” telaah kritis atas air alkaline ” tulisan dari penulis tidak seharusnya dijadikan bahan untuk membuly penulis akan tetapi justru seharusnya menjadi masukan kita semua sebagai informasi yang juga berguna …. pada prinsipnya air yang sehat (dari berbagi sumber dan fakta) adalah air yang kisaran PH -nya 6,5 hingga 7,5 adapun pengunaan/komsumsi air dengan ph lebih rendah atau lebih tinggi masih perlu banyak kajian kecuali untuk pembilasan luka atau proses pencucian diluar tubuh hal ini masih bisa diterima apalagi proses penurunan PH dengan metoda elektrolisis apakah tidak meningkatkan kandungan unsur logam pada air yang diakibatkan oleh elemen yang bekerja pada saat proses (penyentruman=elektrolisis) semua masih jadi tanda tanya besar, mengenai adanya efek positip dari pengunaan atau komsumsi air alkali itu bisa dijadikan masukan ilmiah untuk uji terapi lanjut oleh pihak terkait. Untuk rekan rekan lain alangkah bijaknya kita tidak membenturkan analisa diatas dengan kepentingan komersil atau pengalaman sesaat (seharusnya ini jadi memperkaya khazanah dan bahan ilmu bagi kita )….untuk penulis ..salut mas bro dengan tulisan anda..

    Komentar oleh ilyas | Februari 8, 2016 | Balas

    • Anda terlambat dpt informasi. Silakan tanya ke Kementerian Kesehatan Indonesia, Jepang & Amerika mengapa mereka memberi sertifikat “MEDICAL DEVICE” utk mesin Kangen Water ini. Mesin Kangen Water ini sdh dibuat sejak thn 70-80an. Sudah masuk Rumah Sakit2 di Jepang sejak 90an. Masuk Amerika thn 2000an lalu menjadi satu2nya mesin ionizer water yg dpt Gold Seal Certificate dari Water Quality Association USA. Merk lain tidak ada yg dpt ini. Sudah diteliti, dikaji, ditelaah dokter2 seluruh dunia dan mereka sepakat bahwa mesin kangen water ini non toxic & dpt digunakan utk jangka panjang serta utk membantu proses penyembuhan, makanya diberi sertifikat sebagai MEDICAL DEVICE (alat kedokteran). Sudah ada di Rumah Sakit Bhakti Husada & Rumah Sakit Haji di Surabaya. Coba aja check ke sana. Kalau berbahaya tentu sdh bbrp thn lalu dilarang & ngga mungkin bisa masuk rumah sakit sejak thn 1992 di Jepang, RS Amerika thn 2000an. Indonesia aja suka telat dpt informasinya.

      Komentar oleh LowProfile | Februari 10, 2016 | Balas

  89. Ada benar ada salah itulah manusia, memiliki sudut pandang yg berbeda. Semoga masing2 bs mengerti dan paham akan ucapan yg dituliskan, agar tak ada kebencian dalam berpendapat.

    Komentar oleh ari | Februari 11, 2016 | Balas

  90. Nice info,
    Banyak komentator yg gagal faham dengan tujuan penulis alhasil komentarnya menyimpang kemana2. Yg kontra artikel ini sepertinya semuanya distributor dan seller kangen water deh.. sampe kaya kebakaran jenggot gitu..
    Tulisan penulis menurut saya justru sangat ilmiah karena sanad-nya jelas dan bisa diakses semua org, ada perbedaan signifikan dalam definisi tulisan kajian, dengan penelitian eksperimental. Apa yg di hadirkan penulis yah benar,karena ini kajian. Jika anda kontra hadirkan kajian anda dengan dasar yg bisa di akses semua org sehingga org dapat melihat dasar tulisan ada kredibel atau tidak..
    Sekali lagi sangat bermanfaat pak..
    NB: menurut saya ini BUKAN tentang menjelek2kan product, tapi MELURUSKAN SESAT INFORMASI..dan para seller yg komen kontra dengan artikel ini… ya ampun, come on..kalian terlihat tolol.

    Komentar oleh firdaus | Februari 21, 2016 | Balas

    • Good comment! Aku setuju sekali.

      Penulis tidak menjual apaun lewat tulisannya.. hanya berpendapat..

      Semua org bebas berpendapat, tidak perlu “dibungkam” demi kepentingan bisnis kalangan tertentu

      Komentar oleh chronojabez | Oktober 28, 2016 | Balas

  91. Gini aja. Yang jual air alkali bagi2 gratis dulu ke yang sakit. Kalo sembuh baru tagih uangnya abis berapa botol tuh air alkali. Kalo ga sembuh ya gak usah bayar. Berani nggak.

    Komentar oleh Supret | Februari 23, 2016 | Balas

    • Saya sdh beli mesin dari Jan’2015 sy paling suka berbagi air ini secara gratis kepada siapapun (yg sakit atau yg sehat) karena saya sendiri mau tau apa dampak positif atau negatif yg diperoleh setiap masing-2 org sesudah minum air ini (semacam eksperimen) soalnya kami sekeluarga konsumsi air ini semenjak punya mesin sendiri … so apabila sy temukan efek negatif mungkin kami akan stop minum KW dan akan cari alternatif lain … sejauh ini reaksinya dari yg merasa biasa-2 saja sampai beberapa yg merasakan hasil positif …. jd belum ada hasil negatif yg sy temui.

      Komentar oleh Dandy | Maret 12, 2016 | Balas

  92. ada diskusi di kaskus, coba deh baca -> http://www.kaskus.co.id/thread/5535f36b9e740406058b4571/air-alkali—alkaline-water-scientific-review—bermanfaat—marketing-scam-hoax/

    kalau saja para penyanggah/distributor/user/pembeli air alkaline bisa membantah dengan data. lebih asik, yg ada cuman ‘dongeng’ placebo effect

    Komentar oleh Tito Doni | Februari 25, 2016 | Balas

    • Dari thread yang saya baca di link kaskus tersebut, tidak ada nama jelas siapa penulis threadnya. Mengapa tdk berani menulis nama jelas? Tolong kalau ada yg tahu bisa ditulis disini.
      Dari tulisannya terlihat gaya bahasa yang arogan & tidak simpatik sampai menggunakan kata Bullshit segala. Mengapa sampai marah dan kasar begitu? Setidaknya gunakan bahasa yang menunjukkan tingkat intelektual anda.
      Logikanya gini, Kangen Water itu sudah ada sejak 1980an & digunakan di bnyk Rumah Sakit di Jepang sejak 1992, di Amerika sejak 2003. Satu2nya water ionizer yg dpt sertifikat sebaga Medical Device dan Satu2nya Water ionizer yg digunakan Rumah Sakit. Kalau scam mengapa tidak dilarang sejak dahulu? Mengapa malah bnyk artis2 hollywood dan tokoh2 dunia spt Bill Gates, Obama serta atlit2 seperti petinju juara dunia Manny Pacquiao dan Sergey Kovalev, dll punya mesinnya dan minum airnya? Check di Youtube, Google. Apakah mereka jualan air atau mesin KanGen? Ga mungkin org2 superkaya tersebut berjualan air dan mesin KanGen Water. Kalau scam mengapa Kementerian Kesehatan Indonesia, Jepang, Amerika dan 32 negara lain malah mengakuinya sebagai MEDICAL DEVICE? Scamnya dimana? Coba silakan gugat kementerian kesehatan di 32 negara tersebut (Googling aja).

      Mengenai BPOM perlu dijelaskan di sini ya, bahwa perusahaan Enagic itu adalah perusahaan pembuat mesin Water Ionizer bermerk LeveLuk dgn berbagai tipe yg menghasilkan air yg dinamakan KanGen Water. Jadi perusahaan ini tidak berjualan air. Mereka memproduksi dan berjualan mesin water ionizer tadi. Yg berjualan airnya itu distributornya tapi tidak boleh dikemas utk disimpan/stok bbrp hari dan dijual di supermarket2 karena perusahaan merekomendasikan minum air langsung dari mesin agar kandungan hidrogen aktifnya masih banyak. Kalau air botolan yg dijual di supermarket itu memang harus ada ijin BPOMnya makanya anda tdk akan menjumpai Kangen Water di supermarket karena perusahaan tdk berjualan air mainkan mesin. Jika anda menemukan ada botol KanGen Water yg dijual di toko atau supermarket silakan lapor langsung ke kantor Enagic di The Plaza Office Tower 22nd Floor, Unit E. Jl. M.H. Thamrin Kav.28-30, Jakarta. Atau di Intiland Tower lantai 10 Surabaya.
      Kalau anda menuduh scam silakan tuntut Kangen Water di 32 negara. Atau pihak Kangen Water yang akan menuntut anda melakukan pencemaran nama baik dan akan terus mencari jati diri anda jika anda tidak berani menampilkan diri anda di media.
      Terimakasih.

      Komentar oleh Supernova | Februari 28, 2016 | Balas

      • Serem amat😁

        Komentar oleh Chiko | Agustus 11, 2016

      • “Yg berjualan airnya itu distributornya tapi tidak boleh dikemas utk disimpan/stok bbrp hari dan dijual di supermarket2”

        Menurut BPOM, berjualan airnya saja sudah tidak boleh, apalagi di supermarket. Jadi para distributor yang masih menjual airnya, tolong diingatkan.
        Walaupun ditulis “untuk kalangan pribadi” tetap saja melanggar aturan, karena tidak ada ijin edar BPOM, maka TIDAK BOLEH DIJUAL.
        Hanya boleh untuk konsumsi pribadi saja

        Semoga membantu

        Komentar oleh chronojabez | Oktober 28, 2016

  93. Apapun yang anda jual, harus jelas data2 nya, misal masa expired, kadar nya, kelemahan barang dan kelebihannya, label halal nya, jangan menjual kelebihannya saja tetapi kelemahannya di tutupi, itu namanya jual beli GHOROR dan tidak jelas. sedangkan JB Ghoror itu HARAM hukumnya. jika benar ada testimoni, maka tampilkan data komplit testimoni tersebut apakah ada data komplit dari kedokteran bahwa ia memang sembuh karena minuman yang di jual itu, atau bisa jadi sembuhnya karena kebetulan atau ada sebab lain. Mari berargumen dengan bijak, saya sendiri masih ragu dengan air kangen, sy sudah coba minum tapi belum atau mungkin ga ngaruh, saya juga ragu dengan bisnir air apapun bentuknya, karena jualan air setahu saya di larang syariat bagi yang ber agama Islam. Rasulullah dan sahabat tidak pernah bisnis air zam-zam padahal mereka sangat tahu khasiatnya. Rasulullah dan sahabat sering beli sumur yang airnya di jual belikan, tapi mereka beli bukan untuk bisnis melainkan untuk di sedekah kan. Wallahu a’lam.

    Komentar oleh udin | Maret 2, 2016 | Balas

    • Banyak yg belum tahu ya kalau mesin KanGen Water ini (Leveluk) selain bisa memproduksi Air Alkali dgn pH 8,5-9,5 tapi juga bisa memproduksi air dgn pH 6 yg dinamakan BEAUTY WATER & pH 2,5 (STRONG ACID) yg laris dibeli kaum wanita utk perawatan wajah & kulit.
      Karena dibanding Air Alkalinya yg baru bisa terasa efeknya setelah rutin minum bbrp minggu hingga bbrp bulan, Beauty Water bisa lgsg terasa efeknya cuma bbrp menit wajah disemprot, pipi terasa lbh kenyal/kencang dan pori2 wajah mengecil. Wajah jd lbh segar & mengurangi keriput akibat kulit yg sdh kendur. Coba tanyakan teman,pacar/istri anda yg sdh pernah pakai Beauty Water. Bukan yg merk lain/ Nano Spray lho. Beauty Water lbh terasa. Padahal sepaket Beauty Water & Strong Acid yg isinya cuma 100ml harganya 50rb-75rb! Yg 250ml sepaket harganya 100rb-150rb! Kenapa tetap laku? Karena ini sdh menjadi LIFESTYLE kami kaum wanita. Jika sdh cocok dgn produk perawatan kecantikan, mrk akan rutin beli lagi. Mengenai harga tidak masalah. Jadi mesin KanGen Water itu bukan cuma bisa memproduksi Air Alkali saja.

      Komentar oleh Yuliana Chen | Maret 6, 2016 | Balas

    • Setuju

      Komentar oleh chronojabez | Oktober 28, 2016 | Balas

  94. Ulasan anda terlalu tendensius, sumber dan rujukan hanya dari tulisan web yg gak dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah…harusnya kalo anda seorang ahli harusnya rujukan dari sumber ilmiah…saya bukan orang kangen water tp saya setuju dg konsep kesehatan Hiromi Shinya…
    Harusnya anda mengedukasi masyarakat tentang bahaya obat dg konsep edukasi pengobatan komplementer….terbukti distribusi farmasi di kuasi mafia obat…obat yg modalnya rp 1000 bisa dijual rp 100.000…

    Komentar oleh zahid | Maret 5, 2016 | Balas

    • Banyak yg belum tahu ya kalau mesin KanGen Water ini (Leveluk) selain bisa memproduksi Air Alkali dgn pH 8,5-9,5 tapi juga bisa memproduksi air dgn pH 6 yg dinamakan BEAUTY WATER & pH 2,5 (STRONG ACID) yg laris dibeli kaum wanita utk perawatan wajah & kulit.
      Karena dibanding Air Alkalinya yg baru bisa terasa efeknya setelah rutin minum bbrp minggu hingga bbrp bulan, Beauty Water bisa lgsg terasa efeknya cuma bbrp menit wajah disemprot, pipi terasa lbh kenyal/kencang dan pori2 wajah mengecil. Wajah jd lbh segar & mengurangi keriput akibat kulit yg sdh kendur. Coba tanyakan teman,pacar/istri anda yg sdh pernah pakai Beauty Water. Bukan yg merk lain/ Nano Spray lho. Beauty Water lbh terasa. Padahal sepaket Beauty Water & Strong Acid yg isinya cuma 100ml harganya 50rb-75rb! Yg 250ml sepaket harganya 100rb-150rb! Kenapa tetap laku? Karena ini sdh menjadi LIFESTYLE kami kaum wanita. Jika sdh cocok dgn produk perawatan kecantikan, mrk akan rutin beli lagi. Mengenai harga tidak masalah. Jadi mesin KanGen Water itu bukan cuma bisa memproduksi Air Alkali saja.

      Komentar oleh Yuliana Chen | Maret 6, 2016 | Balas

      • Tambahan : Untuk yg pH 2,5 / STRONG ACID fungsinya utk Antiseptic / Desinfectan, Penutup/Pengering Luka Terbuka, Mengatasi Jerawat, Membunuh kuman, Mencuci/Mensterilkan peralatan kedokteran dll. Biasanya juga dipakai kaum wanita utk menyemprot toilet duduk di toilet umum agar terhindar dari tertularnya kuman/bakteri/penyakit kelamin dari pemakai2 toilet sebelumnya.

        Komentar oleh Yuliana Chen | Maret 7, 2016

  95. Kebetulan saya adalah pengguna / pembeli mesin kangen water yang masih baru berjalan 2 bulan ini, saya membaca tulisan di blog ini yang cukup panjang dari awal sampai dengan akhir, ok lah pembahasannya. Saya pribadi termasuk orang yang tidak mudah percaya…dari promo atau apalah disebut oleh pihak kangen water bahwa ada artis a , presiden b atau pesohor x memakai dll saya tidak terpengaruh, mereka juga manusia sama seperti saya yg mendiami planet bumi, dan seharusnya hidup kita / keputusan kita tidak tergantung manusia lain…itu saja pendapat pribadi.
    nah mengenai kangen water ini saya merasakan efek nyata bukan mimpi bukan ilusi, anak saya sekarang usia 5,4 tahun , 3 tahun terakhir pakai microlax untuk bab dengan segala kesulitannya menangis, teriak dll saat alat tersebut dimasukkan ke duburnya…, dokter sdh pasti sy konsultasi (bukan dukun/paranormal )sarannya dikasih resep lactulax minum obat tp tetap saja dan 3 tahun berjalan sudah sambil berpikir ngeri apakah anak sy sampai dewasa harus seperti ini terus? tp setelah anak saya mengkonsumsi dan minum air kangen water yg sy proses ini dari bahan baku air isi ulang biru yg sdh terlisensi dan terkenal…ajaib babnya sekarang lancar 2 hari sekali, sebelumnya 4-7 hari sekali, nah ini lagi satu testimoni nyata bukan buatan bukan bikinan sy kerja accounting di surabaya…dokter sy beritahu cuma manggut manggut geleng geleng kepala kok bisa kok bisa..padahal 3 tahun anak sy pakai microlax ya tenang2 saja he..he.. semua pembahasan di blog ini tidak mencegah puluhan bahkan mungkin ratusan testimony orang yg telah minum kangen water dan merasakan khasiatnya..silahkan silakan buat analisa senjlimet sedetil mungkin dan bandingkan apa yang anda tulis dengan 1 testimony orang yg telah sembuh…itu saja…

    Komentar oleh Danny Wibisono | Maret 8, 2016 | Balas

    • saya juga konsumsi itu air pak, awalnya sy sakit maag klo kambuh suka perih smpe setiap makan nasi aja suka muntah lg dan itu sering banget kambuh sering periksa ke dokter dan kebetulan si dokternya tetangga rumah sy sering di kasih obat2 gitu tp ya itu sembuh saat setelah minum aja, sampe ahirnya sy liat spanduk di rumah orang yg jual itu air dan sy tertarik untuk mencoba, awalnya sy beli yg 5 liter dan setelah sy konsumsi di hari pertama ko kaya biasa2 aja tp sy coba terus sampe abis itu air dan ada beberapa perubahan yg saya rasakan sih trus ahirnya sy konsultasikan ke tetengga yg dokter itu dan ahirnya dia juga ikut2 konsumsi sekarng, malahan kita udah ganti air minumnya pake kangen water.

      Komentar oleh Jhon | Maret 15, 2016 | Balas

      • terimakasih pak informasinya, semoga sehat selalu terus.

        Komentar oleh Danny Wibisono | Maret 16, 2016

      • jadi penasaran ingin coba air alkalinya, perut saya juga sakit, mudah2an cocok, disini pada brisik

        Komentar oleh asep | Maret 17, 2016

  96. Terimakasih pak dokter atas kajian kritisnya, jujur saya senang dengan tulisan seperti ini .. menambah wawasan dari beberapa sisi sudut pandang.Pro kontranya dipaparkan.
    Tulisan seperti ini seharusnya lebih banyak agar dapat lebih mengedukasi banyak orang.
    Saya pribadi memang type org yg malas mengeluarkan uang untuk hal yang tidak terlalu urgent jika kebutuhan pokok belum terpenuhi.

    Yang saya lihat memang banyak pengguna kangen water disini, ya jika memang sembuh penyakitnya karena itu ataupun produk beauty nya laris ya bersyukur. Untuk menjual produk memang harus iklan, tapi diusahakan nda usah terlalu men-dewa-kan sampai dibilang tidak ada cacatnya sama sekali. Nda usah menyerang pak dokternya, cukup tulisannya aja jika ga sependapat.

    Berhubung jpg cuma jual mesinnya aja, semoga kedepannya ada standarisasi packing ya dan perizinan. Yang terlindungi kan konsumen, jualannya juga makin laris ntar.

    Semoga sukses selalu bagi kedua pihak, terus berkarya dengan cara terbaik ;D

    Komentar oleh Sam | Maret 19, 2016 | Balas

    • mohon komentar saya dengan nama asep dihapus dari blog ini, terima kasih

      Pada tanggal 18/03/16, FLIGHT of IDEAS….

      Komentar oleh Asip Awaluddin | Maret 25, 2016 | Balas

      • Dari pada ribut tentang air alkali atau beli mesin kangen water yang mahal kenapa tidak coba saja tiap hari minum perasan air jeruk nipis atau jeruk lemon saja tiap pagi dan sore hari sebelum makan setengah iris jeruk nipis atau lemon saja, untuk detok pencernaan, di jus juga bisa. banyak dokter yang pakai resep ini lho.

        Komentar oleh asep | Maret 29, 2016

  97. Saya mendukung produk airnya, tapi kurang suka aja kalau teman saya menuhin temlen hanya untuk jualan spt ‘MLM’. Good artikel bang !

    Komentar oleh Syamsul Ma'arif (@SyamsulMaariff) | Maret 19, 2016 | Balas

  98. Setelah saya lihat status si “dokter” yg menulis artikel ini yaitu : “Pemuda luntang lantung di Jakarta” dan tidak berani menulis siapa nama aslinya, bertugas di Rumah Sakit mana, spesialis apa, tentunya sangat menggelikan dan tidak masuk akal sekali jika percaya artikel ini. Jangan2 dokter gadungan . Coba cari orang / pihak yg lebih berkompeten seperti orang di Kementerian Kesehatan di Indonesia, Jepang dan Amerika yg telah memberikan mesin Kangen Water ini sertifikat sebagai Medical Device (Alat Kedokteran). Tanya juga dokter spesialis kanker, diabetes, dll jangan di sini.

    Komentar oleh Eka Wijaya Chandra | Maret 21, 2016 | Balas

  99. Wow…dr. genghis khun alias dr. Nafan Akhun mmg luar biasa telaah kritisnya…ayo lanjutkan temen….mmg tampang keto Profesor kok yaaaa….kecil-kecil cabe rawit 😊👍

    Komentar oleh dr. cindy aprillia | Maret 26, 2016 | Balas

  100. yang menulis artikel ini pasti dokter umum hihihi…secara ilmu masih perlu byak belajar. saran saya pak dokter segera merapat di bisnis enagic ini deh pak biar dokter tau manfaat dari bisnis dan manfaat utk kesehatan juga.saya doakan bisa segera bergabung ya pak dokter dan jangan lupa pak sebelum memulai di awali dengan berdoa ya pak. insya Allah berkah..Aamiin

    Komentar oleh moersal | April 1, 2016 | Balas

    • Maaf nih ya.. kalau menurutku, dia jg bukan dokter.. karena kalau dokter pasti dia tau kalau ngga boleh ambil referensi dari wikipedia.. krn wikipedia itu ngga valid sumbernya.. Kami di fakultas kedokteran, dilarang ambil sumber dari wikipedia, blogspot, wordpress dsb hehe yg boleh cuma dari jurnal/ text book kdokteran.. jdi sya td udh baca serius hehe pas liat referensinya wikipedia smua wkwk jd ilfeel dah.. masih butuh referensi yg valid hehe

      Komentar oleh indah | April 4, 2016 | Balas

  101. heeheh awalnya udh serius bgt bacanya… eh pas baca referensinya itu “wikipedia”.. kalau di kampus kami, dosen ngga menerima info dari wikipedia krn kebenarannya blum 100% krn bisa di-input olh smua kalangan.. btw tolong beri referensi jurnal atau text book ya gan.. biar sumbernya valid 100% terimakasih.. saya bukan penjual kangen water hehe tpi penyimak.. smoga dpt sumber valid nya..

    Komentar oleh indah | April 4, 2016 | Balas

  102. menurut saya,,kangen water sm aja dg air yg di celupin pke jarinya ponari…cuman sugesti aja..

    Komentar oleh jhonz freddy | April 9, 2016 | Balas

    • kalau bang jhonz freddy ini pasti pakai produk kompetitornya kangen water yaa kok kesannya kontra banget sama kangen water..

      Komentar oleh asa | April 20, 2016 | Balas

  103. Dimana – mana mah cai sama g ada yang beda bro. Mau diapain juga bentuk nya mah air juga. Kecuali orang tersebut membela abis2an cuman karna hal yang sepele dan membela sampai mati. wkwkwkwkwk. Hidup kangen tai

    Komentar oleh Kangen TAi bukan kangen water. | April 30, 2016 | Balas

  104. pastinya semua yang kita lakukan didasarkan pada ilmu, bukan tklid semata. karena kesungguhan dan keikhlasan orang beriman yang berilmu sekalipun salah masih dapat pahala satu apalagi kalau yang dilakukannya benar. yang dilakukannya pandanglah sebagai sebuah ijtihat, jika tidak keberatan. sehingga sesuatu tidak dihadapi dengan emosional.

    Komentar oleh emuthoat | Mei 5, 2016 | Balas

    • Minum air putih udah pasti sehat asal sumbernya Bagus. Yg udah beli mesin kangen Karena ogah rugi jadi banyak minum tuh. Secara ga sadar nganggap sembuh Karena air kangen.

      Komentar oleh Pecinta air | Mei 15, 2016 | Balas

  105. Kalau saya pribadi, saya bukan dokter dan ahli kesehatan, belajar dari dr andhyka, “you eat n you drink what you believe”

    Orang dikasih “placebo” aja kalau dia yakin sehat, dengan ijin Allah, akan ada khasiatnya, apalagi kw yg jelas jelas banyak literaturnya,,

    Nah, kembali ke pro dan kontra, sebelum kita meyakini sesuatu, kita lihat dulu dasar nya darimana,,

    Artikel tadi sebagian besar berisi OPINI PENULIS bukan atas dasar penelitian yang bisa dipertanggungjawabkan

    Sebagian besar sumber yang dia ambil dari ARTIKEL dan WIKIPEDIA.

    Wikipedia merupakan ensiklopedia bebas yang ditulis secara gotong royong oleh pengunjungnya. Wiki wiki, yang artinya SIAPAPUN termasuk anda, dapat mengubah, menyunting setiap artikel yang ada https://id.m.wikipedia.org/wiki/Wikipedia:Selamat_datang

    Apalagi sumber sumber lain yang diambil dari kompasiana. Salah satu Artikel itu yang nulis adalah seorang sahabat saya yang 2 tahun lalu dia DULU sangat negatif terhadap kangen water, dan dia cari artikel artikel yang kontra terhadap kangen water, dia kumpulkan dan diposting ke web, dan skrg sangat PRO terhadap kangen water setelah rutin konsumsi kangen water 😊

    dan sekarang artikel artikel itu dia ambil sebagai sumber, masyaAllah 🙈

    Salah satu artikel yang dia ambil dari Lawrence wilson itu pedagang nutrisi, browsing aja, biasanya emang begini, yang kontra kangen water itu cenderung tendensius ada kepentingan, gak jauh2 dari jualan produk juga biasanya 😁 kalo kata pak wendy

    Be wise, saran kami, kalau mau ambil RUJUKAN mengenai kangen water, silahkan cari jurnalnya, bisa buka ncbi.nlm.nhi , ketik keywordnya electrolyzed reduced water atau alkalyzed ionezed water,,

    property kangen water seperti molecular hydrogen aja yang secara uji klinis diperkuat dengan 500 paper

    Tp ada juga sih benefit alkali water doang, misal :

    http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/22844861

    Belum lagi kalo buka hydrogen dissolved water ato molecular hydrogen.. banyak banget… di nlm biasanya abstractnya aja..untuk full article biasanya cari di sciencedirect..😊
    Contoh lain, terhadap parkinson

    http://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1002/mds.25375/abstract;jsessionid=97ADCD97D3146C7FEEEEA015903E2541.f03t03

    Terhadap saraf kejepit

    http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/25277442

    Buanyaaaak buanget penelitiannya, bisa ratusan penelitian,, tinggal kita mau percaya yang mana 😊 ARTIKEL yang isinya opini atau penelitian?

    kalau bagi saya, sekali lagi, saya bukan dokter yg ngerti kesehatan, dengan ijin Allah ayah saya jadi bebas sakit kepala, ibu saya lepas insulin, istri saya bebas vertigo, sudah cukup dibandingkan ribuan artikel yang kontra 😇 alhamdulillah

    Komentar oleh labtechsci | Mei 26, 2016 | Balas

    • Kalau bicara testimoni kesembuhan vertigo, sakit kepala, diabetes dsbnya:

      Sebetulnya yang penting mereka diberikan air bermineral yg kualitasnya baik dan jumlahnya cukup juga hasilnya akan sama baiknya, bahkan jangka panjangnya akan lebih baik karena air bermineral alami juga bersifat alkali tanpa lewat proses ionisasi.

      Karena Allah SWT sudah mendesign tubuh manusia memiliki kemampuan self-recovery.

      Semoga membantu

      Komentar oleh chronojabez | Oktober 28, 2016 | Balas

  106. Saya cuma pesan satu hal
    “Ada yang bisa atau tidak bisa dilakukan oleh dokter dan ada juga penyakit yg sampe saat ini tidak ditemukan obatnya hanya uji klinis oleh pakar2 yang berkompeten. Selain itu, blm tentu cara pengobatan dari dunia medis selalu memberikan dampak positif”
    Mohon maaf, saya berkomentar atas dasar pengalaman pribadi.
    Mohon direnungkan sendiri, karena sesungguhnya Allah yang lebih tau karena Beliau sumber dari segala ilmu.
    Terima kasih

    Komentar oleh Dwi Fungky Ratnasari | Juni 9, 2016 | Balas

  107. Alhamdulillah, saya juga awalnya tidak terlalu percaya dengan air alkalize kangen water. Namun saat saya melihat dengan mata kepala saya sendiri seorang kawan yg terkena stroke bisa kembali normal setelah minum air kangen selama +/- sebulan. Saya langsung pesan kangen water, karena sy punya bbrp penyakit yg sudah sy rasakan menahun, migrain sudah 10tahun, maag kronis sudah sejak smp, terakhir leher sakit terus setiap hari selama 2tahun. Setelah konsumsi kangen water di bulan ke 4, alhamdulillah masya Allah semua penyakit saya berangsur-angsur sembuh. Semenjak itu hingga hari ini, semua penyakit yg saya sebutkan diatas tidak pernah balik lagi. Bahkan dapat bonus minus dan silinder mata sy pun berkurang setelah minum +/- setahun. Belum lagi sendi kaki bekas ketabrak mobil waktu SMA yg kalo pagi jalan agak sakit, kini keluhan itupun hilang. Masya Allah. Bukan bermaksud membela kangen water, justru saya berangkat dari pemikiran yg meragukan manfaat kangen water. Walau bagaimanapun menjaga kesehatan dengan tetap berolahraga dan menjaga pola makan itu juga utama. Sekian share dari saya pribadi, tanpa ada pihak yg mengintervensi saya maupun mempengaruhi diri sy pribadi. Ini hanya bentuk sharing pengalaman pribadi saya. Terimakasih

    Komentar oleh Yulaeha | Juni 10, 2016 | Balas

    • Itu penulis nya dokter atau Apa sebenarnya,coba tunjukan ujud aslinya.

      Komentar oleh Darmadi | Juni 26, 2016 | Balas

  108. Yang setuju, sdh merasakan manfaatnya, yang kontra, jualan obat lainnya ……….

    Komentar oleh ione hima | Juli 29, 2016 | Balas

  109. Harusnya disepakati dulu bahwa oksigen selain bermanfaat bagi tubuh kita dapat juga merusak sel melalui oksidasi. Inilah yg kita upayakan untuk menghambatnya. Banyak zat anti oksidan dan silahkan pilih sendiri

    Komentar oleh ione hima | Juli 29, 2016 | Balas

  110. Sy sangat yakin thd KANGEN WATER pH 8-9 yg diminum harian, karena sdh konsumsi 2 tahunan secara routine. Apa buktinya (bukan berargumen hanya membaca Refs) ?
    1. Laboratoris SEBELUM memulai minum KANGEN WATER routinely 3 x dalam 6 bulan kisaran pH darah saya 5.6 – 6.5 . SELAMA Meminum scr rutin hasil Lab stiap 3 bulan dg kisaran pH darah sy 7.1-7.4 (pH darah ideal 7.3-7.4)
    2. Hasil Scan Jantung SEBELUM memulai minum KANGEN WATER ada gambaran penebalan dan warna kegelapan dlam pembuluh darah sepanjang 2 Cm, saluran pembuluh lainnya warna terang bercahaya.
    3. Dst ttg Kadar gula darah, KholesteroL, SGOT SGPT, Kreatinin, Laju endap darah, Tek darah, rekam jantung, dll sy punya histori hasil lab secara rutin setiap 3 bulan sd saat ini semuanya dlm range standard.
    Sy lahir 12-12-1946, msh aktif sbg dosen dan konsultan.

    Komentar oleh Pardjono Kromoredjo | Agustus 1, 2016 | Balas

    • Anda minum air bermineral yg kualitasnya baik juga hasilnya akan sama baiknya, bahkan jangka panjangnya akan lebih baik karena air bermineral alami juga bersifat alkali tanpa lewat proses ionisasi.

      Semoga membantu

      Komentar oleh chronojabez | Oktober 28, 2016 | Balas

  111. 😄 ketika sy baca artikel jika di kasih link rujukan dimana si penulis menulis berdasarkan apa. Sy kunjungi artikelnya, biar nyoba mengetahui dasar sipenulis. Setelah itu sy baca komen” nya biar sedikit tau jg hasil pemikiran orang yg habis baca artikel.
    Sy nyari artikel soal kangen water karena kenalan dengan seseorang(saya sendiri tidak sengaja kenal, kloorang mungkin tidak sengaja jg atau ada maksud untuk mengenakan kangen water) dan akhirnya saat ini dia bawa mentornya ke saya soal kangen water😄.
    Saya suka tulisan anda ini, karena:
    1. Menggunakan rujukan yg anda pakai
    2. Berusaha netral (menurut saya, dilihat dari kata perkata dari awal smpe akhir).
    3. Dalam tulisan tidak menganjurkan harus memilih yg mana.
    4. Kesimpulan anda ungkapkan untuk diri anda, orang lain yang baca bebas mo ngikutin atau tidak.

    Yang bikin sy ketawa, slalu saja setiap ada artikel yang dan yg komen basicnya kontra pasti seru. Sayangnya yg pro sedikit nih, artikelnya lagi di serang nih😄
    Pendapat sy ada yg setuju, sekiranya jika untuk memasarkan sesuatu boleh besar”an tp harus yang jujur, minimal tidak menutupi kekurangan ketika ditanya kekurangan itu. Indonesia ada deh undang” konsumennya.
    Soalnya ketika sy mencari mengenai kangen water karena kesel jg di kontak terus kapan mau bli mesinnya(dengan bahasa kapan mau jadi member dapet ID, klo mau dapet ID kita mesti bli alatnya)
    Dan sy mau mencari data si penawar kesaya soal 6000 rumah sakit jepang sudah menggunakannya(yang mana sampe saat ini tidak ada datanya😄).
    Klo ada aja datanya, saya pasti ambil tuh mesin. Knapa mau ambil? Karena blom ada penelitian resmi yang berbadan hukum yang mana bisa dipertanggung jawabkannya soal tuh hasil mesinnya, minimal klo ada data terulis yang menyatakan 6000 rumah sakit di jepang pake. Klo knapa napa atau pun tidak knapa pasti ketauan. Dan kita bisa pilih dr hasil itu klo blom ada penelitian yg bisa dipertanggung jawabkan.
    Knapa tidak pihak yg menawarkan nih mesin langsung bikin statistik mungkin rumah sakit mana ygnenggunakan yg dapat dipertanggung jawabkannya,jd ga sekedar omongan. Jd konsumen bisa memilih dengan bijak. ????
    Basic saya engenner elektronic dan instrumen. Yang suka juga berhubungan di Rs RS yang sedikit banyak kontak dengan dokter lab baik dr koas dan prof tp sedikit sih karena di beberapa rs saja, banyaknya di industri.
    Makasih ah artikelnya.
    Ayo gasah diperdebatkan dl nih artikel, mari kita cari dl rumah sakit di jepan mana yg menggunakannnya sampe 6000, masa 1000 aja ga ada ygmau bikin listnya yg dapat dipertanggungjawab kan secara hukum list tersebut. Klo ada kan setidaknya kita siap dan makin yakin mau memlih bagai mana.

    Komentar oleh Chiko Lesyewara | Agustus 11, 2016 | Balas

  112. Setiap orang bisa menulis artikel dan mengambil statement dari dokter. Nah, kapasitas profesi apa dari anda yg menulis artikel diatas. Karena kalau tidak ada kapasitas akademik, jelas banget sy jadi mempertanyakan tujuan dan kepentingan anda.

    Komentar oleh Fenny | Agustus 19, 2016 | Balas

  113. Kebiasaan dan seolah sudah menjadi tradisi, jadi tidak kagetlah. Cuma seru aja baca-baca komentarnya, hahahahaha…….

    Intinya, fahami dulu isi artikelnya barulah berkomentar. Fenomena lucu dalam artikel ini saya ibaratkan seperti ini:

    Saya menulis artikel yang intinya menerangkan bahwa jika ingin membuka usaha bengkel motor tentu Anda harus tahu bagaimana cara kerja mesin motor. Ternyata banyak yang kontra. “Ngak usah lah mengharuskan orang belajar mesin. Saya nggak ngerti masalah mesin juga bisa hidup enak,”. Hahaahahahaa, seruuuuuuuuuuuuuu

    Komentar oleh Althaf Musyaffa | Agustus 22, 2016 | Balas

  114. Kyknya ni yg komen seles semua, tadi sore saya beli kangen water, saya ambil aja tanpa pikir panjang, ‘trus saya bayar, berapa pak ? 13 ribu, kata si penjual ” WHAt….” langsung deh saya cari informasi apa sih istimewanya ni air, klik per klik layar hp saya lewati hahah, yg saya temui cuma kata2 seles doang ” dokter A sangat merekomendasikan produk ini disertai foto2 g jelas bla…bla…dll dsb,!!

    Saya cuma cari hasil tes uji klinis atau sesuatu yg benar2 meyakin kan saya bukan cuma TESTIMONI plis bangsa indonesia jadilah cerdas,” jadilah konsumen yg cerdas” yg saya temui dan dapat meyakin kan saya malah yg kontra dng produk alkali, ( http://m.kaskus.co.id/thread/5535f36b9e740406058b4571/air-alkali—alkaline-water-scientific-review—bermanfaat—marketing-scam-hoax/ ) <<<dibaca ya plis bangsaku jadilah konsumen yg cerdas!!!

    Komentar oleh jadilah konsumen cerdas | Agustus 24, 2016 | Balas

    • Para agent/sales mesin tersebut tentunya ditraining untuk fleksibel, yang penting terjadi penjualan.

      Jika bertemu dengan orang yg tidak berwawasan science, mereka akan menonjolkan hal2 yg seolah-olah scientific, supaya meyakinkan.

      Jika bertemu yg berwawasan science, mereka akan menjual testimoni, untuk menghindari pertanyaan yg scientific.

      Kalau bicara testimoni kesembuhan org cancer, stroke dsbnya:

      Sebetulnya yang penting mereka diberikan air minum berkualitas dalam jumlah cukup, maka tubuh akan melakukan proses recoverynya, tentunya dengan kecukupan asupan nutrisi dari makanan dan minuman lainnya.
      Karena Allah SWT sudah mendesign tubuh manusia memiliki kemampuan self-recovery.

      Jadi tidak harus air yang alkali terionisasi!

      Semoga membantu

      Komentar oleh chronojabez | Oktober 28, 2016 | Balas

  115. Saya org awam … tp mohon maaf fakta berbicara …. sdh dua org temen saya yg sembuh dgn air Kangen.
    1. Penderita osteoporosis 1thn
    2. Mengalami gangguan syaraf tlg blkg 6 thn konsumsi obat g sembuh2
    3. Batu ginjal bisa pulih dgn minum air ini.

    Itu saja yg bisa saya sampaikan.

    Komentar oleh rukani saja | Agustus 29, 2016 | Balas

  116. Ulasan telaah atas air Kangen Water sampai saat ini sudah cukup banyak yg berkomentar. Intinya tetap saja terbagi di dalam 3 kelompok. Yaitu yg pro, kontra dan netral. Salah satu artikel yg ditulis oleh yang kontra menyebutkan :
    1. FDA ( Food and Drug Administration) sebagai Badan Pengawas Obat dan Makanan dari Amerika Serikat belum mengesahkan KANGEN WATER. Pandangan saya sebagai orang yg bisa disebut ijo / awam : bagaimana FDA bisa mengesahkan karena Kangen water adalah hasil proses. Resminya yg dijual adalah mesin yang diproduksi oleh pihak Enagic. Tidak mungkin FDA mengesahkan mesin.
    2. Jika ada kesembuhan yang sudah cukup banyak ( daripada menyebut dengan sangat banyak) pihak kontra lewat tulisan penjelasan para ahli selalu dinyatakan bahwa itu adalah karena EFEK PLACEBO. Jadi suatu keyakinan yg mengakibatkan kekuatan pikiran yg efeknya ke badan / sembuh. nah dari penjelasan ini sy ada 1 customer Kangen Water yg sebelumnya kena STROKE. Tahu kan stroke ini akibatnya orang ini lumpuh separuh, kehidupannya bergantung bantuan orang -orang disekelilingnya. Mau kencing susah, makan minum susah, mandi susah, bahkan untuk sekedar bangkit berjalan dari tempat tidur sangat susah. Berbicara susah. Suatu saat dia dikasih minum KW oleh anaknya. Tanpa dia diberitahu bahwa itu adalah air yang berkhasiat menyembuhkan ( dibilang air biasa saja). Rutin dia minum sehari 2 hari, seminggu, bulan sd 3 bulan minum ada kemajuan. dan sekarang sdh 1,5 tahun sdh bisa naik sepeda angin beli air KW di tempat saya. Dimanakan efek placebonya? karena saat dia mengkonsumsi air KW tersebut dalam kondisi pikiran kena stroke dan tidak berpikir keyakinan air tsb bisa menyembuhkannya.
    Kadang pemikiran kita yg membatasi semua ini. Sesungguhnya masih banyak misteri di dunia yang belum terpecahkan. 3 poin yang ditemukan orang Jepang dari hasil meneliti air zamzam, lourders, dll yaitu basa, microcluster dan anti oksidan mungkin hanya bagian kecil saja yg menjelaskan efek Kangen Water pada tubuh manusia. Bagaimana pengaruh KW di sel2 tubuh manusia. Banyak yg belum terpecahkan. Syukurlah sudah banyak yg sembuh dari KW tanpa menunggu pengesahan dari FDA Amerika !!🙂

    Komentar oleh orang awam | Agustus 30, 2016 | Balas

    • Apakah konsumen (bapak/ibu) tersebut hanya mengkonsumsi Kangen Water saja tanpa ada upaya medis???
      Apakah konsumen (bapak/ibu) tersebut dapat dimintakan testimoninya dan diungkap identitasnya ke khalayak umum dan menceritakan upaya medis apa saja yang dilakukannya termasuk mengkonsumsi Kangen Water???
      Saya penasaran dengan informasi detail atas izin edar mesin dari BPOM. Apakah isi dari surat zin edar tersebut. Apakah membenarkan klaim atas keunggulan yang selama ini didengungkan???
      Apakah ada hasil uji klinis oleh universitas terkemuka atas Kangen Water??? Adakah yang bisa memberikan tautan yang valid???
      Terima kasih sebelumnya.

      Komentar oleh John Appleseed | September 6, 2016 | Balas

      • Tahun lalu saya kebetulan diundang oleh Badan POM untuk menghadiri rapat sosialisasi prosedur sertifikasi Badan POM. Sempat saya tanyakan mengenai izin BPOM mengenai mesin ini.

        BPOM menjawab bahwa itu bukan kewenangan dari BPOM. Jadi tidak mungkin ada ijin edar dari BPOM untuk mesin tsb.

        Lalu saya tanyakan mengenai izin edar air Kangen yg diperjualbelikan, BPOM menjawab bahwa penjualan tersebut MELANGGAR aturan. Air hasil dari mesin tsb hanya boleh dikonsumsi untuk pribadi, TIDAK BOLEH DIPERJUALBELIKAN.

        Semoga membantu

        Komentar oleh chronojabez | Oktober 28, 2016

  117. Sertifikat Enagic di USA, sertifikat yg di Indonesia di cuekin aja ya? banyak suap-nya…SIM & KTP aja bisa nembak

    Komentar oleh Laru | September 18, 2016 | Balas

  118. Sertifikat Enagic di USA, sertifikat yg di Indonesia di cuekain aja ya? banyak suap-nya…SIM & KTP aja bisa nembak….
    https://www.enagic.com/technology_certificates.php

    Komentar oleh Laru | September 18, 2016 | Balas

  119. You may have been approached by someone who had great health improvements from using a Kangen™ Water Leveluk SD501 Ionizer machine. While the person may be genuine, you personally may still see no benefits. That is why this page is dedicated to 14 testimonials found on the internet (mostly) from long-term users who did not benefit (eight of them excerpted from “one star” reviews found on Amazon.com).

    Note however that these no-positive-results reports are probably more than matched by hundreds or (more likely) thousands of positive results reported, some of them sounding near-miraculous (for finding some of them, go to youtube or to many comment sections under articles discussing ionizers).

    One of the major reproaches levelled at this type of water is the health effects long-term since at least animal experiments indicate there could be eventual untoward side effects from regular ingestion of alkaline/ionised water (see Water Alkalizers/Ionizers: possible side effects & controversy). A number of people have reported such effects as well (although relating to the use of water ionisers of unspecified brand which could or could not have been Enagic’s machine).

    The following are excerpts from negative Amazon reviews of the Enagic Kangen Water Leveluk SD501 Water Ionizer Machine.

    1 I was fooled and duped into buying one of these machines, and two years later my health problems are exactly the same. I did everything the company said to do, like giving up soda and all “acidic” beverages like certain juices and other drinks. I thought at first I was seeing real results, so I bought a machine, but all I did was saddle myself with debt for the machine. After visiting the doctor, it was clear that my health had not improved. The person who sold me the machine told me to be patient, that it would probably take me a full year for my body to become “alkaline”. So I kept it up for two entire years, but nothing ever improved (and some things got worse). I am an active person who eats healthy and tries to do good things for my health. I was very intrigued by the idea of Kangen’s machines, but at least their brand is a scam.

    2 You say the machine prevents cancer? You are lying. I got cancer two years after buying one. Also it did not help my arthritis at all. Yes, they told me when I bought one it prevented cancer and would make my back pain reduce. They also said it was the “purest water on earth.” Really? It does not filter out any more than two chemicals, which I came to find out AFTER I SPENT 4300 dollars on it, and read the fine print. Then they suggest I buy an additional filter. More money, after spending a fortune.

    Note by Healing Cancer Naturally: The above statement obviously does not mean that drinking Kangen water has anything whatsoever to do with a subsequent cancer diagnosis. Cancer typically takes at least a decade to even reach a size that makes it detectable by conventional screening tests.

    3 I bought a machine and have used it for months exactly like stated, and I haven’t seen any results.

    4 I am dumb enough to be fooled to buy this piece of crap. It doesn’t work for what it’s been claiming to do and it’s so damn expensive. 4 months after using it I had to buy another filter for $120.00 and no I was not giving water to anyone it is mainly used for drinking.

    5 If this is a SCAM, I would LOVE to start a Class Action Suit, and get my hard-earned money back, for believing this machine and the water it produces, have healing effects. (A reply to this review reads: “Totally Agree with you.. I’m so close to just selling it here on Amazon.”

    6 I’ve had a Kangen water machine for two years. Before that my family and dogs were healthy. In the last 6 months my husband was diagnosed with melanoma and my 5 year old Maltese who gets Kangen water daily with mast cell cancer. I’ve seen no benefit whatsoever from this product.

    [See the note under point 3 above.]

    7 The problem with the marketing of all ionized/alkalized water machines is that they imply that drinking the water alone is going to prevent all sorts of health disorders. That is not true. Although the alkalized water does make a marked difference in many health issues, one should not expect it to prevent all cancers or disease just by drinking the water. A diet rich in whole plant-based foods is absolutely necessary for optimum health and to prevent cancer, heart disease, diabetes, etc. … If you will do the research, you will see that the Japanese Dr. Hiromi Shinya that Kangen promotes as using Kangen water to cure colon cancer actually puts his patients on a VERY restricted diet in addition to using the Kangen water, and the combination is curing colon cancer….but Kangen kind of plays that part down in order to sell the machines. … Borders on dishonest.

    8 I regret every minute of my life that I spent so much money on this useless machine. After getting duped into buying this piece of garbage which cost $5000 you would expect simple clean water from it. Well let me tell you it is complete GARBAGE. A Brita filter for $20 bucks is better than this. The replacement filter for this Enagic machine cost ~$150 with tax and shipping. You have to replace it EVERY 6 months. I found out after 1 year of using the machine that I have tiny particles on the bottom of my pitcher. I called the company and they told me it is just minerals. Okay, that is just to cover your ass. These are dark particles. It looks more like something that is coming out of the filter or machine since my own tap water has nothing in it. They tell me I have to clean the machine. Well I told the them I just cleaned it a week ago. So then they told me to bring the machine into their office for a deep cleaning. I did that and about 6 months later same thing again. I found particles in my water AGAIN. … there is no refund … Total scam. .. I paid for a $5000 machine and $150 replacement filter to drink disgusting dark particles in your water…

    The following comments are excerpted from skepticblog.org.

    9 My mother has been giving me gallons of this Kangen water over the past two months, claiming it will cure an early-in-life arthritis. Although I cannot find any science to support her claim, I agreed to drink it and report to her. I haven’t found the water to be of any help at all, and when I tell her this, she tells me that my body is taking time to adjust, etc. The water did nothing for me.

    I do wonder, however, why it is that she believes it has helped her with her arthritis and my dad’s Parkinson’s. Neither one takes their medication anymore, and it has been 1 year. What accounts for her and my father’s recovery? I am mystified about that. Any guesses? Could it be the water? Diseases like arthritis and Parkinson’s just don’t go away.

    Note by Healing Cancer Naturally: The above testimonial might be an illustration of the power of belief. While the parents believed and got results, the daughter didn’t and got none. On the other hand, I have seen several reports from formerly skeptical people who changed their opinion after indeed seeing results.

    10 My friend is all over kangen and has been bringing me gallons of water weekly for about two months. Bottom line…total bullshit. He tells me that he lost tons of weight because of the water. I think he lost tons of weight because at about the same time he was drinking the water he was 1. Doing Yoga in a hundred degree room 2. working on a farm and 3. Started eating tons of vegetables instead of fatty food….maybe that has something to with it. I have lost ZERO pounds of fat in the past two months…ZERO. How about the Kangen brochure that tells you to give it your pets and let them decide? After all the brochure says there is no placebo effect. OK, I gave it to three of my dogs and guess what! NOTHING HAPPENED. I have one dog that is a little obese, he lost ZERO pounds after two months. Another dog has diarrhea which my friend said the water would cure. Nope, still diarrhea coming out. He tells me that they would be naturally attracted to the water. Huh, I put two of the exact same bowls, one with tap water and one with FRESH kangen water, the dogs drank the tap water on a 2:1 ratio to the kangen. It was totally random. Aside from that, every WEALTHY doctor that I have asked to look at it, comes back with the same answer…BULLSHIT. I say wealthy because Kangen tries to say that Doctors don’t want people to discover kangen because it would make the entire medical industry collapse. Well,these doctors have more than enough money, they are doctors because they like to help people. I don’t think my cousin (doctor) is telling me not to by Kangen water because he is worried that his industry will collapse. He could retire right now, and why doesnt his family have kangen or every other doctor in the world? Wouldnt they buy it for their families at the very least if it did work? I guess these doctors just don’t understand chemistry as well as the Kangen guys (sarcasm). Now the excuse as to why it has not worked for me is that the water has an expiration date of 48 hours. You might want to tell people that before they do the 30-day trial in which you don’t have the machine to fill water up every 48 hours. Obviously I’m not buying a 4,000 machine that has not done anything to see if it will do something if I fill it up every 48 hours.

    11 My wife borrowed one of these machines, and I drank this ionized water for 4 weeks. ph of our well water was 7.5 and with this machine it boosted it up to 8.6 . Final result, feel no better, no worse. Ordinary tap water as far as I am concerned. The body is incredible! Found that using a CO2 meter, that the more acid you take in , the more CO2 you exhale, and the more alkali that you take in, like this magic water, the less CO2 you exhale in each breath. Body ph stays the same.

    12 Wife talked me into buying one for $4000. If it was $400 it was overpriced. Total bullshit! I feel this sale guy and wife took advantage of my wife and I am preparing a small claims suit against them for false claims with no scientific data. FTC supports our claim.

    13 I have tried Kangen water. The sales pitch is, we give you free water and you will feel so good you will want to shell out $4000 for a machine. … The man who is selling this machine was in poor health to start with. He touts that he feels so much better. He now has cancer. Last year his girlfriend who was a Kangen water drinker died. Yet he is still touting the water as a miracle cure????????
    The bottom line is these people need a downline so they can make MONEY. I feel predatory sales practices are used to sell these machines.

    14 For a lot of people drinking this magic water will make them feel much better for a very simple reason. They stop drinking all the energy drinks, fizzy drinks etc. and just drink the water. If they had changed their lifestyle to even tap water only I think most would have achieved the same great feeling. This is just IMHO.

    Note: Enagic no longer offers a 30-day trial. The refund is valid only if the box remains unopened.

    Komentar oleh chronojabez | Oktober 28, 2016 | Balas

    • Dengan kutipan ini aku hanya ingin menunjukkan bahwa: jangan menjual produk dengan cara menonjolkan testimoni. Karena testimoni tidak objektif, belum tentu semua org cocok.

      Tapi berikan informasi seutuhnya (scientific, clinical test, dsb) tanpa overclaim manfaat produknya

      Komentar oleh chronojabez | Oktober 28, 2016 | Balas

  120. Selamat siang , kemungkinan besar ini adalah komentar terakhir / tulisan saya di diskusi ini mengenai air alkaline Kangen Water. Penyebabnya tidak lain dan tidak bukan adalah pendapat saya bahwa kita semua harus menyadari apa yang terjadi di sekeliling kita, wake up man ! Sejak awalan ulasan yang ditulis oleh Gengus Khan tanggal 1 Juni 2014 dan sd sekarang sudah berjalan kurang lebih 2 tahun 3 bulan diskusi ini berjalan saya lihat dunia sudah berubah. Minimal berubahnya di sekeliling kita, masih tidak menyadari? tidak usah jauh2. Contoh nyata saya berjalan kaki kurang lebih 50 meter saja ke sebuah minimarket Al**Mart dekat rumah dan apa yang saya lihat mereka jual di saat ini (Oktober 2016) , saya fokuskan / zoom lagi ke rak minuman dan apa yang saya lihat di toko tersebut berjejer botol kemasan 500 ml an beberapa merek seperti Pristine, Liquo, Milagros, Total 8..sementara ini saja yang saya tahu..dan apa persamaan dari ke 4 merek yg telah saya sebutkan barusan, all is alkaline water !
    terus apa artinya? Artinya bahwa hukum ekonomi berjalan. supply akan muncul bila ada demand, Dan perusahaan2 yang memproduksi air alkaline tersebut entah apa yg pasti mereka internal yang lebih tahu telah menangkap keinginan pasar akan Air Alkaline dan masuk lagi lebih jauh. Keinginan pasar adalah keinginan manusia / kebutuhan manusia akan air alkaline tumbuh dari kesadaran masyarakat bahwa memang air alkaline ini penting dan berguna bagi tubuh dan kesehatan mereka. Jadi grafiknya sejak Juni 2014 Gengis Khun nulis diatas belum ada itu Al**Mart jual air alkaline tp sekarang setelah berjalan 2 tahun 3 bulan sudah beredar di semua toko minimarket di seluruh Indonesia. Jadi ini yang tidak bisa dibendung, kesadaran dan pemahaman akan sesuatu yang baik itu sudah beredar. Jadi saya pikir pembahasan air alkaline kangen water saat ini sudah tidak perlu dibahas lagi, minimal sy tdk berminat mengikutinya lagi. Kalau yang masih kontra, masih upload bukti2 testimonial kontra bahasa inggris , dll monggo silahkan saja. Tapi ingat yang memulainya pertama adalah Kangen Water sd muncul merek2 diatas. bagi saya pribadi dari semua merk air alkaline saat ini yang terbaik tetap kangen water karena tdk ada stok,sy pribadi menjual bukan dari stok yg tersedia, tp langsung saya bikinkan dari mesin karena antioksidan di botol akan jauh berkurang setelah 7 hari. Sampai jumpa di lain kesempatan !

    Komentar oleh Pemirsa TV | Oktober 28, 2016 | Balas

    • Silakan baca ini:

      HJ: In this excellent article by Dr. Wilson, he explains why the new fad of alkaline water is actually extremely dangerous to ones health. Alkaline water had an incredible marketing blitz behind it with generally shoddy science at the core. This led to its exponential rise and it can now be found in ‘health’ stores across the country/world. However, as this article points out, the damage done by these waters is insidious and hard to reverse. Buyer beware. – Truth

      http://www.thehealersjournal.com/2012/08/06/the-dangers-of-alkaline-waters/

      Komentar oleh chronojabez | Oktober 28, 2016 | Balas

  121. carilah kebenRan diri bukan pembenRan diri… … mulut berkata lain tapi hati tak bisa di bohongi … benar hanya milik alloh… insan hanya mencari kebenaran… sembuhnya dari penyakit bukan dari obat atau air…. tapi atas ijin alloh.. kita hanya berusaha … cobalah berfikir dari sudut pandang yang pisitif… mohon maaf bila ada perkataan yang menyinggung anda… saya distributor kangen water resmi dari enagic

    Komentar oleh ade | November 25, 2016 | Balas

  122. Another scam, kayak stem cell inilah itulah, krim hn, kolagen inilah itulah, hadeuh2…

    Komentar oleh fathir | Desember 7, 2016 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: